CFMoto SR-21, Konsep Motor Sport Fairing 2 Silinder 450cc ?

Warungasep.net – Chunfeng Motorcycle atau yang lebih dikenal dengan nama CFMoto memperkenalkan motor konsep baru bernama CFMoto SR-21. Yang menarik, motor ini menggunakan platfom mesin berkonfigurasi 2 silinder dan yang menjadi bahan tebak-tebakan media adalah kubikasi mesinnya. Ada yang bilang 700cc, tapi ada juga yang bilang dibawah 500cc, mungkinkah 250cc untuk lawan CBR250RR dan Ninja 250 FI?

Pertama kita bahas desainnya. jika dilihat dari kode produknya memiliki nama SR yang memiliki arti Sport Racing, alias model ini mengusung genre sport fairing. Desainnya gak jauh beda dari produk mereka yang sudah ada sebelumnya yaitu CFMoto SR250. Coba bandingkan :

Baca : CFMoto 250SR 2020 Resmi dirilis, Intip Spesifikasi, Fitur dan Warnanya…

Bisa pemirsa perhatikan, desain headlamp, walaupun versi konsep hanya terlihat siluet garis lampu DRL, tapi shape moncong depannya, identik dengan SR250. Bedanya motor konsepnya terlihat lebih aerodinamis dengan tambahan aero winglet ala motor-motor balap.

Tak hanya itu, sepertinya Mocin CFMoto ini lebih berorientasi pada performa dibanding penampilan sehingga, ada beberapa bagian yang diupgrade sebut saja suspensi depan yang menggunakan Ohline dengan kaliper rem radial, kemudian knalpot model undertail, juga single arm ala Moge Italia. Dari sektor rangka juga terlihat ada perubahan walaupun masih mengadopsi rangka model teralis.

Yang menjadi bahasan menarik adalah soal mesinnya, pihak CFMoto tidak mengkonfirmasi perihal mesin yang dipakai oleh produk motor konsep mereka. Disinilah muncul berbagai macam spekulasi mesin apa yang akan digunakan oleh calon motor baru mereka ini.

Dari dua silinser knalpot yang digunakan, spekulasi semakin kuat jika motor ini akan menggunakan platform mesin 2 silinder. CFMoto sendiri punya banyak line up motor yang menggunakan mesin 2 silinder, tapi kesemuanya digunakan untuk motor naked juga Adventure.

Nah, spekulasi yang pertama motor ini akan masuk ke kelas Bigbike, muncul rumor jika mesin yang akan dipakai motor ini sama dengan yang digunakan oleh CFMoto CL700X atau mungkin juga untuk menunjang performanya lebih besar akan menggunakan basis mesin dari CFMoto MT800.

Tapi, muncul juga spekulasi jika motor ini akan masuk ke dalam jajaran motor kecil di kelas 250cc sebagai facelift daripada SR250 yang sudah ada. Bahkan, seperti yang kita tahu jika CFMoto akan berpartisipasi di kelas Moto3 mulai tahun depan, sehingga memperkuat jika motor ini menggunakan mesin yang dikembangkan di kelas Moto3.

Tapi, karena CFMoto tidak punya mesin 250cc 2 silinder, maka rumor tersebut terbantahkan. Dan munculah spekulasi jika mesin yang digunakan motor ini adalah mesin yang sama dipakai oleh CFMoto NK400, namun dikembangkan lagi performanya menjadi lebih tinggi, termasuk perubahan rangka yang lebih ringan, dll. Dan kubikasi mesinnya pun dikabarkan akan membengkak menjadi 450cc-500cc

Dan semua rumor tersebut baru sebatas spekulasi, karena tinggal menunggu waktu motor konsep bernama SR-21(angka 21 menunjukan tahun dimana motor konsep ini diperkenalkan) ini akan dirilis sekaligus diproduksi masal. Lebih menarik lagi, karena CFMoto juga tengah melakukan ekspansi bisnisnya ke Indonesia, sehingga rumor yang berkembang mereka akan menjual motor sport di tanah air, apakah mungkin motor ini?

Entahlah, jadi kita tunggu saja, apakah nantinya akan diberi nama CFMoto 450SR atau 500SR atau mungkin 700SR, kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

1 Comment

Komen Gratis !