Malaguti Mission 125 Sport Scooter Italia 125cc Bersuspensi Monshock Seharga Rp. 53 Jutaan

Warungasep.net – Sport Scooter bernama Malaguti Mission 125 kemarin rilis untuk pasar Eropa. Skutik ini punya desain estetis dan sporty keunikannya punya suspensi belakang monoshock. Dan mesinnya cuma 125cc, tentunya dikhususkan untuk pengendara pemula atau orang yang baru belajar sepeda motor. Tapi, kok desainnya kayak familiar ya? mirip motor apa gitu? ada yang tau?

Yupz, bener banget… Desainya meniru Yamaha Force 155 versi sebelum facelift. Dan desain lawas skutik Yamaha Taiwan ini kini diadopsi oleh banyak motor kloningan. Saya pun mencoba mencari tahu, apakah Malaguti ini brand asal Tiongkok?

Hasilnya cukup mengejutkan, Malaguti ternyata adalah perusahaan asal Bologna, Italia. Pabrikan ini sudah eksis sejak tahun 1930 yang didirikan oleh Antonino Malaguti. Bisa dibilang menjadi perusahaan yang cukup senior. Tapi, perusahaan yang kini berada dibawah induk KSR Group asal Austria yang juga satu grup dengan Lambretta bersama Niu dan Royal Enfield untuk pasar Eropa ini kini tidak memproduksi motor sendiri melainkan melakukan rebadge beberapa Mocin atau Motor-motor yang berasal dari Tiongkok.

Beberapa Line Up produk Malaguti yang dipajang di website resmi mereka diantaranya motor-motor produksi Zongshen-Aprilia, seperti Aprilia SR300 yang direbadge menjadi Malaguti Madison 300, kemudian Aprilia GPR150 yang dibuat versi kecilnya jadi Malaguti RST125 Sport.

Dan entah kenapa bisa, salah satu desain Yamaha bisa dipakai oleh pabrikan ini. Apakah mereka membeli desain patent Yamaha? Atau mungkin sebaliknya, Yamaha yang justru pakai desain mereka? Yang jelas Mission 125cc ini bukan salah satu motor yang menggunakan desain skutik Yamaha, sebelumnya sudah ada Linhai 175T dan juga Buck 125 yang sama-sama dijual di Eropa.

Bicara soal fitur dan spesifikasi, Yang diadopsi dari Force 155 cuma desainnya saja mungkin dengan desain lampu yang sama-sama masih pakai bohlam halogen, sedangkan untuk lainnya dibuat berbeda. diantaranya panel speedometer yang sudah full digital, eksterior depan dibawah windshield yang membentuk gril dan rem yang sudah pakai ABS.

Mesinnya sendiri berbeda dengan mesin Yamaha, kemungkinan pakai mesin Zongshen (CMIWW), Dengan kubikasi 125cc 1 silinder berpendingin cairan. Powernya mencapai 12,2 Hp pada 9500 rpm dan torsinya 10,5 Nm pada 7750 rpm. Bobot motornya sendiri cukup berat mencapai 154 kg, kapasitas tangki 7 liter dengan lubang didepan, suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock Horizontal dan kaki-kaki menggunakan ukuran ban dengan velg 13 inch 120/70 dibagian depan dan 130/70 dibagian belakang.

Terakhir, harga skutik racy Malaguti Mission 125 2021 ini dibandrol 3199 Euro atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 53,2 jutaan. Mayan mahal, dan ini artinya jika motor didatangkan secara impor ke Eropa.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

3 Comments

  1. FYI juga malaguti tahun 90 an banyak dari produknya yg pake mesin yamaha, di masa itu konon kerjasama nya bareng mbk ( yamaha Perancis)

1 Trackback / Pingback

  1. Italia Memang Jagonya Bikin Matic Sporty, Liatnya Aja Bikin Ngiri

Komen Gratis !