“Suzuki” eReady Run, Motor Listrik Pakai Kartu Dari Taiwan

eReady Run 2021

Warungasep.net – Negara yang terbilang sukses mengembangkan industri sepeda motor listrik adalah Taiwan. Berbagai upaya untuk mempercepat transisi dari kendaraan bensin menjuju kendaraan energi listrik sangat didukung pemerintah dengan memberikan beragam subsidi ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Maka dari itu, persaingan motor listrik dinegara ini begitu ketat dan hampir semua pabrikan punya line up motor listrik, termasuk Suzuki. Mereka punya produk tersendiri yang diberi nama eReady. Dan awal bulan Maret ini, pabrikan ini mengeluarkan produk baru yaitu eReady Run. Seperti ini penampakannya…

Sebenarnya eReady ini tidak termasuk kedalam line up produk Suzuki. Namun perlu pemirsa ketahui jika eReady dan Suzuki Motor Taiwan sama-sama dibawah perusahaan Tailing Bell Industry, sehingga nama resmi motor listrik ini bukan lah Suzuki eReady melainkan Tailing eReady.

Pengembangan motor ini ternyata tidak dilakukan oleh Suzuki, melainkan kerjasama antara Tailing dan Gogoro, perusahaan sepeda motor listrik yang dominan di negeri Taiwan. Baik desain rangka, mesin dan teknologi seperti baterai dan motor listriknya identik dengan produk Gogoro 3, namun disini Suzuki ikut andil dalam hal standar kualitas, seperti suspensi, ketebalan frame dan juga kualitas material yang lebih baik.

Mengenai desain Tailing eReady punya desain yang original, dengan ciri khas lampu depan tunggal khas produk Suzuki. Tapi tentunya sesuai trend dengan desain yang lebih futuristik pakai dual LED Projie fish eye yang dilengkapi dengan DRL yang sudah LED, begitu juga lampu rem dan seinnya. Panel speedometer juga sudah Full digital.

Gak tanggung-tanggung area kaki-kaki juga sudah pakai velg racing CNC yang dilengkapi dual cakram dan bagian depan pakai kaliper radial ala moge dengan ukuran ban 100 / 80-14 inch untuk depan 110 / 70-13 inch dibagian belakang. Oh ya, motor listrik ini pakai penggerak rantai dan pakai dual shock belakang.

Motor listrik pesaing Yamaha EC-03 dan juga Kymco Many Electric ini sudah punya USB Socket charger, bagai dibawah jok yang muat dua helm open face dan yang unik adalah motor ini tidak pakai kunci konvensional atau fitur knop smartkey pada motor kebanyakan, karena untuk mengaktifkan motor listrik eReady ini harus menggunakan sebuah kartu yang terkoneksi di smartphone.

Tentunya fitur seperti ini belum ditemu di motor listrik lainnya CMIIW. Bagaimana dengan mesinnya? Tailing eReady Run ini mengusung mesin dengan output maksimum 10,19hp / 3,000rpm yang mempu mencapai akselerasi dari 0-50km / jam sekitar 3,7 detik. Lengkapnya dibawah ini :

Satu lagi, karena Suzuki dalam hal ini Tailing belum punya stasiun pengisian baterai sendiri (seperti Kymco dengan Kymco Ionex ), maka Tailing eReady Run masih menggunakan sistem swap baterai di Gogoro Network ™, ada hampir 2.000 stasiun pertukaran baterai GoStation® di Taiwan… Jadi kita gak perlu negcas baterai tapi dengan cara di swap sehingga lebih cepat, lebih nyaman, dan lebih cerdas. Penukaran baterai dapat diselesaikan hanya dalam beberapa detik. Stasiun ada di seluruh supermarket, tempat parkir banyak, toko serba dll yang buka dalam 24 jam sehari, sepanjang tahun. Beuuh pokonya Taiwan jadi negara yang selangkah lebih maju dari negara lainnya nih…

Sedangkan untuk bandrol harga Tailing eReady Run 2021 ini dibandrol NT $ 88.000 namun pemerintah disana memberikan subsidi sehingga bandrolnya lebih murah jadi hanya NT $ 64.000 atau setara Rp. 32 jutaan.. wuih murah euy…

Dan terkahir, Tailing eReady juga tersedia dalam varian yang lebih terlihat classic dan fashionable dengan nama Tailing eReady Fun. seperti ini penampakannya… semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !