Triumph Speed Triple 1200 RR 2022, Sport Retro Inggris Yang Eksotis dan Radikal

Warungasep.net – Pabrikan asal Inggris merilis motor baru yang diberi label Triumph Speed Triple 1200 RR 2022. Motor sport naked pakai half fairing bergaya retro ini memiliki desain yang eksotis dan elegan, tapi tak hanya bagian kosmetiknya yang membuat tampilannya menarik tapi juga performa mesin sekaligus beragam fitur canggihnya yang membuat motor ini juga terlihat bengis dan radikal.

Speedo Triple series sendiri merupakan varian motor naked modern dari triumph yang punya ciri khas mesin berkonfigurasi 3 silinder. Tapi motor yang satu ini memiliki keunikan bagian depan yang dibalut half fairing, karena merupakan diversifikasi dari produk yang sudah ada yakni Triumph Speed Triple RS. Perbedaanya ada pada ergonomi riding yang lebih racy juga bagian body dan ekor yang dibuat lebih sporty bak motor balap dengan tinggi jok 830mm. Sekilas motor ini mirip motor sport fairing, tapi jika dilihat bagian tengahnya justru mengekspose bagian mesin seperti motor street naked bike.

Konsep motor half fairing dengan lampu bulat retro seperti ini mungkin sama dengan pesaingnya dari pabrikan Italia, MV Agusta Superveloce. Bedanya jika MV pakai mesin 800cc sedangkan Triumph walaupun sama-sama pakai konfigurasi mesin 3 silinder tapi dengan kubikasi mesin yang lebih besar yakni 1160cc DOHC berpendingin cairan, dengan bobot hanya 199 kg motor ini mampu mencapai power maksimum diangka 180 PS dan torsi 125 Nm.

Walaupun tampangnya retro bin jadul, tapi soal fitur elektronik jelas motor Inggris ini gak aka kata ketinggalan… Sebut saja lampu serba LED, beragam macam kontrol elektronik, riding mode, smart key atau keyless juga panel speedo 5 indc TFT berwarna yang bisa terkoneksi lewat smartphone sehingga bisa mengontrol panggilan, beragam hiburan seperti musik juga untuk mengontrol action cam seperti Go Pro.

Dan yang membuatnya menjadi salah satu motor eksotis karena dibenamkan fitur-fitur mahal dan hedon seperti suspensi depan Upside down semi aktif dari Ohlins yang bisa dikontrol secara elektronik dan sepaket rem Brembo Stylema dengan kaliper radial serta kaki-kaki gambot dengan karet bundar dari Pirelli Diablo Supercorsa SP V3 berukuran 120 / 70-17 inch dibagian depan dan 190 / 55- 17 inch di bagian belakang.

Untuk model tahun 2022 Triumph Speed Triple 1200 RR ini dijual dengan harga 21,400 Euro atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 360jutaan dan punya 2 pilihan warna diantaranya warna Red Hopper / Storm Grey dengan aksen merah dan Chrystal White / Storm Grey dengan aksen putih. Berikut foto studionya :

2022 Triumph Speed Triple 1200 RR Red Hopper / Storm Grey
2022 Triumph Speed Triple 1200 RR Chrystal White / Storm Grey

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !