RUSI Rapid 150, Kloning Aerox Yang Fiturnya Lebih Modern?

RUSI Rapid 150

Warungasep.net – Di Indonesia motor kloningan yang ngetrend tahun 2000an sepertinya sudah tidak ada lagi. Tapi tidak di negeri tetangga Phillippina. Motor jiplakan masih eksis, salah satunya adalah produsen lokal disana yang merilis Rusi Rapid 150, motor copy paste atau kloningan Yamaha Aerox yang plek dari segi desain, tapi uniknya memiliki fitur yang lebih modern yang tidak dimiliki Aerox aslinya, apa itu?

RUSI Rapid 150

Pertama kita kenalan dulu dengan Rusi, pabrikan ini memang dikenal dengan pabrikan yang hobi banget copy paste plus modif dikit motor yang sudah ada, sebut saja ada Vario, Beat, Soul GT dan bahkan Satria FU dan Sonic. Tapi, ada juga produk Rusi yang memiliki desain motor yang tidak menjiplak motor Jepang, diantaranya pernah saya bahas di beberapa artikel :

Walaupun sebenarnya Rusi RFI 175 merupakan produk Rebadge dari Keeway Vieste dan VMax dan satu lagi dibuat untuk bersaing dengan Exciter dan Winner-X yang menjadi produk bebek sport 150cc terlaris disana.

Kembali lagi kita bahas si Rapid 150 sang kloningan Aerox. Bicara soal desain sekilas secara keseluruhan memang mirip banget dengan Aerox, terutama Aerox 155 old ya bukan yang new. Tapi jika dilihat secara detail jelas berbeda, yang paling ketara ada pada desain palang velg termasuk ukurannya yang lebih kecil hanya pakai ring pelek 13 inch. Satu lagi pada bagian sayap yang lebih kaku dan menyiku.

Perbedaan lainnya ada pada lampu DRL, jika Aerox ori pakai lampu DRL dibagian samping dan masih pakai bohlam biasa. Naah, Rusi Rapid justru sudah pakai DRL LED berbentuk alis dibagian atas headlap. Tak hanya itu, walaupun versi kloningan Rapid 150 ini justru punya fitur yang lebih canggih yang tidak dimiliki oleh Aerox asli, bahkan yang facelift sekalipun, yaitu lampu sein LED. Yupz, baik sein depan maupun belakang sudah LED.

Ya semoga saja setelah lihat motor ini, pihak Yamaha mau mengupdate fitur yang mungkin sepele seperti ini, lampu signal LED, hehe…

Tapi yang namanya motor kloningan, tentu ada yang gak mirip atau mungkin lebih downgrade dari yang ori. Sebut saja panel speedometer, bagian ini masih pakai analog kaya motor tahun 90an… Bagitu juga dengan fuel meter dll, masih jadul banget…

Walaupun begitu, Aerox KaWe ini sudah punya fitur power socket charger sebagai fitur tambahan. Dan ada satu lagi fitur yang mungkin bakal bikin kalian ngakak, ini dia :

Jika Aerox asali atau maxi skutik pada umumnya posisi tangkinya berada di dek depan, naah Rusi Rapid ini posisi tangkinya justru berada di bawah jok… Lah, terus itu posisi diatas dek apaan ya isinya? jangan-jangan kosong? hehe…

Bagaimana dengan mesinnya? Apakah juga pakai teknologi VVA? Jangankan VVA, lha mesinnya aja masih pakai teknologi karburator dan  pendingin udara seperti Avatar Aang 😀 , menurut brosur yang diunggah di Fanspage resmi mereka, skutik ini mengusung mesin 149cc 1 silinder berpendingin udara, powernya mencapai 7,8 Kw atau setara 10,4 Hp pada putaran 7500 rpm dan torsinya 10,5 Nm pada putaran 5500rpm, untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini :

Terakhir, harga Rusi Rapid 150 ini dibandrol 65000 Peso atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 19 jutaan… lebih murah dari Scoopy! Dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna merah, hitam dan silver. Berikut tambahan galeri foto detailnya :

Sumber foto : Rusi Philippinnese on Facebook

1 Comment

Komen Gratis !