Longjia XDV 300i 2022, Tiruan Honda ADV 300cc Bermesin Aprilia

Warungasep.net – Satu lagi motor yang meniru model Honda ADV, namanya Longjia XDV 300i 2022. Skutik gambot bergaya adventure ini memiliki desain yang lebih gahar dari versi aslinya, mesin yang lebih powerfull juga fitur-fitur yang lebih modern, salah satunya suspensi depan yang sudah USD.

Awalnya motor ini terkuak saat muncul bocoran gambar patentnya beberapa waktu lalu, banyak media baik lokal maupun luar menyebut jika patent tersebut adalah calon Honda ADV 300cc, padahal mereka gak tau jika motor tersebut adalah Mocin, dan sempat membikin hehe…

Baca : Honda ADV Bakal DiJiplak Mocin Lagi, Kali Ini Longjia ADV 300cc?

Dari desainnya sendiri, memang konsepnya mengambil basic Honda ADV150 buatan AHM , sebut saja model headlamp, adjustable windscreen, suspensi belakang pakai tabung, kunci keyless, lampu sein depan terpisah, juga cover speedometer berbentuk kotak.

Tapi, mocin Longjia XDV300 ini justru punya fitur yang bahkan gak dimiliki oleh Honda ADV, sebut saja suspensi depan model inverted fork aka Upside down, membuat tampilannya makin gahar dan kerasa banget adventurenya, kamudian panel speedometer yang sudah full TFT digital berwarna, berbeda dengan ADV versi ori yang masih pakai model “kalkulator” chrome LCD digital biasa.

Dan yang menarik dari motor ini adalah mesinnya. Longjia X-ADV 300 ini menggunakan mesin punyanya Aprilia SR Max 300,  mesin buatan Zongshen yang juga sama dipakai oleh Longjia VMAX 300 yang juga direbadge oleh Keeway Vieste 300. Yakni mesin 278cc, daya maksimum 18,5kW atau setara 24,8 Hp pada putaran 7250rpm, dan torsi maksimumnya di angka 24.5Nm pada 6000rpm. Lengkapnya bisa lihat pada tabel berikut ini :

Terakhir, untuk bandrol harganya sendiri belum diumumkan, karena motor ini baru sebatas diperkenalkan saja. Rencananya sih motor ini akan dirilis dan dijual mulai bulan Februari tahun depan. Apakah motor ini akan dijual di Indonesia? Bukan hal sulit sebenarnya, karena jika melihat kasus sebelumnya yang dimana Benelli menjual Keeway V250 yang merupakan rebadge dari Longjia VBob di Indonesia, maka produk Longjia lainnya pun sepertinya bisa saja masuk tanah air, kalo mau,… Lagian mumpun Honda belum bikin ADV asli versi 300cc, hehe…

Sumber : Newmotor.com

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

Komen Gratis !