Yamaha FZX 150 2021, Motor Retro Yamaha Versi Kearifan Lokal India

Yamaha FZX150 2021

Warungasep.net – Yamaha India merilis produk baru bernama Yamaha FZX 150 2021. Motor sport naked bergaya retro ini mungkin bisa dibilang Yamaha XSR series versi kearifan lokal untuk konsumen di negara India. Apa saja bedanya dengan XSR155 yang ada di Indonesia? Yuk lihat lengkapnya dibawah ini…

Yamaha FZX150 2021

Di India banyak, kembaran dari produk global Yamaha yang diadaptasi dengan kearifan lokal, sebut saja skutik retro Fino yang disana berubah menjadi Yamaha Fascino. Yamaha X-Ride jadi Yamaha Ray-ZR dengan kaki-kaki mungil dan body gambot, Yamaha R15 yang punya keunggulan suspensi depan Upside down, di negeri Vrindapan justru cuma pakai shock teleskopik biasa. (Baca : Yamaha R15 India tanpa Upside down )

Dan sekarang, Yamaha XSR series. Yamaha XSR155 mupun Yamaha XSR125 merupakan produk sport naked bergaya retro untuk produk global. Tapi, di India motor dengan gaya jadul yang dipadukan dengan teknologi modern ini punya desain tersendiri yang sangat berbeda dengan XSR series, bahkan untuk label namanya pun beda, mengambil basic Yamaha FZ series, namun dengan tambahan huruf X dibelakangnya.

Jika Yamaha XSR155 punya rangka Deltabox dan juga mesin berpendingin cairan, FZX150 justru masih pakai rangka besi tubular juga mesin berpendingin angin. Tentu karena motor ini punya basic mesin dan rangka yang sama dengan Yamaha FZ15 atau kembaran Yamaha Byson di India. Desainnya jelas beda banget, walaupu punya konsep yang sama seperti tanki model tear drop, jok model roti sobek, tapi desainnya jauh banget, seperti biasa, desain motor India memang punya gaya tersendiri yang pastinya akan beda selera dengan bikers di tanah air. Joknya model tandem super tebal, ada behel belakang seperti pegangan panci, dan secara keseluruhan, desain Yamaha FZ-X ini serba membulat.

Motor ini mengusung mesin 149cc 1 silinder air cooled SOHC 5 percepatan, tenaga maksimumnya jelas jauh banget dengan XSR155 yang bisa mencapai 19 PS, karena FZX tenaga maksimunya cuma 12,4 PS pada 7.250 rpm dan torsi puncak 13,3 Nm pada 5.500 rpm.

Tapi jika kita bahas fitur, walaupun tanpa Upside down dan tanpa Deltabox, tapi motor retro Yamaha India ini justru punya fitur yang gak dimiliki Yamaha XSR155, diantaranya punya fitur rem Antilock Braking System yang memang menjadi piranti standar motor-motor di India dan juga fitur Y-Connect, fitur canggih yang bisa menghubungkan motor dengan aplikasi di smartphone lewat bluetooth ke speedometer digital. Fitur ini di Indonesia cuma terdapat pada Nmax dan Aerox saja.

Yamaha India menjual Yamaha FZ-X150 ini dalam 3 varian warna diantaranya warna tembaga, warna black matte dan metallic blue, berikut foto studionya :

Teakhir, harga Yamaha FZ-X 2021 ini terbagi dalam 2 tipe diantara tipe standar dibandrol 117.000 Rupee atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 22,8 jutaan… Murah banget ya, dan ini adalah varian termurah karena tanpa Y-Connect, tapi untuk varian termahal dengan fitur Y-Connect dibandrol sedikit lebih mahal yakni 120.000 Rupee.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !