Review Motor Sport Adventure Touring 150cc Pertama di Indonesia [Video]

Warungasep.net – Honda CB150X adalah motor yang diklaim sebagai motor sport adventure touring pertama di kelas 150cc di Indonesia, dan yang mengejutkan ternyata AHM adalah pionir di kelas ini. Jarang-jarang kan AHM rilis produk baru yang belum pernah ada dan sekaligus pelopor, karena memang pabrikan lainnya belum pernah punya produk di segmen ini terutama di kelas 150cc. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata motor ini justru belum pernah ada bocorannya, ehh tiba-tiba rilis gitu aja, hehe…

Bayangkan saja, gosip yang menyeruak justru adalah Vario facelift, bahkan sebelumnya beberapa blogger justru menggosipkan CB150 bergaya retro, bukan adventure seperti ini. Jadi ini benar-benar kejutan banget.

Saat motor ini rilis, tentu akan ada pertanyaan, kok bisa sih AHM berani menjadi pelopor di segmen baru, apa gak kapok soal Honda CS1 di masa lalu? Soalnya seperti yang kita tahu AHM dalam hal ini Honda di Indonesia justru kebanyakan produknya adalah pengikut atau pengisi segmen yang sudah ada. Untuk menjawab hal ini, tentu AHM sudah menjawab, tapi untuk membahas hal itu akan saya posting di artikel berikutnya, sedangkan di kelas ini saya akan bahas mengenai review detail fisik Honda CB150X saat saya temui di perilisannya hari Jum’at kemarin di BSD Serpong Tangerang.

Saat saya lihat pertama kalinya, Honda CB150X ini memiliki aura yang sama dengan bigbike Honda CB500X. Karena memang mengusung konsep yang sama, yakni sport touring adventure, 3 genre yang disatukan, sport yang berarti motor ini mengusung desain sporty dengan half fairing lengkap dengan windscreen untuk menahan terpaan angin, kemudian konsep touring karena motor ini dibuat untuk konsumen yang hobi perjalanan touring dan konsep adventure karena motor ini mengusung tema ala motor adventure seperti moncong depan dengan model front cowl ala paruh bebek dan posture yang tinggi/jangkung.

Sayangnya ciri khas Honda ini selalu menggunakan part plastik ekterior dengan tekstur kulit jeruk pada detailing produknya. Bukan masalah materialnya sih, memang cukup solid dan gak terlalu ringkih juga tapi lebih kepada warnanya yang dimana pada jangka waktu yang lama cenderung mudah pudar, apalagi jika sering dijemur dibawah mata hari, mudah mbladus gitulah istilahnya…

Tak sulit untuk AHM membuat tampilan fisik motor ini menjadi tampak seperti CB500X, racikan desain half fairingnya memiliki detailing dengan lekukan yang sporty dan serba tajam, sesuai selera bikers tanah air. tentu Honda sangat ahli dalam hal ini, AHM hanya menempelkan reflektor lampu depan pun masih sama plek dengan CB150R sebagai basicnya. tanpa mendesain ulang lagi. Cuma diberi tambahan windscreen tinggi untuk menahan tempaan angin saat riding dan juga susepensi depan Upside down yang lebih tinggi, membuat tampilannya lebih moge look. Suspensinya ini masih pakai model SFF-BF yang sama dengan yang digunakan di semua moge baru Honda.

Ditambah lagi, karena kini AHM menggunakan konsep tangki BBM yang dibungkus cover plastik tentu sangat mudah untuk menyesuaikan bentuknya sehingga bisa lebih terlihat berotot, lebih lebar tetapi masih bisa terlihat proporsional.

Kebanyakan part yang menempel pada sosok CB150X ini masih sama seperti CB150R. tak hanya lampu depan, rangka dan juga mesin, body belakang serta kaki-kaki seperti ukuran ban dan velgnya identik dengan CB150R. Sedikit perbedaan mungkin terlihat dari stang kemudi model tappered handle bar yang sedikit lebih lebar dan lebih tinggi sehingga lebih ergonomis juga tambahan undercowl yang didesain ala motor adventure dan ada perubahan ground clearance yang sedikit lebih tinggi sehingga aman dari polisi tidur atau jalanan rusak.

Lampu serba LED baik lampu depan, rem hingga lampu sein tentu menjadi salah satu keunggulan produk Honda saat ini, karena pabrikan lainnya masih setia dengan lampu sein bohlam biasa yang jadul. panel speedometernya pun sama seperti CB150R namun posisinya dibuat lebih tinggi dibawah windshield.

Sayangnya, walaupun motor ini mengusung konsep adventure, untuk kaki-kakinya terutama ban masih menggunakan ban tipe asal biasa dan juga velg cast wheel, bukan ban dual purpose atau velg jari-jari seperti motor adventure pada umumnya. Inilah mungkin yang membuatnya mengusung konsep motor sport adevnture touring, yang kalo diterjemahkan mungkin sebenarnya motor buat touring yang bergaya adventure.

Untuk mesinnya sendiri, AHM belum mengumumkan spek resmi motor ini. tapi yang jelas motor ini menggunakan kombinasi mesin dan rangka model teralis yang sama dengan produk Honda lainnya seperti CB150R maupun CBR150R yang tentunya yang diatur ulang dari segi ECMnya untuk mendapatkan karakter yang lebih baik diputaran bawah. Masih penasaran pastinya, dan untuk menjawab hal ini mungkin kita akan ketahui saat AHM mengumumkan harga dan spek resminya di event selanjutnya.

Nah itu dia review fisik Honda CB150X yang merupakan motor sport adventure touring 150cc pertama dari Honda di Indonesia. sedangkan untuk review ridingnya belum ada, sehingga belum diketahui bagaimana impresi riding, maupun performa mesinnya. Semoga berguna…

Untuk melihat lebih detailnya pemirsa bisa lihat tambahan videonya dibawah ini :

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !