Dynasti 150i, Kloningan Vario Yang Heboh Dikira Vario 160

Warungasep.net – Beberapa hari kemarin heboh pemberitaan tentang spyshots Vario 160. Banyak Blogger dan Media Nasional yang membahasnya, namun sekilas melihat bentuknya sih saya pribadi langsung yakin ini bukan seperti yang diharapkan, ini info hoax yang disebar oleh media yang tak bertanggung jawab yang ternyata berasal dari Vietnam.

Motor yang dikira Vario 160 ini katanya muncul di Vietnam dan bahkan mengklaim akan menggunakan mesin PCX160. Heboh dong pastinya karena memang motor ini dikabarkan motor ini akan dirilis oleh AHM tahun ini. Seperti inilah penampakan motor yang heboh kemarin :

Pertama jika benar ini Vario 160, kenapa muncul di Vietnam? Alasannya karena Honda Vietnam tidak menjual Vario atau Honda Click, kecuali di Filipina, Malaysia dan Thailand. Kedua, dari bentuknya pun aneh dengan velg Vario lama, dan ketiga dikatakan jika motor ini akan pakai mesin PCX160, jelas hoax lihat aja ada kick starter nempel di CVT, padahal seperti yang kita tahu jika PCX dan Vario baru sudah tidak pakai fitur ini.

Dan setelah ditelusuri, ternyata motor ini bukanlah Vario 160 yang digosipkan melainkan motor kloningan yang dijual di Filipina bernama Motorstar Easyride 150i. Motorstar adalah salah satu pabrikan lokal disana yang kerap kali menjiplak beberapa produk Jepang, salah satunya Motorstar EasyRide 150RS . Dan setelah ditelurusi lagi, ternyata produk Easyride ini merupakan produk rebadge dari mocin produk pabrikan Chongqing Esenda Trading Co., Ltd bernama Dynasti 150i.

Mirip banget dengan Vario asli yang eksis saat ini, baik dari body, kaki-kaki bahkan mesinnya yang menggunakan teknologi liquid cooled. Yang berbeda dari motor ini adalah tampilan dengan dengan model headlamp yang lebih besar dengan teknologi projie dan juga lampu sein terpisah dibagian samping body.

Pantas saja, mungkin karena headlamp yang berbeda lantas banyak yang berasumsi jika motor ini adalah Vario facelift, hehe… Jadi semoga saja ini jadi pelajaran, jangan langsung percaya dengan sumber informasi dari media yang sering nyebar hoax, ini bukan kali pertamanya lho media tersebut memuat berita tidak benar, bahkan mereka sering mengambil konten berupa gambar, video yang diedit dan diwatermark ulang. Dan sayangnya media satu ini selalu dijadikan referensi oleh media-media di Indonesia dan negara lainnya. Ya semoga saja tidak terulang lagi….

Sumber foto : Vanhoe Rage, Arenamotosikal

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Komen Gratis !