Kenapa Sekarang AHM Berani Jadi Pembuka Segmen Baru di Indonesia? Begini Jawabannya

Warungasep.net – Saat perilisan Honda CB150X di BSD Serpong kemarin, kami para Blogger dan Vlogger diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada AHM sebagai produsen motor Honda di Indonesia. Salah satu yang bikin penasaran adalah, kenapa kok sekarang AHM berani buka segmen atau kelas motor baru di Indonesia, soalnya seperti kita tahu jika AHM dari dulu selalu hadir sebagai pengekor, atau punya strategi ATM (Amati Tiru Modifikasi) sehingga produk yang mereka selalu hadir belakangan.

Lihat saja lahirnya skutik jutaan umat, Honda Beat yang hadir setelah 5 tahun eksisnya Mio. CB150R yang justru hadir barengan dengan faceliftny aVixion, Belum lagi PCX lokal yang datang beberapa tahun setelah Nmax. Tak hanya hadir belakangan, Honda juga selalu berhasil mendominasi setiap segmen yang sudah ada dan berhasil menumbangkan lawannya. Masih ingat CRF150L yang hadir untuk mengalahkan Kawasaki KLX150, begitu juga dengan CBR150R yang unggul dari segi penjualan dari Yamaha R15. Yang justru kasihan adalah Satria F150 yang merupakan tulang punggungnya Suzuki Indonesia, kok tega banget AHM merilis Sonic 150R, hehe…

Tapi sekarang, setelah AHM menguasai lebih dari 75 persen pangsa pasar (Baca : Honda Jual 2,7 Juta Unit Motor Baru Selama Januari – September 2021 ), sepertinya mereka punya langkah berani untuk membuka dan menjadi pioner di segmen baru. Sebenarnya CB150X juga bukanlah produk pertama yang membuka kelas baru yang belum ada pesaingnya, sebelumnya AHM sudah lebih dulu menghadirkan Honda ADV150, segmen baru skutik bergaya adventure tak hanya di Indonesia, tapi juga jadi trend setter baru di dunia, karena setelahnya muncul beberapa pesaing baru bahkan kloningannya (baca : 7 Tiruan Honda ADV150 Yang Lebih Keren Dan Lebih Canggih ).

Nah, pada sesi tanya jawab bersama pihak AHM, kami pun memberikan salah satu pertanyaan tentang “mengapa AHM berani masuk ke segmen baru yang belum pernah ada sebelumnya”, dan berikut jawabannya.

Mengapa AHM sekarang nyolong start dan berani duluan membuka segmen baru yang belum pernah ada sebelumnya?

“Jadi gini, kami AHM selalu melakukan survei terhadap konsumen, dan motor sport tentu banyak tipenya, karena memang konsumen yang menginginkan produk kita itu bukan cuma untuk transportasi, tapi juga untuk hobi maupun lifestyle, kita melihat banyaknya konsumen yang suka touring dan menjelajah ke berbagai tempat. Dan kita coba hadirkan di produk kita, tujuannya untuk memuaskan konsumen Honda, dan target marketnya sendiri buat orang-orang yang suka sport adventure” Jawab Fahreza yang menjabat di divisi RnD AHM.

AHM pun kita coba cecar pertanyaan lainnya, seperti tentang modifikasi dan masalah teknis lainnya. Lengkapnya, berikut ini adalah rangkuman sesi tanya jawab bersama AHM seputar CB150X.

Bisa gak half fairing CB150X dipakai Honda CB150R secara PNP?

“kalo ditanya bisa gak, tentu saja bisa, tapi banyak seskali yang disesuaikan stay-staynya, dan kami tidak merekomendasikan itu, jadi lebih baik beli saja yang baru, hehe…”

Berapa harga resmi Honda CB150X ?

“Untuk harga berada di range 32 sampai 35 juta, nanti akan infokan harga finalnya, bagi yg berminat bisa pesan sekarang bisa dilakukan di dealer maupun bisa langsung di GIIAS, oh ya kita juga memajang motor ini di GIIAS, sehingga konsumen bisa melihat langsung unitnya disana” ungkap pak Antok Yuniarso selaku GM HC3 AHM.

Motor adventure biasanya suka banyak konsumen yang memodifikasi, apakah aman jika nantinya mereka memasang aksesories seperti top box dll yang akan menambah beban untuk motornya?

“Intinya dari sisi frame dan semuanya sudah kami rancang untuk motor adventure maupun konsumen yang suka turing, jadi pastinya ketika konsumen menambah aksesories itu sudah kami pertimbangkan” jawab Fahreza.

Apakah ada perbedaan karakter mesin dengan CB150R?

“Sepeda motor ini dirancang untuk adventure, sehingga akan cukup kuat di putaran bawah dan menengah, jadi buat karakter perjalanan jauh, sangat cocok.”

Kenapa AHM tidak menyediakan versi ABS?

“Nanti kita akan study lagi, kita lihat bagaimana keingin konsumen dan itu akan jadi masukan lagi buat kita”.

Berapa target penjualan dan target konsumen Honda CB150X ?

“Secara volume kita targetkan terjual 20 ribu unit setahun, untuk target pasarnya tentu untuk konsumen yang suka petualang dan suka motor sport adventure dan juga motor touring, konsumen seperti itu bisa muda, menengah atau konsumen orang tua, jadi tak menutup kemungkinan bisa digunakan oleh semua umur terutama yang suka motor adventure” tutup Fahreza.

Be the first to comment

Komen Gratis !