Suzuki GSX-S1000GT 2022 , Sport Touring Ganteng Hasil Evolusi Desain Suzuki

Warungasep.net – Tajam dengan dual headlight beraura bengis, apa kalian percaya ini Suzuki GSX-S1000GT 2022 ? Ya, saya juga awalnya gak percaya ini motor baru dari Suzuki. Sepertinya pabrikan ini mulai berbenah, berevolusi meninggalkan idealisme desainnya yang nyeleneh menjadi terlihat lebih sporty serba tajam dan sesuai trend masa kini karena didukung juga dengan kecanggihan teknologi kekinian.

Suzuki GSX-S1000GT 2022

Motor ini merupakan diversifikasi produk dari Suzuki GSX-S1000 2021 yang rilis awal tahun dan bisa dibilang sebagai facelift dari pada Suzuki GSX-S1000F. Motor ini masuk kedalam segmen motor sport touring dan bersaing dengan Kawasaki yang telah terjun dengan dua produk sekaligus antara lain Kawasaki Ninja 1000 juga Kawasaki H2SX.

Karena bertujuan menjadi lawan Kawasaki, maka tak heran jika motor baru Suzuki ini mungkin harus mengikuti arus yang dimana lawannya yang punya desain serba tajam dan sporty. Dan Suzuki mengikuti konsep tersebut dengan membuat motor mereka memiliki desain serupa. Tapi gak semuanya plek ala Kawasaki, Suzuki punya gaya desain tersendiri, terutama pada desain headlamp, dimana kini Suzuki gak lagi idealis dengan single headlight, tapi pakai model dual headlight projie dan dipercantik dengan dua DRL LED diatasnya yang membentuk alis. penampilan baru motor Suzuki ini begitu pangling, sehingga siapapun yang pertama melihat motor ini pasti gak akan nyangka jika motor ini produk baru pabrikan Hamamatsu.

Sama seperti motor sport touring pada umumnya, motor ini memiliki desain ala motor sport fairing, tapi dengan ergonomi riding yang lebih santai untuk jarak jauh dan nyaman dipakai tandem boncengan. Juga didukung beragam akomodasi untuk aktifitas touring seperti, rear grip belakang yang super gede, dan juga side box dll yang menjadi tambahan aksesories opsional untuk motor ini. Maka dari itu, ada perbedaan di bagian subframe dibanding versi nakednya karena untuk menanggung beban berat tambahan.

Dan tak hanya tampangnya saja yang berevolusi, S1000GT versi 2022 ini dijejali beragam fitur elektronik yang canggih salah satunya panel speedmeter berlayar TFT 6 inch warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi mySPIN yang dikembangkan oleh Suzuki yang bisa menampilkan peta navigasi dan beragam entertainmen juga panggilan telepon. Hmmm, sepertinya fitur baru ini nantinya akan juga disematkan sama mocilnya nih, hehe semoga saja…

Ditambah lagi, fitur throttle by wire yang membuat motor ini punya beragam mode riding, lalu sistem kontrol traksi lima mode dan cruise control. Selain alat tersebut, Anda mendapatkan quickshifter dua arah, bantuan RPM rendah untuk membantu mencegah macet dan tombol starter sekali sentuh. Suspensi depan Upside down dari KYB 43 mm dan remnya menggunakan kaliper Brembo monnobloc.

Bagaimana dengan mesinnya? Frame model twinspar yang sama seperti pendahulunya ini menggendong mesin dengan spesifikasi 999cc 4 silinder DOHC berpendingin cairan dan sudah patuh emisi Euro-5. Power puncak motor ini mencapai 152PS pada 11.000rpm dan torsi 106 Nm pada 9,250rpm. Kapasitas tanki mencapai 19 liter dan Bobot motor ini mencapai 226 kg, bisa dibilang lebih berat 12 kg dari versi lawasnya tapi justru lebih ringan 9 kg jika dibanding pesaingnya dari Kawasaki.

Terakhir, harga Suzuki GSX S1000 GT ini untuk pasar Inggris misalnya dibandrol £ 11.599 atau jika dikonversikan kedalam rupiah adalah sekitar Rp. 226 jutaan. Dan katanya harga ini sangat kompetitif jika dibandingkan harga pesaingnya yang lebih mahal. wah, andai motor ini dijual di Indonesia bisa tembus lebih 500jutaan nih, hehe…

Dan disana motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna biru yang khas Suzuki, kemudian warna hitam glossy dan satu lagi warna unik biru tua, berikut foto studionya :

Suzuki GSX-S1000GT 2022 Triton Blue
Suzuki GSX-S1000GT 2022 Black
Suzuki GSX-S1000GT 2022 Dark Blue

7 Comments

Komen Gratis !