Warungasep.net – Setelah rilis secara global, PT. Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis skuter premium terbaru mereka yaitu All New Honda PCX 160cc versi 2021 di Indonesia. Ada 3 varian PCX 160cc yang dihadirkan, antara lain tipe CBS, tipe ABS dan PCX e:HEV atau PCX Hybrid juga dengan desain yang lebih modern, fitur yang lebih canggih dan tentunya dari angka kubikasinya sendiri yang meningkat sehingga performanya pun jauh lebih baik dari PCX sebelumnya.

Honda PCX160 2021 Indonesia

Mengusung tagline “The Ultimate Excelence”, Desain PCX160 ini masih mempertahankan konsep maxi skutik elegan premium yang penuh dengan nuansa kemewahan. Garis desainnya sekilas masih sama dengan previous PCX, namun dengan perubahan di beberapa bagian, diantaranya desain headlight yang punya shape lebih tajam, begitu juga dengan lampu rem-nya. Panel speedometer yang lebih terlihat futuristik dan juga perubahan di sektor kaki-kaki dimana kini menggunakan velg berukuran 130/70-13 inch dibelakang dan 110/70-14 inch di bagian depan, desain palang velgnya pun berubah menjadi lebih keren.

Fitur PCX160 menjadi yang paling diunggulkan, di versi sebelumnya sudah hadir beberapa fitur canggih dan di versi terbarunya diberi tambahan fitur anyar yang lebih canggih dan modern, diantaranya :

  • LCD panel meter baru yang lebih lengkap menghadirkan informasi mengenai indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS
  • Kapasitas tangki lebih besar hingga 8,1 liter
  • Bagasi luas berukuran 30 liter yang muat helm full face
  • Menggunakan sistem Honda SMART Key. Dengan membawa kunci pintar dan mendekati kendaraan, kenop sakelar utama dapat dibuka kuncinya tanpa melepas kunci pintar itu sendiri.
  • Soket USB (khusu untuk pasar Indonesia menggunakan USB Type-A )adalah perlengkapan standar baru di kotak dalam depan. Itu memungkinkan untuk mengisi daya terminal seluler seperti telepon pintar, yang semakin meningkatkan kenyamanan.
  • Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang baru diadopsi. Berdasarkan sinyal dari sensor kecepatan roda dan sensor posisi throttle roda depan dan belakang, jumlah injeksi bahan bakar dikendalikan untuk mengontrol torsi mesin dan menekan selip pada roda belakang.
  • Sedangkan untuk All New Honda PCX e:HEV dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.

Dari namanya sendiri tentunya pemirsa sudah jelas melihat jika PCX160 ini terdapat peningkatan kubikasi mesin. Dari semula 150cc menjadi 160cc. Dengan menggunakan platform mesin baru enhanced Smart Power plus (eSP+) skutik Honda ini memiliki power sebesar 15,8 Hp atau setara 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Untuk lebih lengkapnya saya akan bahas di artikel terpisah.

Untuk bandrol harga PCX160 versi 2021 ini terbagi dalam 3 tipe diantaranya sbb :

  1. Harga PCX160 tipe CBS : Rp 30.350.000
  2. Harga PCX160 tipe ABS : Rp 33.950.000
  3. Harga PCX160 eHEV (Hybrid) : Rp 43.550.000

Semua bandrol harga tersebut adalah khusus untuk OTR Jakarta. Dan yang menarik, harga PCX160 di Indonesia ini justru paling murah dibanding harga PCX160 di negara lainnya, sebut saja di Thailand (Baca : Honda PCX Thailand ) pesaing Nmax 155 ini dibandrol 85900 Baht atau setara Rp. 39 jutaan, lalu di Jepang (Baca : PCX160 Japan ) seharga 407.000 Yen atau sekitar Rp. 55jutaan dan di Amerika, dibandrol $3,799 atau sekiutar Rp. 53 jutaan, padahal PCX versi negeri paman Sam rem belakangnya masih pakai model teromol.

Terakhir, AHM menjual PCX160 series ini dalam banyak varian warna. Berikut foto studionya :

PCX 160cc tipe CBS

Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray.

PCX 160cc tipe ABS

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah yang teridir dari varian warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue.

PCX 160CC Tipe Hybrid

Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa. Semoga berguna…

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!