Bukan Becak, Inilah 9 Motor Roda Tiga… Dua Didepan Satu Dibelakang

Warungasep.net – Ya apalagi kalau bukan Becak namanya, kendaraan yang punya dua roda didepan dan satu roda dibelakang. Tapi sebenarnya ada banyak sepeda motor beroda tiga dari pabriknya, bukan hasil modifikasi atau pun pesanan khusus, tapi ini merupakan inovasi serta penerapan teknologi mutakhir hasil riset beberapa pabrikan otomotif sepeda motor untuk membuat pasar sepeda motor lebih unik dan lebih bervariatif.

Motor roda tiga atau yang diluar sana diberi nama kendaraan Trike atau Tricycle sendiri punya banyak model dan jenisnya. Klasifikasinya,yang pertama ada yang dua rodanya dibelakang berjenis Delta yang kebanyakan dipakai sebagai kendaraan niaga atau angkut penumpang seperti Viar Karya, Nozomi Azabu atau juga Honda Gyro.

Sedangkan yang kita bahas kali ini adalah jenis reverse atau yang disebut jenis motor tadpole trike. yang punya dua roda didepan dan satu dibelakang. Trike jenis ini diklaim memiliki system dan handling juga pengeremannya lebih baik, namun memerlukan system penggerak roda depan yang lebih kompleks sehingga tak heran jika motor jenis ini masuk ke dalam jajaran motor premium dan memiliki bandrol harga yang lebih mahal daripada motor standar.

Dan langsung saja kita kenalan dengan 9 motor roda tiga yang mungkin belum banyak yang pemirsa ketahui, cekidot ;

1. Kymco CV3

Pabrikan asal Taiwan yang satu ini tak pernah berhenti berinovasi. Mereka punya line up produk lengkap dari mulai motor kecil hingga maxi skutik moge bahkan motor listrik dan kini mereka merambah skutik roda tiga ekslusif bermesin 550cc. CV3 bisa juga disebut sebagai Kymco AK550 versi roda tiga.

Baca info lengkap tentang motor ini di : Kymco CV3 2021, Maxi Skutik Roda Tiga Bermesin 550cc 2 Silinder

2. PEUGEOT METROPOLIS

Peugeot dikenal sebagai produsen mobil canggih super nyaman, dan gak banyak yang tahu jika mereka juga punya produk sepeda motor, tak hanya roda dua, Peugeot juga punya produk roda tiga bernama Metropolis. Motor ini punya banyak varian dan kesemuanya memiliki spesifikasi mesin 399cc bertenaga 35,6 hp dan torsi 38,1 Nm.

3. TRIANGO 150

Gak banyak dikenal, Triango adalah brand asal Polandia. Triango memiliki produk dengan desain dan patent tersendiri, prduk mereka pun ada yang bermesin bensin dan juga bertenaga baterai.  Namun baru-baru ini ada info jika desain mereka direbadge oleh produsen China yang berubah nama menjadi Linhai Trinity 150.

4. ADIVA AD3 400

Motor roda tiga asal China ini lebih mengutamakan kenyamanan, terutama untuk pasar Asia dengan iklin tropis motor ini sangat cocok karena memiliki windshild yang menyatu dengan atap sehingga terhindar dari panas matahari juga terdapat fitur mirip mobil, seperti AC. dll. Mesinnya 400cc.

5. YAMAHA TRICITY

Saat ini Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan Jepang yang punya model produksi masal motor beroda tiga jenis ini. Yamaha Tricity punya 3 varian diantaranya Tricity 125cc, Tricity 155cc bermesin Nmax dan satu lagi yang kemarin kita bahas yaitu Tricity 300 yang bermesin XMAX 300cc.

6. PIAGGIO MP3

Motor roda tiga asal Italia ini punya banyak varian dari mulai yang bermesin 300cc, 400cc hingga 500cc. Harganya juga gila mahal banget, yang termurah aja menj=capai 6ribuan Euro. Desainnya elegan dan mewah.

7. DOUFENG F1 300

Buatan China, inilah motor roda tiga yang punya fitur modern seperti lampu serba LED, kunci keyless dan layar TFT berwarna. Yang menarik adalah mesinnya ternyata menggunakan mesin Aprilia SRMAX 300 bermesin 278cc.

8. Yamaha Niken

Motor ini merupakan diversifikasi dari Yamaha MT-09, Bermesin 900cc 3 silinder CP3 dengan roda tiga yang mengadopsi system LMW patent Yamaha. Motor ini bergaya sport touring dengan 4 suspensi Upside down dibagian depan.

Lengkapnya baca : Yamaha Niken, Motor 3 Roda dan 3 Silinder Rilis di TMS 2017, Versi Produksi Masal MWT-09

9. CAN-AM SPYDER

Gara-gara viral Video Baim Wong yang mengendarai roda tiga, motor ini sekarang lagi nge-hype. Padahal yang dipakai Baim adalah Can-Am Ryker. Versi lain dari Spysder. Dan keduanya sama-sama menggunakan roda tiga. Dan untuk Spyder mengusung mesin 3 silinder ROTAX 1330cc, jadi bisa dibilang motor ini Moge 3 silinder 3 roda para Sultan, karena harganya juga gila-gilaan mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, sebenarnya masih banyak motor 3 roda lainnya yang belum masuk list, bahkan ada beberapa motor roda 3 yang bentuknya mirip mobil balap seperti Slingshot dari Polaris hingga TREX. Mungkin lain kali deh kita bahas, hehe… semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

5 Comments

Komen Gratis !