Gak Cuma Yamaha R7 dan R9, Yamaha Siapkan Yamaha 12 Varian Yamaha R series ?!

Yamaha R7 Pict @Kardesignconcept

Warungasep.net – Sampai tulisan ini diunggah, Yamaha punya 6 varian Yamaha R-series untuk pasar global, sebut saja diantaranya mulai yang terkecil Yamaha YZF-R125, lalu Yamaha R15, Yamaha 25, Yamaha R3, Yamaha R6 dan varian tertinggi Yamaha R1. Dan baru-baru ini tersiar gosip jika Yamaha tengah mempersiapkan motor bergenre sportbike Yamaha R7 yang gosipnya sebagai pengganti Yamaha R6. Dan ternyata bukan cuma R7 saja, ternyata Yamaha mempersiapkan 12 varian Yamaha R series. Diantaranya sbb :

Pemirsa bisa lihat, ada beberapa urutan varian Yamaha R series dari mulai YZF-R1, ada juga R2, R4,R5, R6,R7, R9 bahkan sampai Yamaha R20. Dari sini mulai banyak asumsi jika angka dibelakang huruf R memperlihatkan kubikasi mesin, misal R1 1000cc, R7 700cc, R9 900cc lalu bagaimana dengan Yamaha R20 apakah 2000cc? 😀

Oke, info ini pertama kali muncul pasca terkuaknya calon model baru Yamaha R7 yang terdaftarkan patent dan hasil uji emisnya di Amerika Serikat.

Ini jelas informasi rahasia yang bocor ke publik, namun kita bisa ketahui jika motor ini adalah calon produk baru yang akan dirilis oleh Yamaha dalam waktu dekat, sekaligus jawaban atas didiscontinuenya varian Yamaha R6 yang saat ini hanya dijual untuk kebutuhan track saja.

Namun yang menarik disini adalah jika dulu istilahnya Yamaha MT series itu adalah diversifikasi varian naked dari Yamaha R series sebagai contoh Yamaha MT25 adalah versi naked R25 lalu MT-10 adalah nakednya R1, sekarang sepertinya terbalik… Yamaha R series akan menjadi versi fairing dari MT series.

Yamaha MT-07 vs Yamaha R7 pict @kardesignconcept

Jadi jika benar, maka Yamaha tidak lagi menggunakan mesin berkonfigurasi inline four untuk varian motor Supersport mereka, melainkan akan pakai mesin inline twin CP2 689cc yang sebelumnya sudah digunakan di MT-07.

Baca : Yamaha MT07 2021 Juga Ikutan Facelift, Headlampnya Mirip MT09

Entah mungkin mengejar efisiensi atau cost production yang lebih murah toh mesin MT-07 ini digunakan oleh banyak produk seperti Yamaha XSR700, TENERE 700 dan Yamaha Tracer 700 yang jelas, Kawasaki juga akan melakukan langkah serupa dengan menghadirkan Kawasaki Ninja 700.

Oh ya, selain Yamaha R7 kabarnya juga akan ada Yamaha R9 yang tentunya kita sudah bisa tebak, motor ini akan pakai mesin 3 silinder punyanya Yamaha MT-09 2021. Wuihh makin banyak nih moge barunya Yamaha…

Lalu kapan motor-motor baru Yamaha R series ini akan hadir?

Perlu pemirsa ketahui jika 11 nama Yamaha R series diatas adalah nama patent atau Trade Mark yang didaftarkan, tujuannya tentu bisa jadi bukan untuk diproduksi masal tapi bisa juga untuk mencegah pencurian nama yang digunakan oleh kompetitor atau brand lain kedepannya.

Tapi untuk Yamaha R7 sih sepertinya benar-benar potensial akan hadir, mungkin akhir tahun ini atau bisa juga tahun 2022 mendatang, kita tunggu saja…

Sumber : https://tmcblog.com/2021/04/02/yamaha-sepertinya-akan-menyusun-ulang-varian-r-series-mereka/
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !