Yamaha Siapkan Skutik Retro Pesaing Scoopy? Semoga Desainnya Gak Mengecewakan!!!

Yamaha Grand Filano

Warungasep.net – Pasca Aerox dan Gear 125, tidak ada motor baru yang rilis di tahun ini. Bagaimana dengan tahun depan? MX-KIng 155? Sepertinya tinggal menunggu waktu karena negara tetangga sudah duluan. Dan ada satu lagi yang menarik, karena ada rumor jika Yamaha sedang mempersiapkan skutik retro untuk menjadi pesaing Honda Scoopy. Benarkah? Yuk kita coba investigasi…

Oke, jika saya boleh menebak jika motor baru Yamaha ini kemungkinan adalah facelift daripada Yamaha Fino 125. Alasannya, karena sudah lama banget Yamaha belum memberikan update pada skutik retro mereka, jelas ketinggalan sama pesaingnya Honda yang justru sudah “semakin didepan” , bahkan hadirnya Scoopy yang merupakan skutik retro Honda menjadi trend lifestyle ukhti-ukhti, atau juga para Ngebers Sunmori yang menjadikan sebuah fenomena tersendiri para bikers di tanah air. Ya mosok Yamaha gak mau ikut bagian?

Diperkuat juga dari hasil kasak kusuk wak haji TMCBlog yang menemukan kode NJKB produk misterius dari Yamaha dengan kode BEJ-AT yang terdaftar di situs SAMSAT DKI. Jika dilihat, angka NJKB yang cuma Rp 12jutaan pastinya masuk ke dalam jajaran skutik kelas Entry. Wak haji pun mencocokan kode ini dengan motor Yamaha yang sudah ada,

sumber : https://tmcblog.com/2021/11/04/yamaha-bej-at-mungkinkah-ini-yamaha-fino-ban-12-inchi/

Jika kode tersebuta adalah Freego? motor baru Yamaha tersebut punya kode B5D, sedangkan Gear 125 yang headlampnya ganteng itu kodenya B3W. Jadi BEJ bisa kita simpulkan sementara merupakan kode calon produk Yamaha yang akan rilis. Dan yang menarik jika kita lihat nilai NJKBnya, motor ini sepertinya akan punya bandrol yang menarik.

Tapi kode produk belum bisa dijadikan indikasi hadirnya motor baru. Hingga munculah berita motor baru yang lagi dites di jalanan. Info ini bersumber dari blognya cak IWB. (Sumber : https://www.iwanbanaran.com/2021/11/05/makin-misterius-matic-retro-yamaha-nongol-dengan-ciri-berbeda-dikawal-nmax-hitam/  ), yang walaupun tidak disertai foto spyshots, tapi dengan pemaparan saksi mata yang cukup jelas bisa menggambarkan secara detail calon skutik misterius yang lagi di tes Yamaha.

Menurut sumbernya, saksi mata mengatakan calon skutik misterius Yamaha tersebut lagi di tes di daerah Pantura, lebih tepatnya di daerah Banjarnegara. wah gak di Karawang lagi nih kayaknya, hehe… Nah, dari penuturannya saksi mata memergoki motor misterius tersebut memiliki ciri-ciri skutik retro, bagian belakang serba bulat mirip Vespa dengan lampu rem vertikal dan lampu sein terpisah, joknya lebar khas skutik retro dan juga pendek.

Kemudian, sang saksi mata mengatakan jika area depannya cukup unik dan sepertinya akan dibenturkan langsung dengan Scoopy, itu karena calon skutik baru Yamaha ini memiliki lampu oval LED di bagian tebeng depan, lampu seinnya terpisah tapi sayangnya, area stang justru tertutup cover bukan telanjang seperti Fino saat ini. Untuk menegaskan kesaksiannya, ia pun mencoba membuat sketsa kasar skutik yang dijumpainya, seperti ini :

Cukup menarik sih jika dilihat dari konsepnya. Walaupun jika Yamaha berani untuk mengunakan konsep lampu di stang seperti Suzuki Saluto dan Vespa, pastinya akan menjadi pembeda dari Scoopy. Dan ada tambahan lagi dari blognya wak haji, jika rumornya calon skutik retro Yamaha ini tidak lagi mengambil basic dari Yamaha Mio series, melainkan dari skutik modern Yamaha Freego. jika benar, skutik retro Yamaha ini akan memiliki kaki-kaki gambot dengan ring velg 12 inch, kemudian posisi lubang tanki didepan yang menjadikannya punya bagasi super luas di bawah jok dan mungkin juga rem ABS, tentunya akan menjadi fitur yang gak dimiliki Honda Scoopy. “Skupi bakalan ketar-ketir” kalo kata judul media online mah.

Seperti biasanya, produk Yamaha memang selalu menawarkan keunggulan lain yang gak dimiliki rivalnya. Tapi kebiasaan Yamaha sekarang yang menjadi minus dan menuai banyak kritik dari Netizen dan tentunya calon konsumen adalah di sektor desain.

“disiin kin rilitif, siliri mising-mising pistinyi birbidi’ ujar FBY.

Ya bicara soal desain memang relatif, tapi entah kenapa dan IMHO juga desain motor-motor baru Yamaha sekarang ini memang seperti downgrade, “predessecor motor Yamaha selalu jauh terlihat lebih baik desain visualnya dibanding successeornya” coba aja lihat MX-King, Vixion, Yamaha R25 dan masih banyak lagi(kecuali MT25 hehe…). Tapi itu cuma pendapat pribadi ya, pendapat pemirsa tentu akan berbeda. Ya anggap saja, Yamaha selalu punya idealisme tersendiri soal desain.

Tapi semoga saja, untuk desain calon Yamaha Fino Facelift atau mungkin namanya nanti akan berubah namanya ini  gak mengecewakan calon konsumennya. Desainnya benar-benar matang hasil riset orang-orang kompeten, menyesuaikan trend dan tentunya selera konsumen tanah air dan warga bumi pada umumnya. Ya, siapa tau Yamaha risetnya di planet Saturnus gt, makanya desainnya selalu aneh2, hehe….

Baca ; Yamaha Vinoora 125, Skutik Unik Berwajah Suneo dari Taiwan

Kapan motor baru Yamaha ini rilis? Jika melihat kebelakang sih biasanya suka ada motor baru Yamaha yang rilis di akhir tahun, tapi coba pemirsa cek, Yamaha selalu memperkenalkan motor baru di awal tahun. Jadi kita tunggu saja kejutannya, karena jika motor Yamaha sudah dites di jalanan, makan gak akan lama pastinya akan rilis. Gak sabar dong ya nunggu skutik baru Yamaha yang menjadi lawan tangguh Scoopy, waah siap-siap nih para Ngabers bakalan punya tunggangan baru, asyiik…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

a

Be the first to comment

Komen Gratis !