Yamaha R7 Resmi Dirilis, R Series Baru Bermesin MT-07 Harganya Rp. 128 Jutaan

Yamaha YZF-R7 2021

Warungasep.net – Yamaha R7 yang merupakan varian Yamaha YZF-R series baru telah resmi dirilis untuk pasar global. Motor baru Yamaha ini merupakan varian motor Supersport menggunakan basic mesin motor naked yang sudah ada sebelumnya yakni Yamaha MT-07.

Yamaha YZFR7 2021

Ini tentu menarik, dimana jika kebanyakan motor naked biasanya hadir belakangan atau basic pengembangan dari motor sport, naah ini justru sebaliknya. Dan tenyata hadirnya Yamaha R7 ini merupakan pengganti daripada motor Supersport Yamaha R6, sayangnya jika R6 menggunakan mesin 4 silinder, R7 mesinnya cuma berkonfigurasi inline twin alias 2 silinder.

Spesifikasi Mesin Yamaha R7

Walaupun cuma 2 piston, Yamaha R7 ini memiliki spesifikasi mesin 689cc inline twin DOHC 8 klep berpendingin cairanmyang sudah Euro-5, power puncak motor ini mencapai 73,4 Ps pada putaran 8750 Rpm dan motor ini menawarkan torsi melimpah diangka 67 Nm pada putaran rendah 6500 rpm. Lho, ternyata spek mesinnya gak beda jauh sama versi nakednya nih. Biar gak percaya cek aja :

Baca : Yamaha MT07 2021 Juga Ikutan Facelift, Headlampnya Mirip MT09

Bedanya jika MT-07 punya bobot 184 kg, naah R7 ini lebih berat yakni 188 kg, namun kapasitas tanki lebih kecil hanya 13 liter, tinggi jok lumayan tinggi yakni 835 mm, tentu untuk membuat ergonomi ridingnya lebih sporty ditambah dengan stang underyoke yang nunduk

Bicara soal desain, Yamaha R7 ini mengusung konsep yang sama dengan keluarga R series lainnya. Identitas Yamaha R7 sama dibuat dengan kakaknya seperti Yamaha R1, dengan moncong depan bolong yang terinspirasi dari Yamaha YZR-M1, dua DRL LED yang membentuk mata disisi kanan kiri tapi posisi headlamp tidak berada dibawah, melainkan tersembunyi ditengah air scoop. Unik banget, alhasil desain R7 terlihat lebih tirus, lebih simetris, lebih eyecathing bahkan Yamaha Eropa menyebut motor ini punya desain yang atletis dan macho.

Tak hanya bagian depan, bagian body samping dan body belakang juga sama seperti Yamaha R series lainnya… Terlihat ramping dan aerodinamis. Dan bahkan, tak hanya mesin saja yang menggunakan basic Yamaha MT-07, tapi sampai rangkanya pun sama. Jadi jika Yamaha R1 atau R6 menggunakan frame model Deltabox, sedangkan R7, pakai rangka teralis. Tentunya untuk membuat cost productionnya lebih murah mungkin.

Walaupun begitu, dari segi fitur. Pesaing Aprilia RS660 ini jelas gak main-main. Fitur Yamaha R7 hampir semuanya baru, diantaranya sbb :

Fitur Yamaha R7

  • Lampu serba LED, termasuk lampu sein
  • Panel speedometer full digital
  • A&S clutch for increased controllability
  • Lightweight frame fine-tune for chassis rigidity
  • Adjustable link-type rear shock
  • Fully-adjustable inverted 41 mm front forks
  • Double disc brake
  • Radial-mount front brake calipers
  • Lightweight 10-spoke wheels
  • Optional Quick Shift System for seamless upshifts

Terakhir, harga Yamaha R7 untuk pasar Amerika yang secara resmi dirilis hari ini tanggal 18 Mei 2021 adalah $ 8,999 Dollar atau jika dikonversikan kedalam Rupiah sekitar Rp. 128jutaan. Dan tersedia dalam 2 pilihan warna, diantaranya warna biru dan warna hitam, berikut foto studionya :

Yamaha YZF-R7 2021 Icon Blue

Yamaha ZF-R7 2021 Black

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Trackback / Pingback

  1. Editan Gambar Calon Yamaha R15 Facelift, Seperti Inikah Nantinya? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !