QJMotor FORT 350, Satu Lagi Maxi Skutik Bermesin BMW ?

Warungasep.net – Motor ini belum rilis, tapi sosoknya sudah dipajang di pameran bahkan didaftarkan patentnya biar gak dijiplak. Inilah QJMotor FORT 350, satu calon motor baru yang akan mengisi segmen maxi skutik di kelas 350cc. Dan yang menarik maxi skutik asal Tiongkok ini ternyata akan menggunakan basis mesin dari dari BMW.

Motor ini dipajang di pameran CIMA Motor yang berlangsung September kemarin, namun sayangnya gak viral karena mungkin tidak begitu menarik di kalangan netizen ataupun pengungjung, penyebabnya karena di event yang sama lahir 2 maxi skutik di kelas yang sama yaitu Voge LX350T dan juga si jiplakan ADV, Longjia X-DV 300.

Kedua skutik 300cc tersebut mungkin punya tampilan yang lebih menarik sehingga maxi skutik QJMotor ini kalah pamor.Dan memang benar, dari segi tampilan bisa dibilang biasa saja, gak ada sisi keunikannya yang memikat konsumen. coba pemirsa perhatikan :

Tampang depannya seperti perpaduan BMW C series dengan lampu Yamaha XMax, windshilednya masih manual, pasti kalah sama Forza 350 yang paling canggih di kelas yang sama, lekukan body walaupun serba tajam dan dimensinya besar tapi cenderung biasa saja, kombinasi warnanya pun cenderung elegan. berbeda dengan produk QJMotor di segmen sport yang punya keunikan tersendiri.

Keunggulan QJMotor Fort 350 ini ada pada segi pengeram yang dimana sudah mengadopsi model double front disc brake yang sudah ABS, kemudian panel speedometer yang sepertinya lebih canggih dan satu lagi yang menonjol dari motor ini adalah dari segi performa.

Yupz, ada indikasi jika QJMotor akan menggunakan platform mesin yang sama digunakan oleh BMW C400 series. Dan mesin ini juga ternyata sudah digunakan lebih dulu oleh Voge, lewat produk LX350T-nya. Jadi ada 4 motor yang pakai basic mesin yang sama, 2 dipakai BMW, kemudian Voge dan QJMotor.

QJmotor yang merupakan pabrikan dari QianJiang group sebenarnya cukup kuat dari segi sumber daya, mereka menjadi pabrikan yang punya banyak line up produk, dari mulai motor 1 silinder hingga 4 silinder semua ada, tapi untuk skutik mereka baru punya produk skutik di kelas 125cc dan 150cc, dan untuk 250 sampai 350cc mereka sepertinya tidak mengembangkannya, dan memilih menggunakan mesin lain. Toh sebenarnya, mesin BMW sendiri ternyata hasil kerjasama dengan perusahaan asal Tiongkok yaitu Loncin, maka bisa dibilang QJMotor ini pakai mesin Loncin yang juga dipakai oleh skutik BMW.

Dan berbeda dengan Voge yang ternyata mengalami downgrade, QJMotor Fort 350 justru sangat identik dengan BMW C400 series, itu terungkat dari patent yang mereka daftarkan sehingga terkuak beberapa detail spesifikasinya, mengusung mesin 350cc bertenaga 25 Kw.

Terakhir, motor ini baru sebatas diperkenalkan dan didaftrkan patentnya. Belum diketahui berapa bandrolnya karena memang belum dirilis. Jadi, jika pemirsa lihat maxi skutik aneh bermesin mirip BMW C400X misalnya, jangan kaget karena infonya sudah tahu di blog ini, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

Komen Gratis !