Huaying R6… Yamaha R6 Jadi Korban Kloningan Mocin

Warungasep.net – Akhir tahun lalu Yamaha mengumumkan untuk menghentikan produksi masal Yamaha YZF-R6 untuk pasar global. Walaupun tak sepenuhnya dihentikan karena Yamaha hanya menjual motor ini hanya untuk keperluan Track Day atau aktifitas balapan di sirkuit. Tapi, walaupun Yamaha R6 asli sudah didiscontinue, Pabrikan China mengkloning motor ini dengan nama Huaying R6. seperti ini penampakannya.

Secara fisik, body motor ini hampir 90% mirip Yamaha R6 yang asli, moncong depan dengan air scoopy diantara dua mata prodjie dan DRL LED, Buntut belakang yang bolong dan juga fairing yang ramping dan aerodinamis.

Tapi jika dilihat secara detail ada perbedaan signifikan terutama dibagian frame. Jika R6 asli pakai rangka Tiwnspar Deltabox, sedangkan R6 Kawe ini pake cover yang menutupi rangka aslinya. Tapi jika dilihat kaki-kaki, hampir mirip bahkan menggunakan model suspensi depan Upside down dengan dual front disc brake dan juga swing banana arm.

Perbedaan lainnya yang paling kentara ada pada bagian knalpot dimana jika R6 asli apakai model midship muffler, sedangkan R6 kawe pakai knalpot yang dimensinya lebih besar dan sedikit lebih panjang. Dari segi fitur, walaupun motor bajakan, motor ini sudah mengadopsi lampu serba LED, panel speedometer full digital juga rem ABS.

Bagaimana dengan mesin?
Huaying R6 tidak pakai mesin 4 silinder seperti R6 yang asli, melainkan hanya menggunakan mesin berkonfiugurasi inline twin 2 silinder 500cc berpendingin cairan. Powernya mencapai 36,7 hp dan torsi 34Nm.

Motor ini memiliki kapasitas tanki 18 liter, beratnya 225 Kg,tinggi jok 790mm, sistem rem cakram ganda depan 330 mm dengan kaliper radial, sistem ABS 2 channel, ukuran ban depan 120 / 70-17 dan 180 / 55-17 inch dibagian belakang.

Terakhir, harga Yamaha R6 China atau Huaying R6 ini dibandrol 27.800 Yuan atau… Ah konversikan sendiri saja ya, hehe… Dan saat ini hanya dijual di negeri Tiongkok saja ya, semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

7 Comments

Komen Gratis !