Final WSBK Indonesia 2021 : Rea 2 Kali Menang Tapi Toprak Juara Dunia !

Warungasep.net -Sirkuit Mandalika yang merupakan sirkuit baru kebanggaan Indonesia menggelar Final WSBK 2021, dan disini menjadi saksi sejarah lahirnya juara dunia baru yang kini direngkuh oleh pembalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu. Ya, pembalap team Pata Yamaha ini berhasil unggul poin dan mengunci gelar sejak race pertama sekaligus mematahkan dominasi Jonathan Rea yang menjadi juara dunia selama 7 tahun berturut-turut. Walaupun begitu, Rea masih membuktikan dirinya masih yang terbaik, karena selama 2 race digelar, Rea berhasil memenangkan podium pertama.Di gelaran Final WSBK hanya berlangsung sebanyak 2 race tanpa race Superpole seperti biasanya. Hal ini dikarenakan race pertama gagal digelar di hari Sabtu kemarin yang kemudian direschedule menjadi hanya ada race 1 dan 2 di hari Minggu.

Race pertama, pertarungan Rea, Toprak dan Redding berlangsung dalam kondisi kering. Rea berhasil menjadi juara, sedangkan Toprak berhasil podium 2 setelah kalahkan Redding. Di race pertama ini pun Toprak berhasil unggul poin dari Rea, sehingga langsung mengunci gelar juara dunia.

Sedangkan di Race kedua, balapan berlangsung selama 12 lap yang sempat tertunda, lagi-lagi karena hujan… Dan walaupun kompetisi digelar diatas lintasan basah pada Minggu sore tapi aksi overtake banyak terjadi.

Di awal race, Toprak sempat memimpin, namun beberapa lap awal Rea langsung memimpin. Rea bertarung ketat dengan Redding untuk mendapatkan posisi terdepan, sedangkan Toprak justru mendapat perlawanan ketat dari Van Der Mark.

Hingga akhir lap, Rea dan Redding silih berganti mengisi posisi depan, namun dilintasan basah Redding yang memacu Ducati Panigale harus mengakui keunggulan Rea diatas Kawasaki ZX10RR. Alhasil, Rea berhasil mempin garis pertama, disusul Redding diposisi ke-2.

Sedangkan Toprak yang membawa Yamaha R1 berhasil gagal podium karena dikalahkan BMW S1000RR yang dibawa Van Der Mark yang berhasil merengkuh podium 3. Rea menurup musim 2021 ini dengan mendapat 2 kali kemenangan, dan Toprak berhasil menjadi juara dunia, itu semua terjadi di sirkuit Mandalika Indonesia. Mantap…

Untuk melihat hasil kedua race pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Hasil Race 1 Final WSBK 2021

Hasil Race 2 Final WSBK 2021

Dengan hasil tersebut, Toprak memimpin dengan selisih hanya 13 poin dari Rea yang musim ini harus puas menjadi runner up, yang menarik nomor start balap Rea pun langsung diganti bukanlah lagi nomor 1 sesuai balapan Final tadi. Redding berada diposisi 3 klasemen, diatas pembalap Rookie Locatelli, Ruben dan Vandermark.

Jika ada yang tanya, dimana Honda? Alvaro Bautista masih gagal membawa CBR1000RR-R leih baik tahun ini dan hanya menempati urutan ke-10. Wah, baik Motogp maupun WSBK Honda lagi terpuruk nih ya, hehe… Tapi sebaliknya, Yamaha di Motogp juara dunia dan di WSBK juga juara… Mantap, selamat buat Yamaha… Dan berikut hasil klasemen akhir WSBK 2021 :

Klasemen WSBK 2021

Oh ya, jika ada yang tanya, ada gak sih pembalap Indonesia yang ikutan WSBK? Untuk saat ini belum ada, tapi di kelas WSSP 600cc, Ada Galang Hendra yang ikut balapan menggunakan Yamha R6. Di race pertama, Galang gagal finish, tapi di race ke-2 pembalap team Ten Kate Racing ini finish diposisi ke-13.

Dengan hasil tersebut Galang hanya bertengger diposisi ke-21 klasemen yang di musim ini juara dunia di kelas WSSP dimenangkan oleh rekan setim Galang asal Swiss, Dominique Aegerter.

Klasemen WSSP 2021

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !