Warungasep.net – Pabrikan sepeda motor legendaris asal Inggris merilis motor baru yang diberi nama Norton V4SV 2022. Motor Superbike yang dikenal dengan ke eksotisan serta kemewahannya juga ekslusif karena diproduksi terbatas ini diklaim mengalami perubahan pasca diakuisisi oleh pabrikan asal India, TVS. Apa saja perubahannya?

Ya, TVS telah mengakuisi Norton sejak tahun 2020 kemarin. Pasca momentum tersebut TVS ternyata melakukan perubahan tak hanya di bagian riset tapi juga managemen Norton yang dimasa sebelumnya mengalami berbagai masalah. Baik itu masalah distribusi sampai ke masalah teknis mesin sepeda motor milik konsumen yang tak terselesaikan.

Pasca dipegang oleh TVS, Motor inilah yang pertama kali diperkenalkan. V4SS sendiri bukan produk all new melainkan perbaikan dari Superbike sebelumnya yakni V4SS dan V4RR. Sayangnya untuk segi desainnya, sama sekali perubahan alias masih mempertahankan desain sebelumnya dengan bentuk serba bulat lampu depan dengan dual lampu bermata belo yang sekilas mirip dengan wajah Suzuki Hayabusa. Mungkin Norton mempertahankan citarasa dan estetika desain klasik pada produk mereka.

TVS ikut andil dalam perubahan teknis mesin, memperbaiki masalah pada motor sebelumnya. Norton V4SV ini masih mengusung mesin 4 silinder 1200cc berkonfigurasi V engine 72 drajat berpendingin cairan. Akibatnya powernya mengalami penurunan, versi sebelumnya diklaim mampu mencapai tenaga 200 Hp, sedangkan yang baru ini hanya 185 Hp dan torsi 125 Nm. Sayangnya mesinnya belum Euro-5, dan sepertinya memang motor ini diperuntukan untuk keperluan balap, terlihat dari desain knalpot model slash cut, namun tidak sepenuhnya murni untuk balap karena masih street legal, masih pakai lampu, spion dll.

Beragam fitur canggih dan eksotik pun tersemat pada motor pesaing sepatriat mereka seperti Triumph Speed Triple yang rilis kemarin diantaranya panel speedometer TFT 7 inchi berwarna, beragam mode riding, suspensi depan Ohlins NIX30 dan shock belakang Ohlins TTXGP, rem radial Brembo dengan cakram 330mm dan single arm belakang dengan velg forged dari OZ Racing.

Dan yang membuatnya semakin eksotis adalah karena frame aloy yang dirakit dan dilas secara manual oleh tangan manusia alias handmade dengan tingkat kepresisian tinggi oleh tangan terampil, pard body dll pun serba karbon sehingga berat motor ini cukup ringan dan diklaim memiliki berat kering 179 kg saja.

Terakhir, belum diketahui berapa bandrol harga ekslusif yang dijual terbatas ini, dan untuk varian warna Norton V4SV versi 2021 ini terdiri dari 2 varian diantaranya warna Silver Manx dan Black Carbon.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!