Honda CB400X China VS Jepang Ternyata Banyak Perbedaan, Lebih Keren?

Warungasep.net – Setelah sempat muncul spyshotsnya beberapa waktu lalu, Honda CB400X khusus untuk dipasarkan di negeri China resmi diperkenalkan di ajang pameran Shanghai Auto Show 2021 kemarin. Dan ternyata sesuai tebakan kita sebelumnya, ada banyak perbedaan dengan versi yang dijual di negara Jepang.

Honda CB400X China

Pertama kita lihat dari desain fisiknya, sekilas kita tahu jika modelnya tidak jauh berbeda antara CB400X China vs Jepang. Karena toh kedua motor ini adalah versi boredown daripada produk global yang juga dijual di Indonesia yaitu Honda CB500X. Coba kita lihat bandingkan :

Baca : Honda CB400X Facelift 2020, Pakai SubFrame Warna Merah?

Honda CB400X Japan

Untuk lebih lengkapnya kita coba bandingkan secara detail melalui dua foto antara CB500X China vs Jepang, cekidot :

  • Headlamp

Pertama dibagian facia depan, terlihat cukup banyak perbedaannya, dari mulai desain reflektor headlight LED yang dimana versi China terlihat lebih membulat namun dilengkapi lampu DRL dibagian sampingnya, lampu seinnya juga sudah LED, namun versi China lebih terlihat tajam, desain windhsield katanya lebih tinggi dan punya shape berbeda.

  • Lampu Rem

Yang paling beda signifikan adalah bagian body belakang, CB400X China lebih terlihat sporty dengan dua lampu rem terpisah, sedangkan CB400X versi Jepang sama seperti CB500X dengan model segitiga yang terlihat jadul.

  • Ukuran ban dan rem

Diameter rem cakram depan motor tidak jauh berbeda, namun posisi sensor ABSnya berbeda. Tak hanya itu ukuran ban keduanya berbeda dimana versi China baik roda depan dan belakang pakai velg 17 inch, sedangkan versi Jepang bagian depan pakai velg 19 inch, sama seperti CB500X.

  • Panel speedometer dengan socket charger

Dibagian ini tidak banyak perbedaan kecuali terdapat power socket charger untuk versi China.

Bagaimana dengan mesinnya? Untuk mesinnya keduanya sama-sama mengusung mesin 399cc DOHC inline twin 6 speed berpendingin cairan, power maksimumnya sekitar 33kW / 9000rpm dan torsi maksimum 37Nm / 7500rpm dan diklaim bisa melaju sampai topspeed 157 km per jam, lengkapnya lihat dibawah ini :

Sebagai tambahan informasi, jika biasanya motor-motor big bike Honda dijual secara global yang diimpor secara utuh alias CBU, naah sedangkan Honda CB400X versi Tiongkok ini dimpor secara CKD, sehingga wajar saja ada beberapa bagian yang memang dibuat berbeda karena sepertinya beberapa komponen menggunakan part lokal, salah satunya desain headlamp yang mirip dengan produk lokal mereka seperti Honda CBF190.

Baca : New Honda CBF190X 2020 Punya Tampilan Baru, Africa Twin Versi Mini !

Dan perlu pemirsa ketahui jika motor ini belum dijual secara resmi, baru sebatas diperkenalkan sehingga untuk bandrol harganya belum diketahui. Namun dengan adanya motor ini, sepertinya Honda CB 400 series tidak lagi se-ekslusif sebelumnya yang dikelas sebagai produk JDM, karena China memilih untuk melokalkan motor ini ketimbang mendatangkan produk global CB 500 series seperti negara lainnya, termasuk Indonesia…

Sumber : Xcar.com

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !