Teaser Maxi Skutik Baru Yamaha, Lampunya Mirip Vario???

Warungasep.net – Sebuah teaser yang diduga bergenre maxi skutik baru Yamaha muncul di laman Facebook Yamaha Taiwan, dari teaser tersebut menampilkan secara gamblang model lampu yang familiar dengan desain Honda Vario series(versi lawas), juga dengan tepian body depan yang serba tajam. Kira-kira motor apa ini?

Jika kita lihat arsip artikel lawas, ternyata saya sempat bikin artikel tentang spyshots motor misterius yang lagi di tes di jalanan di Taiwan, banyak yang menduga motor ini adalah facelift daripada Yamaha Force 155. Buat yang belum tahu silakan cekidot :

Baca : [SPYSHOT] Yamaha FORCE 155 Facelift Atau Aerox Versi Lokal di Taiwan?

Walaupun sinyal kuat jika motor ini adalah Force 155 facelift, ternyata banyak perubahan yang terdapat pada sport scooternya Yamaha Taiwan ini, diantaranya suspensi belakangnya yang awalnya pakai model backlink rear suspension berubah menjadi suspensi ganda, ala maxi skutik Yamaha di Indonesia, body belakangnya yang awalnya tajam dan nungging menjadi sepertinya sangat bersahabat dengan pembonceng, juga mesin 155cc baru yang bertkenologi VVA yang juga sama dipakai oleh Nmax dan Aerox, bedanya motor ini pakai dek rata, dan posisi lubang pengisian bahan bakar berada di depan seperti Yamaha Freego.

Dan satu lagi soal lampu depan, yang awalnya force 155 pakai model dual reflektor dalam single headlamp akan berubah menjadi dual headlight, sayangnya dua lampunya ini cenderung B aja, dan sekilas kita akan mengira model lampu ini sangat identik dengan Vario series, terutama Vario lawas, walaupun Yamaha juga cukup banyak yang pakai model lampu seperti ini seperti Yamaha T-max.

Dan ternyata setelah muncul spyshotnya bulan Juli lalu, salah satu warganet Taiwan justru ada yang membocorkan model ini dalam bentuk gambar, entah itu mungkin gambar patent atau hanya sekedar photoshop? Tapi hasilnya bisa kita lihat sangat mirip dengan gambar teaser resmi yang diunggah pihak Yamaha Taiwan, seperti ini penampakannya :

Gambar tersebut menampilkan sosok yang diduga Yamaha Force 155 facelift jika dilihat dari depan, dan Mugen Hsu mencoba menyandikannya dengan Force 155 versi curent. Ya walaupun gambarnya gak natural dan terkesan seperti editan, tapi warganet disana cukup meyakini jika gambar tersebut direka ulang berdasarkan penampakan aslinya.

Dan satu lagi, penampakan motor ini jika dilihat dari samping, seperti ini penampakannya :

Coba bandingkan dengan Force 155 versi current :

Baca : Yamaha Force 155 Rilis di Taiwan, Maxi Skutik 155cc Dengan Suspensi Monoshock dan Dek Rata

Secara keseluruhan desainnya jelas berbeda konsep, Force 155 baru cenderung lebih terlihat elegan dengan lekukan yang gak terlelu tajam seperti versi sebelumnya. Yang jelas kerasa adalah perubahan body belakang dan juga model suspensi belakang.

Apakah hal ini merupakan sebuah “downgrade” yang dilakukan Yamaha? Tentunya Yamaha pasti akan punya alasan tersendiri mengapa mereka melakukan radikal pada produknya. Kalo boleh saya tebak sih, mungkin karena menekan cost produksi, atau mungkin juga untuk mengejar kenyamanan dan mengesampingkan estetika tampilan visual. IMHO.

Tapi sebenarnya motor ini justru melakukan upgrade di bagian mesin, yang dimana Force 155 baru ini akan punya mesin baru yang sama dipakai oleh Nmax dan Aerox yang sudah berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang tentunya akan lebih baik dari segi performa. Mungkin inilah yang menyebabkan motor ini menggunakan model dual shcok karena mesin Yamaha baru ini memiliki dudukan braket suspensi dibagian CVT, bukan diatas crankcase seperti model sebelumnya.

Walaupun harus diakui, model skutik dengan horizontal suspension ini akan meningkatkan tampilan visual menjadi lebih sporty, apalagi model seperti ini menjadi trend yang diciptakan oleh Yamaha sehingga banyak pabrikan lain muncul dengan konsep serupa belakang, seperti SYM DRG BT juga yang kemarin baru rilis Kymco KRV 180.

Nah, infonya calon motor baru yang diduga Force 155 facelift ini akan rilis tanggal 13 Oktober mendatang, tapi ingat ya, motor ini bukan rilis di Indonesia, melainkan di negara Taiwan. Jangan ngarep motor ini akan hadir disini, karena jangankan Indonesia, Jepang saja yang merupakan negara asal Yamaha gak jualan motor ini, seperti halnya Suzuki Saluto, yang hanya dijual secara endemic di Taiwan saja, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

Komen Gratis !