Kenalan Dengan FKM Venture 150, Skutik Adventure Baru di Filipina

Warungasep.net – Bicara soal sepeda motor, Filipina begitu unik, banyak motor baru yang bahkan mungkin pemirsa gak kenal salah satunya adalah FKM Venture 150, skutik adventure baru yang ternyata punya desain yang mirip dengan Honda ADV150. Apakah skutik ini kloningan Mocin? Yuk kita kenalan…

FKM merupakan singkatan dari Fekon Motorcycle, brand asal Tiongkok yang melakukan ekspansi ke benua Eropa. Dan ternyata merk ini kini hadir mengisi celah market skutik di negara Filipina. Bedanya jika di Eropa dan negara asalnya mereka punya banyak line up motor baru salah satunya adalah sport fairing dengan pro arm  FKM FK3GP , naah di Filipina mereka hanya menjual produk hasil rebadge.

Motor yang direbadge atau yang di barnding ulang oleh FKM adalah produk yang juga berasal dari China yaitu Dayang, Dan FKM Venture 150 adalah rebadge dari Dayang Vorei ADV150, Motor adventure yang memang modelnya sendiri adalah produk kloningan dari Honda ADV150. Jadi intinya Venture 150 adalah produk rebadge dari motor jiplakan, habis dah Honda, udah ditiru modelnya ehh tiruan tersebut ditiru lagi sama pabrikan lain, hehe…

Hampir semua desain fisik Venture 150 ini mirip dengan Vorei ADV150, area depan yang mirip memamng menjiplak ADV150 Honda termasuk ukuran ban yang asimetris 110/80-R14 dan 130/70-R13, kemudian adjustable windscreen, kunci pakai remot alias keyless, lampu seinnya hingga area body sampingnya. Bedanya motor ini punya 4 lensa LED Projector yang terlihat sporty, kemudian rem belakang LED yang membentuk siluet logo dan ternyata motor ini punya fitur yang gak dimiliki oleh ADV150-nya Honda yaitu dual channel ABS, ADV yang asli cuma single, depan doang.

Sayangnya jika Dayang Vorei ADV punya keunggulan fitur kamera action cam yang sudah terintegrasi dengan panel speedometer TFT berwarna, naah dasbor panel speedometer Venture 150cc dari FKM ini terbilang downgrade, tanpa kamera dan juga masih pakai LCD inverted digital biasa.

Lanjut ke bagian mesin, motor ini juga sudah pakai mesin 4 klep, kalah deh ADV asli Honda… Lebih tepatnya bermesin 150cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin radiator, power maksimumnya mencapai 16.45PS @ 8,500rpm dan torsinya berada di angka 14.6Nm @ 6,500rpm. Diklaim mampu mencapai topspeed 115 km per jam, Dan punya keunggulan kapasitas tangki BBM yang lebih besar hingga 9 liter lebih, lengkapnya dibawah ini :

Terakhir, tidak diketahui berapa bandrol harga motor ini. Dan untuk pasar Filipina Fekon atau FKM Venture 150 ini dijual dalam 4 pilihan warna menarik juga striping grafis yang kuat aura adventurenya.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Komen Gratis !