Lagi… Gambar Patent Suzuki 2 Silinder, Calon Pengganti SV650?

Warungasep.net – Sampai saat ini belum ada motor bermesin baru dari Suzuki, setiap tahun cuma model baru berkosmetik tapi dengan basic mesin yang rangka yang sudah ada selama beberapa dekade terakhir. Terkecuali mungkin mesin baru yang dipakai Gixxer 250cc, itu pun cuma satu silinder. Tapi kali ini lagi-lagi muncul gambar patent Suzuki bermesin 2 silinder, rumornya calon motor baru ini akan diposisikan sebagai pengganti moge kelas menengahnya Suzuki.

Kenapa saya bilang lagi dan lagi? Karena selama 5 tahun ini, setidaknya ada 2 gambar patent Suzuki yang sudah terungkap tapi ternyata baru sebatas proyek pengembangan, dan tak pernah diproduksi masal, diantaranya :

1. Gambar patent Suzuki Recursion 588cc 2 silinder berteknologi Supercharger, Baca : Desain Patent Terbaru Suzuki Recursion, Gak Jadi Pakai Turbocharged? Tapi Supercharged…

2. Gambar patent calon pasaing CBR250RR dari Suzuki yang diduga GSX-R250 , Baca lengkapnya : Inikah Gambar Patent GSX-R250 Pesaing CBR250RR dari Suzuki???

Patent GSX-R250

Dan baru-baru ini muncul lagi gambar patent baru yang menggunakan mesin berkonfigurasi inline twin silinder, seperti ini penampakannya :

Terlihat model calon motor baru Suzuki yang masih gambar patent ini terlihat baru dan benar-benar berbeda, strukturnya sangat sederhana, dengan rangka model perimeter pipa yang cukup besar tapi tanpa saling silang seperti model motor ber-frame teralis kekinian dan model sub frame bolt-on yang disambung dengan baut.

Yang menarik, menurut sumbernya yaitu Bennents.co.uk motor ini diduga menggendong mesin di rentang 700cc an dan merupakan calon pengganti Suzuki SV650 di kelas medium. Ini membuktikan jika sepertinya Suzuki memberikan perubahan radikal terhadap model baru mereka, bandingkan saja, jika SV650 begitu tampil classic dengan rangka teralis saling silang juga mesin V twin 650cc-nya yang eksotis, akan digantikan dengan mesin 2 silinder dan rangka yang lebih simple, sepertinya ini bertujuan untuk membuatnya lebih ringan, dan murah!

Dari segi performa, diprediksi motor ini akan memberikan perlawanan, terutama di kelas ini sudah muncul lebih dulu seperti Yamaha MT-07 yang bahkan dibikin versi fairingnya Yamaha R7, atau mungkin juga untuk mengejar motor terkencang di kelas ini seperti Aprilia RS660 bertenaga 100 hp.

Baca : Suzuki SV650 2020 Pakai Rangka Merah, Moge Suzuki Mesin V-Twin Edisi Terakhir ?

Untuk itu alih-alih menggunakan Supercharger atau Turbocharger seperti di model konsep Suzuki Recursion yang cuma jadi prototype sepanjang masa, Suzuki mengakali performa motor ini supaya lebih kompetitif salah satunya dengan box filter yang lebih besar.

Tapi, seperti biasanya, model konsep maupun gambar patent cuma sekedar berita di dunia maya saja, jarang banget untuk diproduksi masal. Tapi masih ingat rumor sebelumnya tentang Gosip Suzuki GSX-R660 Buat Lawan Yamaha R7 dan Aprilia RS660 ? , sepertinya motor inilah yang dimaksud. Kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

a

Be the first to comment

Komen Gratis !