RATO SVR180, Bebek Super Kloningan Winner-X Bergaya Ninja series

RATO SVR180

Warungasep.net – Produsen asal Tiongkok kembali membuat ulah dengan mengkloning produk populer di Asia Tenggara. Kali ini giliran Honda Winner-X yang dijiplak, Walaupun gak identik plek, motor bebek super ini dibuat beda dengan menambahkan detail ala Ninja series. Motor ini diberi nama RATO SVR 180. Seperti ini penampakannya.

Pemirsa bisa perhatian, konsep motor ini memang mengacu pada desain Honda Winner-X 150 atau sodara Supra GTR150 yang dijual di Vietnam. Sebut saja batok stang, desain velg berikut ukuran ban-nya yang lebar, body yang gambot ala moge dan juga konsep lampu depan di tebeng depan yang agresif.

Tapi gak semata-mata dibuat plek dengan Winner-X, motor punya detail yang beda. Sebut saja jok belakang yang dibuat lebih tinggi ala Yamaha Exciter 155 yang rilis kemarin. Lalu, desain body samping yang lebih sporty padat dengan sirip yang dibuat aerodinamis.

Lampu depannya pun memiliki wajah yang sangar dan agresif dengan dual headligt yang ngumpet dan detail mirip air scoop depan ala BMW S1000RR. Yang menarik adalah desain tail light atau lampu belakang yang mirip banget sama yang dipakai oleh Kawasaki Ninja series. Dari side fairing sampingnya juga mirip banget punya Ninja 250 FI.

Walaupun cuma produk kloningan, soal fitur jelas motor ini gak main-main. Motor ini sudah pakai lampu serba LED, baik lampu depan, DRL, lampu rem hingga lampu sein. Bahkan untuk panel speedometer sudah pakai laya TFT berwarna.

Sepertinya motor bebek ini bakal jadi pelopor fitur speedometer jenis ini di kelasnya. Karena yang lain masih pakai speedo digital biasa dan bahkan beberapa diantaranya masih pakai analog seperti SYM VF3i. Walaupun masih kalah jika dibandingkan sama Benelli RFS150i yang sudah pakai suspensi depan Upside dwon.

Bagaimana dengan mesinnya?
Walaupun ada angka 180 dibelakang nama motor ini, ternyata dilihat speknya motor ini cuma berkapasitas mesin 149cc sama seperti Winner-X maupun Supra GTR, powernya juga gak gede-gede amat cuma 15,6 Hp atau setara 15.4hp pada 9000 rpm dan torsi 12.8Nm @ 9,000 rpm. Untuk lengkapnya lihat dibawah ini :

Terakhir, belum diketahui berapa bandrol harga bebek super asal China Rato SVR180 ini, namun sepertinya motor ini akan menyasar pasar bebek super di Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina atau mungkin juga di Malaysia. Kalo bicara apakah motor ini akan dijual di Indonesia? Sepertinya gak muksin, karena paradigma Mocin kloningan dengan kualitas bobrok sudah begitu melekat di hati masyarkat Indonesia, hehe… Semoga berguna…

Sumber gambar : Pandulaju Malaysia
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Komen Gratis !