Ducati Multistrada V2 2022, Motor Adventure 2 Silinder V Twin Italia Tanpa Radar?

Warungasep.net – Pabrikan Italia merilis motor adventure baru bermesin 2 silinder V Twin bernama Ducati Multistrada V2 2022. Motor ini merupakan facelift dari Multistrada versi lawas dengan tampilan baru juga fitur modern tapi posisinya kini berada dibawah motor serupa yang lebih powerfull, Multistrada V4.

Tampilannya sekilas tidak jauh beda dengan Multitrada V4, tapi jika dilihat secara lebih detail jelas kedua motor ini akan berbeda baik dimensi, bentuk frame juga konfigurasi mesinnya. Jika versi V4 pakai mesin 4 silinder berkonfigurasi V, sedangkan Multistrada masih pakai mesin 2 silinder V-twin, atau lebih tepatnya mereka menyebutnya L-Twin 937cc Ducati Testastretta 11 ° dengan distribusi desmodromic, yang menghasilkan tenaga maksimum 113 HP pada 9.000 rpm dan torsi maksimum 94 Nm pada 6.750 rpm dalam konfigurasi Euro 5.

Sebagai pembanding dengan pendahulunya, Multistrada V2 mengalami perubahan dari segi bobot menjadi hanya 199 kg saja, penyebabnya karena motor pesaing Yamaha Tracer 9 2021 BMW F900xr ini kini pakai beberapa part yang lebih ringan seperti kopling, velg, cakram hingga spion baru. Desainnya body gak banyak berubah, terkecuali body belakang yang kini lebih ramping juga jok yang lebih rendah hanya 830mm, tetap tinggi sih untuk ukuran bikers Asia, hehe…

Menjadi lebih modern, facelift dari Multistrada 950 ini kini dilengkapi panel dasbor speedometer full TFT digital yang tentunya bisa terintegrasi dengan Ducati Multimedia System, sehingga bisa menampilkan navigasi GPS dll. lampu sudah serba LED dan bahkan untuk versi SE atau special edition terdapat lampu Ducati Cornering Lights yang mengoptimalkan penerangan jalan saat menikung berdasarkan kemiringan sepeda motor. Pada Multistrada V2, penonaktifan otomatis panah tersedia, tergantung pada sudut kemiringan.

Tersedia juga Ducati Traction Control (DTC) dari Multistrada V2 dapat disetel pada 8 level, sedangkan ABS Cornering dapat disetel pada 3 level dan pada level 1 ia menawarkan fungsionalitas “hanya depan” (bukan menikung). Sistem Vehicle Hold Control (VHC) digunakan untuk membantu pengemudi pada fase start menanjak. dan juga empat Mode Berkendara diantaranya mode Sport, Touring, Urban, Enduro yang bekerja pada sistem bantuan mengemudi, pada pemetaan mesin dan pada suspensi Skyhook (untuk versi S) membuat karakter sepeda sepenuhnya dapat disesuaikan. Sayangnya, motor ini tidak dilengkapi teknologi radar seperti Ducati Multitsrada V4, mungkin sebagai pembeda antara keduanya selain dari segi spek mesin.

Terakhir, untuk harga Ducati Multistrada V2 MY 2022 ini di negara asalnya yaitu Italia dibandrol 14,490 Euro atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 125jutaan untuk tipe standar akan mulai dijual pada bulan November mendatang. Dan motor ini dijual dalam 2 tipe antara lain tipe standar dan tipe “S” dengan harga yang lebih mahal sekitar 17,590 Euro dengan spek fitur yang lebih tinggi dan terbagi dalam 2 pilihan warna diantaranya warna merah dan abu-abu atau grey, berikut foto studionya :

Ducati Multistrada V2 STD Red
Ducati Multistrada V2S 2022 Street Grey
Ducati Multistrada V2S 2022 Red

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !