Review Honda Mobilio, Low MPV Andalan Yang Kalah Pamor Dengan Brio

Warungasep.net – Kali ini kita akan melakukan review singkat tentang Honda Mobilio. Low MPV pabrikan Jepang ini memang bukan mobil yang baru di pasar otomotif Indonesia. Honda Mobilio pertama kali hadir untuk meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2014. Sejak pertama kali peluncurannya, mobil Mobilio terus mendapatkan pembaruan, baik dari segi desain maupun performa.

Generasi terbaru Honda Mobilio dihadirkan dengan tampilan eksterior yang lebih modern dan bergaya. Namun tak sedikit juga yang menyayangkannya lantaran sangat mirip dengan Brio. Bahkan ada yang bilang kalau Mobilio adalah Brio 7-seater. Bahkan berita terbarunya, pada September 2021 kemarin Honda Mobilio sama sekali tidak diproduksi lantaran krisis pasokan chip semikonduktor. Komponen tersebut dialihkan untuk kepentingan produksi Honda Brio yang permintaannya sangat tinggi.

Dan semoga review Honda Mobilio ini akan membantu kita untuk mengenal lebih dalam tentang mobil MPV yang cukup populer ini. Nah, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak review singkat Honda Mobilio berikut ini.

Dimensi Bodi Honda Mobilio

Pada bagian pertama dalam review singkat ini, kita akan membahas tentang ukuran dimensi Honda Mobilio. Mobilio diketahui memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Wheelbase alias jarak sumbu rodanya berukuran 2.650 mm. Dengan ukuran wheelbase yang cukup panjang ini, Honda Mobilio bisa memberikan ruang kabin yang lebih luas.

Sebagai mobil MPV yang memang akan lebih banyak digunakan di daerah perkotaan, ground clearance yang dimiliki Mobilio memang tidak terlalu tinggi yakni setinggi 189 mm.

Ban yang digunakan Mobilio diketahui berukuran 185/65. Peleknya sudah berbahan alloy dan memiliki diameter 15 inci. Kenyamanan dan kestabilan berkendara juga berusaha untuk dihadirkan oleh pihak Honda dengan menyematkan sistem suspensi yang mumpuni pada mobil ini. Dan yang menarik Mobilio mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Honda Mobilio

Beralih ke sisi jantung mekanisnya, semua varian Honda Mobilio ini masih menggunakan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh model sebelumnya. Mobil ini masih mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter sebagai sumber tenaga utamanya.

Mesin ini merupakan mesin 4 silinder tunggal segaris SOHC dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire (DBW). Kedua teknologi khas Honda tersebut diklaim pabrikannya mampu memberikan tenaga yang lebih besar dan akselerasi yang lebih maksimal.

Ada satu lagi teknologi yang disematkan pada Honda Mobilio generasi terbaru, yaitu Torque Boost Resonator. Teknologi ini disebut mampu meningkatkan torsi Mobilio pada putaran rendah, tetapi dengan menjaga efisiensi bahan bakarnya.

Untuk efisiensi bahan bakarnya, Mobilio juga didukung dengan fitur ECO indicator yang bisa memberi informasi kepada pengendara saat mereka berkendara dengan efisien. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pembakaran PGM-FI yang diklaim dapat membuat proses pembakaran menjadi lebih optimal.

Mesin mobil ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP dan torsi mencapai 145 Nm. Untuk transmisinya sendiri, Mobilio ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology khas Honda.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat spesifikasi mesin Honda Mobilio berikut ini.

 

Fitur Honda Mobilio

Selanjutnya dalam review singkat ini, kita beralih ke pembahasan mengenai fitur yang dimiliki oleh Honda Mobilio. Pabrikan mobil ini diketahui sudah menyematkan berbagai fitur canggih yang bisa menjamin kenyamanan dan keselamatan para konsumennya.

Sebagai fitur hiburan, Honda Mobilio mengandalkan head unit berupa Ressistive Touchscreen Display Audio berukuran 6,2 inci. Head unitnya ini dilengkapi dengan fungsi USB Port, AM/FM Radio, iPhone/iPod Compatibility, CD/DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, hingga Handsfree Telephone.

Sementara itu, pada sektor keamanan, Mobilio juga mendapatkan beberapa fitur standar. Di antaranya adalah Anti Theft Alarm System dan Engine Immobilizer. Kemudian untuk fitur keselamatan, Mobilio sudah dibekali dengan Dual Front SRS Airbags dan 3-point ELR seatbelts. Sedangkan untuk keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga sudah dibekali dengan fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX.

Terakhir, untuk sektor keamanan aktifnya, Mobilio dibekali dengan beberapa fitur standar, seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, serta Parking Sensor.

Varian dan Harga Honda Mobilio

Di bagian terakhir review singkat ini, kita akan membahas tentang harga Honda Mobilio. Untuk pasar otomotif Tanah Air, Honda Mobilio ditawarkan dalam 5 varian berbeda yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp197,6 jutaan hingga Rp250 jutaan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian harga Honda Mobilio pada tabel berikut ini.

  • Honda Mobilio S MT : Rp 197.600.000
  • Honda Mobilio E MT : Rp 217.200.000
  • Honda Mobilio E CVT : Rp 227.400.000
  • Honda Mobilio RS MT : Rp 239.800.000
  • Honda Mobilio RS CVT : Rp 250.000.000

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!