Yamaha R15 V4 2022 Rilis di India, Desain Baru Fiturnya Lebih Lengkap dari CBR dan GSX

Yamaha R15M 2022

Warungasep.net – Setelah muncul spyshotsnya, akhirnya Yamaha R15 V4 2022 resmi dirilis di India. Motor sport fairing baru Yamaha di kelas 150 cc ini tak hanya punya desainnya baru dan juga fitur-fitur yang lebih canggih dan modern yang bahkan tidak dimiliki oleh pesaingnya seperti CBR150R juga GSX-R150. Apa sajakah itu? Yuk kita kupas lengkapnya dibawah ini.

Pertama kita bahas desainnya, seperti yang kita ketahui sebelumnya dan memang tidak terlalu mengejutkan desain Yamaha YZF-R15 2022 ini mengadopsi sodaranya sesama R series lainnya, yaitu Yamaha R7. Antara lain desain headlamp single projie yang mereka sebut sebagai “Class D Bi Fuctional Headlight” emoh juga artinya, tapi yang jelas, berbeda dengan R series lainnya yang punya dual headlight, yang ini justru yang dua itu lampu DRL-nya yang membentuk alis mata, dan satu buah lampu depannya justru berada ditengah lubang air scoop ala-ala Yamaha M1 Motogp. Desain lampu ini memang kontroversial, tapi menurut saya sih lumayan cakep dan punya ciri khas tersendiri menjadi desain original motor sport Yamaha alias gak mirip dengan motor lain.

Bagian body juga ada perubahan ,  desain fairing berubah begitu juga bagian body belakang dengan model lubang yang aerodinamis. Pokonya secara keseluruhan sih mirip banget dengan Yamaha R7 terkecuali mungkin area frame yang dimana Yamaha R15 V4 ini pakai rangka model Deltabox.

Tak hanya Deltabox, swing arm banana juga suspensi Upside down yang menjadi kelebihan motor, tapi juga ada beberapa fitur tambahan yang bahkan tidak dimiliki oleh pesaingnya, diantaranya :

Fitur Yamaha R15M 2022

  • Quick Shifter
  • Traction Control
  • 2 Riding Mode (Track dan Street Mode)
  • Dual Channel ABS
  • Variable Valve Actuation
  • Panel speedometer yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-Connect seperti Nmax
  • Side switch stand, seperti standar samping skutik yang bisa menonaktifkan mesin.

Lanjut ke bagian mesin, masih SOHC dan masih 155cc 1 silinder berpendingin radiator juga dengan teknologi VVA yang mampu mencapai power maksimum 13.5kW atau setara 18.4PS pada 10ribu Rpm dan torsi 14,2 Nm. Kelihatannya lebih kecil speknya jika dibandingkan Yamaha R15 di Indonesia yang mampu mencapai 14 kw (Baca info lengkapnya di : Perbandingan Spesifikasi CBR150R 2021 vs Yamaha R15 dan GSX-R150 ). Tapi bedanya tak hanya pakai teknologi ASC atau Assist Slipper Clutch motor ini juga dilengkapi Quick Shifter dan 6 percepatan.

Yamaha India menjual Yamaha R15 MY 2022 ini dalam 2 varian diantaranya :

Yamaha R15 2022 Tipe standar

Tipe ini merupakan varian termurah bandrolnya cuma 172.800 Rupee atau jika dirupiahkan sekitar Rp 33jutaan. Dengan segala fitur baru yang terdapat pada motor ini tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan bandrol harga di Indonesia yang dijual Rp 36jutaan(tanpa ABS).

Tipe ini tanpa fitur Quick shifter, terkecuali untuk varian warna biru. Dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna biru, hitam dan merah.

Yamaha R15 V4 Racing Blue
Yamaha R15 V4 2022 Racing Red
yamaha r15 2022 Dark Knight

 

Yamaha R15M 2022

Tersinspirasi dengan warna body yang mirip dengan moge Yamaha yang terhomologasi Superbike yaitu Yamaha R1M dengan kombinasi warna silver, biru dan hitam. Perbedaan dengan versi lainnya, motor ini punya emblem 3d special bertuliskan R15, cover pelindung knalpot berwarna silver, desain jok khusus juga terdapat logo dibagian atas suspensi Upside down sehingga terlihat ekslusif.

Versi ini hanya terdepat satu varian warna yakni warna silver dan hitam livery special Motogp. dan dibandrol dengan harga lebih mahal yakni 179800 Rupee, atau sekitar Rp. 34,7 jutaan, masih lebih murah dibanding harga motor sport 150cc di tanah air, hehe… Dan berikut foto studionya :

Yamaha R15M 2022 Metallic Grey
Yamaha R15M 2022 Monster Energy Motogp

 

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !