Kawasaki ZX4R 4 Silinder Bakal Rilis di Indonesia?

Pict Ilustrasi TMCBlog

Warungasep.net – Dulu banget, 6 tahun lalu Kawasaki ZX25R hanyalah sebuah gosip. Hingga akhirnya, motor ini benar-benar rilis di tahun 2019 kemarin, dan mengaspal di Indonesia di pertengahan 2020. Dan sekarang ada gosip tentang Kawasaki Ninja 400cc 4 silinder yang diberi nama Kawasaki ZX4R, Apakah ini cuma rumor atau gosip belaka, atau bakal benar-benar hadir dan rilis di Indonesia?

Oke, pertama gosip tentang ZX4R ini muncul dari media Jepang, Young Machine awal tahun lalu (buat yang belum tahu, silakan baca :  Kawasaki Siapkan ZX-4R, Ninja 400c 4 Silinder ? ). Dan ternyata ada indikasi jika ZX4R ini akan dipasarkan secara global, karena ZX25R pasarnya cukup terbatas hanya di beberapa negara saja, seperti Asia Tenggara, Jepang dan daerah Oceania, sedangkan untuk pasar Eropa maupun Amerika dll, seperti yang kita tahu jika disana pasar motor sport rata-rata memiliki kubikasi diatas 300cc, contohnya Yamaha R3, KTM RC390 juga BMW G310R, khusus di Eropa motor di kelas ini diperuntukan untuk pengendara berlisensi A2 alias remaja.

Untuk itulah, maka cukup logis jika ZX4R akan menemani Ninja 400 untuk pasar global dengan jangkauan yang lebih luas. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Sebenarnya cukup sulit, karena disini motor diatas 250cc akan terbentur pajak PPNBM, walaupun bisa pasti harganya akan naik hampir dua kali lipat.

Tapi ada kabar baik yang diungkap oleh wak haji pemilik TMCBlog yang memberikan info jika ada rumor Kawasaki Indonesia, sedang mempelajari masuknya ZX 400 4 silinder ke Indonesia.

“Kawasaki Motor Indonesia sedang mengkaji dengan serius niat untuk ikut memasarkan Kawasaki Ninja ZX-4R saat motor ini telah resmi hadir dan diumumkan secara global nanti. ” sumber : https://tmcblog.com/2021/10/01/rumor-kmi-ada-niat-pasarkan-ninja-zx-4r-di-indonesia/

Jika boleh ditarik kesimpulan, ZX4R bisa banget masuk ke Indonesia, seperti yang ditulis wak haji pada blognya, jika motor ini sudah resmi dirilis secara global, kemungkinan motor ini akan memulai debutnya entah di ajang TMS Tokyo Motorcycle Show yang rencananya akan dihelat awal tahun depan, atau bisa jadi lebih cepat di ajang EICMA Milan bulan depan.

Itu mengenai prediksi hadirnya motor ini. Bagaimana dengan bocoran desainnya? Seperti yang kita tahu jika Ninja 250 2 silinder, desainnya begitu identik dengan Ninja 400cc 2 silinder, jadi sudah bisa kita tebak jika ZX4R ada kemungkinan desainnya juga akan sama saja seperti ZX25R, apalagi sekarang hampir semua sub-brand Kawasaki Ninja series punya wajah yang mirip satu sama lain, hehe… Tapi, ada beberapa bocoran dari media Jepang, jika kemungkinan ZX4R akan punya perbedaan di bagian pengereman yang diupgrade menjadi dual front disc brake tentu untuk mendukung performanya yang lebih powerfull dari ZX25R.

Kawasaki ZX-4R (Illustrasi Young-Machine)

Nah, sekarang kita bahas kemungkinan apakah ZX4R ini akan rilis di Indonesia?

Sepertinya mungkin dan sangat bisa… Pertama, menurut wak haji TMCBlog adalah karena KMI sangat fokus meningkatkan brand awareness mereka di segmen sport full fairing, salah satunya dengan all out di sub-brand NINJA. Jangankan ZX4R yang mungkin nantinya harganya relatif lebih murah dari Moge, Kawasaki ZX10R yang bandrolnya diatas Rp 500jutaan saja bisa laris manis.

Kedua, karena kedepannya akan ada rencana/wacana pengapusan PPNBm dan menggantinya dengan skema PPN 25%. Ini artinya motor yang awalnya kena PPNbm 60% untuk kendaraan dengan kubikasi mesin diatas 250cc hingga 500cc, akan diganti dengan PPN yang lebih kecil. Bisa jadi harga On The Road motor ZX400R yang mesinnya 400cc tentu akan menjadi lebih murah. Inilah sepertinya yang membuat KMI tertarik untuk menjual motor 400cc ini di Indonesia.

Wah kalo ada wacana pajak yang lebih murah(sebenarnya kenanya sih masih lebih mahal dengan PPN), AHM juga sepertinya akan sangat bisa untuk mendatangkan Honda CB350 atau GB350 kesini ya, secara disana maksudnya di India terbilang cukup terjangkau, hehe…

Dan ketiga, walaupun rencana atau wacana penghapusan PPNBM belum diputuskan jadi undang-undang, KMI punya pengalaman ketika dulu menjual motor diatas 250cc yakni Ninja 300 yang posisi harganya gak jauh beda dengan Ninja 250 kala itu. Dan bisa ini dimungkinkan, harga Ninja ZX4R 400cc 4 silinder mungkin gak akan lebih mahal dari Honda CB500cc series yang dijual oleh Honda di rentang harga Rp. 150jutaan bukan? Atau mungkin pemirsa punya pendapat sendiri, silakan share komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Komen Gratis !