Yamaha Vino 2021, Skutik Yamaha Bermesin Honda… Kok Bisa???

Yamaha Honda Vino

Warungasep.net – Emang ada gitu motor Yamaha bermesin Honda? Ada dong, namanya adalah Yamaha Vino. Ingat, pake huruf V bukan F seperti yang di Indonesia. Motor ini adalah skutik dengan mesin 50cc yang dijual di Jepang, dan kemarin Yamaha Jepang memperkenalkan Yamaha Vino edisi tahun 2021. Pertanyaannya, kenapa kok bisa skutik Yamaha pakai mesin Honda?

yamaha vino 2021

Sebenarnya motor ini sudah ada sejak tahun 2016, baik Honda maupun Yamaha tentunya merupakan pabrikan asal Jepang, sehingga dua pabrikan ini melakukan kerjasama. Dan hasilnya, Yamaha menggunakan mesin 50cc Honda yang bertujuan untuk memangkas biaya produksi, dan motor ini juga hanya dipasarkan khusus untuk pasar domestik Jepang, alias motor Japanese Domestic Market atau JDM.

Yamaha Vino ini juga berbagi desain dan fitur dengan produk Honda yang juga di kelas 50cc yaitu Honda Giorno, atau yang di Amerika sana diberi nama Honda Metropolis.

Baca : Honda Giorno, Scoopy pakai Radiator

Bedanya jika Giorno memiliki kemiripan dengan Honda Scoopy, sedangkan Vino, mirip dengan Yamaha Fino di Indonesia, namun headlampnya berbentuk bulat classic, dan tentunya lebih terlihat retrolook dibanding Fino 125.

Tak hanya desain, fiturnya pun jika pemirsa lihat sangat familiar dengan fitur-fitur skutiknya Honda, sebut saja speedometer kombinasi analog dan digital, terseda socket charger di dalam gloves box, dan yang poling ketara adalah desain kunci kontak yang terintegrasi dengan seat opener yang mirip banget punya Honda, bukan punya Yamaha yang bentuknya bulat, juga rem Combi Brake System atau CBS yang merupakan patentnya Honda.

Intip ke bagian mesin, maka akan terlihat jelas motor skutik retro Yamaha ini jelas memakan mesin eSP-nya Honda. Jika dilihat di situs web resminya Yamaha Jepang, Yamaha Vino ini mengusung mesin 49cc 1 silinder berpendingin cairan. Ingat, walaupun kecil skutik ini sudah pakai radiator!

Power motor terbilang kecil cuma 4,5 Ps pada 8000 rpm dan torsi 4,1 Nm pada 6000 rpm. Bobotnya cuma 81 Kg dan kapasitas tankinya 4,5 liter, walaupun kecil, bagasi skutik ini bisa muat helm model open face.

Terakhir, harga Yamaha Vino ini di Jepang dibandrol 203.500 Yen atau jika dirupiahkan setara Rp. 27 jutaan.. wah lebih mahal dari Fino 125, hehe… Dan untuk edisi tahun 2021, Yamaha Vino 50cc ini punya 4 varian warna diantaranya warna merah, hitam, coklat dan beige untuk melengkapi 2 warna yang sudah ada sebelumnya yaitu warna biru jean metalic dan biru muda. Berikut foto studionya :

Baca juga : Yamaha Indonesia Perkenalkan dan Studi Pasar Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Komen Gratis !