Husqvarna NORDEN 901 2022, Sport Adaventure Berwajah Bulat

Warungasep.net – Motor sport adventure terutama dikelas bigbike makin banyak pesaingnya. Dan kemarin telah hadir Husqvarna Norden 901 2021. Sport adventure yang berasal dari pabrikan Swedia yang punya bentuk desain yang unik terutama wajahnya yang berbentuk bulat.

Tentunya ini menjadi kombinasi yang nyeleneh, dimana model lampu bulat biasanya hadir sebagai ciri khas motor retro modern, tapi pabrikan ini justru mengaplikasikan lampu bulat yang klasik untuk genre motor sport adventure yang bisanya punya wajah yang tajam, sporty dan punya ciri khas moncong paruh burung. Dan ini menjadikan salah satu keunikan dari pabrikan yang kini diakuisisi oleh KTM tersebut.

Yupz, Husqvarna kini bagian dari pabrikan Austria, KTM. Maka jangan heran jika kini semua produk Husqvarna rata-rata memiliki basic mesin dan rangka yang sama dengan produk KTM. Bedanya keduanya memiliki idealisme konsep desain yang berbeda, dimana KTM desainnya serba tajam, nah Husqvarna lebih ke serba kotak dan hampir semua variannya punya desain lampu bulat. Sebut saja Husqvarna Svartpilen yang bergenre retro modern  yang berbagi mesin dengan KTM Duke 250 series yang bergaya street fighter futuristik.

Dan tentunya pemirsa akan bisa menebak, Husqvarna Norden 901 ini adalah versi sport adventure klasik dari KTM Adventure 890 yang sudah terlebih dahulu eksis secara global. Keduanya memiliki basis mesin dan rangka yang sama. Mesin 889cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan, powernya mencapai 105 Hp dan torsi 100 Nm.

Untuk fiturnya pun identik dengan punya KTM, seperti suspensi depan Upside down WP Apex-USD 43mm yang dipadukan dengan suspensi belakang WP Apex yang bisa disesuaikan. Bannya menggunakan ban Pirelli dengan patent dual purpose berukuran velg 18 dibagian belakang dengan ukuran 150/70 dan dibagian depan velg 21 inch dengan ukuran 90/90. Kapasitas tangkinya 19 liter dan punya bobot 204 kg.

Fitur elektroniknya tentu gak ketinggalan, walaupun lampunya bulat ala motor jadul tapi sudah full LED bagitu juga lampu rem dan seinnya. Panel meternya sudah TFT berwarna yang bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone. Beragam kontrol elektronik pun tersemat pada motor ini , diantarnya iga mode berkendara – Jalan, Off-Road dan Hujan (dan opsional mode ‘Explorer’ keempat) – dan pengaturan ABS, serta menawarkan konektivitas Bluetooth untuk panggilan, audio, dan navigasi. Kit elektronik lainnya termasuk cornering ABS, dengan mode off-road khusus, punya Traction control (dengan sembilan tingkat penyesuaian dalam mode Explorer opsional), ditambah quickshifter atas/bawah untuk memungkinkan pemindahan gigi tanpa kopling.

Untuk info lengkapnya bisa pemirsa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Teknis Husqvarna Norden 901 2022

Kapasitas mesin 889cc
Bore x Stroke 90.7mm x 68.8mm
Jenis mesin  paralel twin (2 silinder)
Detail mesin 8 katup, DOHC, berpendingin cairan
Power 103,3bhp (77kW) @ 8,000rpm
Torsi 73,76 lb-ft (100Nm) @ 6.500rpm
Transmisi 6 kecepatan, penggerak rantai
Konsumsi bahan bakar rata-rata TBA
Ukuran tangki 19 liter
Rentang maks hingga kosong (teoretis) TBA
Kapasitas cadangan TBA
Alat bantu pengendara Jalan menikung dan ABS offroad, mode pengendara, kontrol traksi yang dapat diganti, Pergeseran Mudah, kontrol jelajah
Rangka Chromium-Molibdenum-baja
Suspensi depan WP Apex-USD 43mm
Penyesuaian suspensi depan Kompresi, rebound, pramuat
Suspensi belakang WP APEX-Monoshock
Penyesuaian suspensi belakang Rebound, pramuat
Rem depan Cakram kembar 320mm, kaliper J Juan kembar empat pot yang dipasang secara radial
Rem belakang Disk tunggal 260mm, kaliper J Juan mengambang dua pot
Ban depan 90/90 R 21 Pirelli Scorpion Rally STR
Ban belakang 150/70 R 18 Pirelli Scorpion Rally STR
Rake/Jejak 64.2°/106.9mm
Jarak roda 1513mm
Ground clearance 252mm
Tinggi kursi 854/874 mm
Berat kering 204kg

Terakhir, untuk harga Norden 901 2022 ini belum diumukan, karena akan melakukan debut perdana di ajang EICMA Milan di pertengahan bulan November ini. Di dikelas yang sama, motor ini akan menjadi pesaing BMW F900XR , Yamaha Tracer 9 , Ducati Multistrada V2 juga Kawasaki Versys 1000.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

Be the first to comment

Komen Gratis !