Haojue XCR300, Motor Naked Bermesin Suzuki 2 Silinder dan 2 Knalpot Kiri Kanan

Warungasep.net – Wajah bengis dual headlight, mesin 2 silinder sekaligus dual knalpot kiri kanan yang gagah, gak akan menyangka jika Haojue XCR300 ini adalah Mocin. Inilah motor baru Haojue yang menggunakan basic platform mesinnya Suzuki. Suzuki apa? Yuk kita bahas lengkapnya dibawah ini.

Haojue XCR300, Namanya baru terungkap saat rilis beberapa hari lalu di Tiongkok. Sebenarnya motor ini sudah muncul spyshots dan gambar patentnya sejak 2 tahun lalu (Baca : ). Dan yang menarik dari motor ini selalu dikait-kaitkan dengan Suzuki.

Ya tentu kita tahu alasannya, karena Haojue adalah produsen motor-motor global Suzuki yang juga memproduksi produk tersendiri untuk pasar domestik dan juga negara lain. Karena hasil kerja sama tersebut mereka dengan mudah saling bertukar teknologi dan basic mesin Suzuki, salah satunya adalah mesin GW250 yang juga dipakai oleh motor sport fairing Suzuki GSX-250R ternyata digunakan sebagai platform mesin Haojue DR250 juga DR300.

Baca : Haojue DR300 Dirilis di China, Fitur Lebih Lengkap dan Harga Lebih Murah dari Inazuma

Sebaliknya, mesin Haojue juga digunakan atau lebih tepatnya direbranding oleh Suzuki, misal Haojue NK150 yang berubah nama menjadi Suzuki DR150.

Bagaimana dengan Haojue TR300?
Nah ini cukup menarik, karena sepertinya Haojue mencoba membuat lebih banyak diversifikasi produk di kelas 250cc juga 300cc. Selain DR300 atau juga DR250, mereka akan punya beberapa produk di segmen sport 250cc lainnya seperti Haojue TR300 di segmen cruiser, dan XCR300 ini walaupun segmennya sama seperti DR300 tapi memiliki konsep desain yang berbeda.

Jika DR300 desainnya itu cenderung kalem, dengan single headlamp dan mungkin bisa dibilang memeiliki aura Suzuki GSX-S series, ada yang bilang desainnya terinspirasi dari Suzuki GSX-S750 dengan shroud yang tajam, jok split bertingkat juga single muffler atau 1 silinser knalpot.

Nah, XCR300 ini justru punya perbedaan di desain knalpot dua silinser kiri kanan, selain mungkin karena ingin menujukan identitas mesin 2 silinder juga karena memiliki konsep yang semi touring. Perbedaan lainnya ada pada desain headlamp yang mengusung dual headlight, stang kemudi yang lebih tinggi, jok yang lebih rendah dengan model tandem yang nyaman buat boncengan juga shroud yang punya desain dua lubang. Sekilas malah punya kemiripan dengan Yamaha MT series ya ketimbang Suzuki? hehe…

Keunggulan dari motor ini antara lain lampu yang sudah serba LED temasuk lampu sein, suspensi depan Upside down, rem ABS dan assist and slipper clutch.

Lanjut ke bagian dapur pacu, Haojue XCR300 2022 ini mengusung mesin 298cc 2 silinder SOHC berpendingin cairan, power maksimum motor pesaing Benelli TNT302 atau juga Yamaha MT-03 ini hanya mencapai 21,5 Kw atau setara 28,8 Hp pada putaran 8500 rpm, dan torsi 27,8 Nm pada 6500 rpm. Bobot motor ini mencapai 179 Kg, kapasitas tanki 17 liter dan memiliki tinggi jok yang ramah buat rider Asia yakni hanya 785 mm.

Terakhir, untuk bandrol harga Haojue XCR300 2022 ini belum diumumkan, sepertinya menunggu moment pameran otomotif disana yang akan dimulai beberapa hari lagi. Untuk info lebih lengkapnya nanti akan saya update.. semoga kepengen…

 

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !