Bocoran Honda Vario 160cc, Bakal Ikut-ikutan Aerox ?

Warungasep.net – Hingga bulan ke-9, ternyata belum ada produk baru yang dirilis. Dan saatnya kita bahas tentang prediksi motor baru yang akan hadir di sisa tahun 2021. Kira-kira bakalan ada motor apa ya? Untuk menjawabnya biarlah itu menjadi kejutan, tapi ada salah satu bocoran mengenai calon produk baru Honda, yaitu Vario 160cc, ada kabar gosip jika calon motor skutik baru ini akan ikut-ikutan lawannya, yaitu Yamaha Aerox 155.?

gambar Motorplus.com

Pertama kita bahas tentang nama produknya, benarkah namanya akan Vario 160? Bukan Vario 150 seperti sebelumnya? Jawabannya karena biasanya pabrikan dijaman sekarang selalu memproduksi satu platform mesin untuk banyak produk, maka jika Honda sudah upgrade PCX baru dengan mesin 160cc 4 klep yang katanya punya power yang lebih joss (Baca :
Komparasi PCX160 vs NMAX 155 | Perbandingan Fitur, Spesifikasi dan Harga ), maka tak menutup kemungkinan, motor Honda lainnya juga akan menggunakan mesin baru juga, dalam hal ini tentu Vario dan ADV150 yang punya basic mesin yang sama dengan PCX, tinggal menunggu giliran saja.

Selanjutnya untuk desainnya? Belum ada bocoran, tapi sangat menarik ketika baca artikel dari media nasional Motorplus yang memberikan rumor tentang calon Honda Vario 150 yang menurut sumber bocoran mereka menyebutkan jika motor ini nantinya akan pakai ban tapak lebar.

Wah ikut-ikutan Aerox 155 dong? Yupz, salah satu kekurang Vario 150 versi sekarang jika dibanding lawannya selain mesin tentunya ada di bagian kaki-kaki, Vario nantinya akan pakai velg lebar 3,5 inch, dan tak menutup kemungkinan ukurannya pun akan lebih besar menjadi entah itu 130 atau mungkin 140 seperti Aerox, masih belum tahu.

Yang jelas tampilan ban belakang akan selebar Honda PCX160, bedanya jika PCX velg belakangnya menggunakan lingkar 13 inch, sedangkan Vario masih akan tetap pakai ujuran 14 inch, biar lebih kerasa gambotnya ya, hehe… Apakah nantinya akan pakai rem cakram? Semoga saja sih, karena jika kalo masih pakai RDB( Rear Drum Brake), beuuh lagi-lagi si Vario ini ngikut fitur Aerox lagi dong, hehe… Bikin beda dikit lah, semoga Vario 160 pakai rem cakram belakang, tentunya biar lebih unggul dari Aerox yang katanya sport scooter tapi masih pakai rem canggih di era tahun 60-an, ehh…

Ada tambahan lagi, masih dari sumber yang sama, desain velg Vario 160cc nantinya juga akan berubah, desainnya akan menyerupai  velg Honda CB150R lawas MY 2015an. ooh yang palang “y” miring itu kali ya.  Hmm, kayaknya memang gak beda jauh dengan desain velg Vario versi current.

Sayangnya, untuk desain bodynya sih gak ada bocoran, tapi sepertinya Vario masih akan punya ciri khas tersendiri seperti dual headlight LED yang mogelook, juga desain serba tajam yang sporty, IMHO. Tapi semoga saja sih Honda juga melakukan improvement di bagian CVT, menghilangkan fitur geredeg getar-getar di bagian CVT saat tarikan awal, fitur yang abadi di setiap produk skutik mereka di kelas 125cc keatas, juga perubahan di area dek yang lebih luas, biar gak dukdek kena lutut yang banyak dikeluhkan penggunanya, lalu apa lagi ya?

Monggo tulis di kolom komentar ya, semoga bisa jadi bahan masukan buat AHM kedepannya… Oh yam info ini bukan info resmi dari pabrikan ya, melaikan cuma gosip alias rumor yang belum tentu kebenarannya dari media otomotif nasional https://www.motorplus-online.com/ , semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Komen Gratis !