Kenapa CB150R Indonesia Tidak Retro Seperti di Thailand? Ini Jawaban AHM

CB150R Retro (Pict Roby Suharja Robydriver.com )

Warungasep.net – AHM merilis Honda CB150R dengan menghadirkan konsep motor sport naked bergaya macho dan juga sporty didukung dengan beragam fitur modern dan performa yang lumayan kompetitif di kelas sport naked 150cc. Karena biasanya, motor yang dihadirkan tentu merupakan produk hasil riset pasar tentu akan banyak yang diterima konsumen tapi mungkin juga tak sedikit jika produk baru ini ada yang tak sesuai ekspektasi atau mungkin tak puas dengan yang dihadirkan.

Beberapa pertanyaan yang mungkin bikin pemirsa penasaran, sudah saya wakili untuk bertanya kepada jajaran petinggi AHM saat sesi tanya jawab bersama rekan Blogger kemarin saat perilisan. Misal kenapa CB150R Streetfire di Indonesia tidak dibuat sama dengan CB150R Streetster yang ada di negara tetangga, Thailand. Seperti yang kita tahu jika CB150R disana mengusung konsep retro modern atau yang kita kenal “Neo Sport Cafe‘ sedangkan CB150R di tanah air hadir dengan konsep desain yang berbeda.

Sebenarnya banyak banget pertanyaan yang tak terjawab, tapi setidaknya beberapa bisa menjawab rasa penasaran pemirsa. Dan berikut beberapa rangkuman tanya jawab AHM dengan Blogger mengenai produk terbaru Honda CB150R :

Apa saja perbedaan dan kesamaan antara CB150R baru dengan yang lama?

“hampir semuanya berbeda, baik itu tanki, shroud, upside down semuanya mengalami perubahan. yang sama adalah frame dan engine-nya yang masih mengadopsi CB150R yang lama” jawab Fahreza yang menjabat di divisi RnD AHM

Kapan mulai distribusikan ke konsumen?

“mulai hari ini sudah distribusi namun untuk hadir di dealer, mungkin sekitar 2 atau 3 minggu lagi atau setelah lebaran kita bisa melihat motor ini di dealer” ungkap pak Antok Yuniarso yang menjabat GM HC3 AHM.

Berapa target penjualan CB150R?

Pak Antok menjawab “untuk target, kita menargetkan sekitar 2700 unit penjualan perbulan”.

Apakah tidak ada perubahan engine?

“kalau untuk engine-nya tidak ada perubahan , tapi karena kita ingin memberikan performa yang terbaik, kita mengatur perubahan pada ECMnya” ujar pak Wedijanto Winarso GM Technical Service Division.

Wedijanto Winarso – GM Technical Service Division AHM

Apakah ada rencana menaikan cc dari 150cc ke 160cc?

“untuk mesin 150cc DOHC sekarang ini sebenarnya sudah kompetitif, jadi sudah menjawab kebutuhan konsumen baik untuk daily use maupun untuk kebutuhan lainnya seperti touring dll, tapi untuk naik ke 160cc? ini sebuah masukan buat kami, akan kami pertimbangkan” ujar Fahreza.

Apakah Upsidedown CB150R baru dipasang di CB150R lama?

“untuk hal ini saya harus katakan, banyak sekali perubhan seperti bottom and top bridgenya berbeda dan cukup mahal jika diganti, yang kedua kabel-kabel dan selang rem sangat berbeda, panjangnya berbeda.  Nah, kalau hal ini dipaksakan juga nanti akan mentok ke shroud daripada fuel tank di CB tipe lama, daripada ganti sok depan, mending beri yang baru aja…” ujar pak Wedhi

Mengapa tidak mengusung konsep retro seperti thailand

Fahreza menjawab : ” ini pertanyaan yang sering ditanyakan, untuk setiap model baru kita selalu melakukan studi pasar maupun konsumen, dan hasil riset kami memang menunjukan jika CB sekarang ini sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen di segmen 150cc sport naked, juga dari segi fitur juga desainnya. Tapi memang untuk kedepannya kita tetap memantau dan tidak menutup kemungkinan kedepannya kami akan melakukan perubahan karakter desain ke retro atau mungkin penggunaan lampu yang berbeda”

Nah, jawaban mengenai mengapa CB baru tidak mengusung konsep retro ini saya mulai curiga, jangan-jangan AHM akan menjual dua tipe Honda CB150R untuk pasar Indonesia? tapi ya seperti yang dijawa tadi bahwa AHM tentunya selalu melakukan riset dan studi pasar terlebih dahulu sebelum menciptakan produk baru jadi intinya apa yang mereka buat dan jual saat ini itu atas permintaan dan keinginan pasar terutama konsumen motor Honda yang selalu loyal. Jadi jika memang gak dibuat retro, mungkin hasil risetnya konsumen di tanah air tidak menginginkan model tersebut. IMHO dan CMIIW ya…

Oke, jadi itulah hasil tanya jawab AHM bersama blogger mengenai Honda CB150R, semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Komen Gratis !