Yamaha MT-10 2022, Versi Naked YZF-R1 Yang Punya Wajah Baru

Warungasep.net – Menjelang akhir tahun, seperti biasanya banyak pabrikan yang merilis motor baru, salah satunya Yamaha MT-10 2022, Keluarga MT series yang merupakan versi naked dari Superbike Yamaha YZF-R1 punya tampang baru yang lebih sangar, tak hanya itu pesaing Kawasaki Z1000 juga Suzuki GSX-S1000 ini dibekali fitur-fitur canggih yang modern dan kekinian.

Yamaha MT10 2022

Pertama kita bahas desainnya dulu, sekilas memang seperti gak banyak perubahan. Tapi Yamaha MT-10 MY 2022 ini punya beberapa perubahan signifikan. Bagian detail yang paling kentara adalah bagian headlight. Masih mengusung konsep dual headlight projie LED, tapi versi terbaru ini punya shape yang lebih membulat, berbeda dengan pendahulunya yang lebih kotak dan tajam. Versi terbaru ini juga dilengkapi dengan DRL LED berbentuk alis.

Memang terlihat lebih futuristik, tapi jika dibanding versi lawas, tentunya pendahulunya justru lebih terlihat lebih agresif dan sporty. Perubahan lainnya terlihat pada desain body belakang, kini lebih mirip dengan adiknya Yamaha MT-09, lebih tajam dan simple gak banyak lekukan, begitu pun dengan area shroud, punya 2 lubang udara kiri kanan yang memang menjadi ciri khas MT Family, dan untuk MT-10 ini tentunya saja lebih fungsional karena menyalurkan asupan udara langsung kedalam ruang bakar. Yamaha menyebut system ini dengan nama ‘Acoustic Amplifier Grilles’.

Fitur Yamaha MT-10 2022

Walaupun desainnya memang terlihat menjadi biasa saja, gak ada efek wow-nya gitu, hehe… Tapi Yamaha justru menawarkan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan modern, salah satunya adalah panel speedometer TFT berwarna dan juga tambahan riding mode, quick shifter dan cruiser control yang menjadi fitur standar, bukan lagi opsional tambahan. Dan yang menarik Yamaha menambahkan inovasi lubang pentil ban horizontal. Untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

  • 4.2’’ TFT Meter with Ride Mode selection
  • Brembo Radial Master cylinder
  • Cruise Control
  • Speed Limiter
  • 998cc EU5 CP4 engine
  • Latest MT evolution design including full LED lighting
  • APSG Throttle with selectable PWR-modes
  • Titanium exhaust system
  • Up and Down Quick Shift System
  • 6-Axis IMU with full rider aids suite
  • Bridgestone S22 Tyre
  • 90° wheel air-valve

MT-10 ini walaupun bisa dibilang sebagai versi naked dari Yamaha R1, tapi gak sepenuhnya sama plek dengan Superbike, beberapa telah detuned atau disesuaikan, seperti penggunakan part yang diaman pada sosok r1 pakai bahan titanium, di motor ini dirubah menjadi besi baja biasa. kecuali knalpotnya yang menggunakan bahan Titanium, bakan sampai ke headernya. itu terlihat dari bobot yang lebih berat, motor ini mencapai 212 kg, sedangkan Yamaha R1 beratnya cuma 200 kg saja.

Spesifikasi mesin Yamaha MT-10 2022

Jangan heran jika performa mesin motor ini tentunya dibawah versi fairingnya. Walaupun sama-sama mengusung mesin 998cc 4 silinder CP4 DOHC yang sudah Euro-5, tapi power motor ini jauh dibawah R1, power puncak motor ini hanya mencapai 166 Ps, sedangkan R1 mampu mencapai 200 PS. Walaupun begitu, tenaganya ini ada peningkatan dibanding pendahulunya yang hanya 160 Ps, torsinya pun meningkat dari hanya 111 Nm menjadi 112 Nm, dan dengan perubahan tersebut motor ini diklaim lebih irit, yakni dengan jarak 14,6 km hanya membutuhkan 1 liter BBM saja.

Terakhir, untuk harga Yamaha MT10 2022 ini belum diketahui karena akan mulai dijual pada bulan Februari tahun depan. Dan untuk pilihan warnanya terdapat 3 varian diantaranya warna hitam yang dipadukan dengan warna cyan atau tosca, yang sepertinya akan menjadi trend baru di musim depan, dan dua warna lainnya antara lain warna biru dan juga hitam legam.Berikut foto studionya :

Yamaha MT10 2022 Cyan Storm
Yamaha MT10 2022 Icon Blue
Yamaha MT10 2022 Tech Black

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !