MV Agusta Lucky Explorer, 2 Moge Adventure Desain Italia, Mesin China, Meniru Jepang ?

Warungasep.net – MV-Agusta merilis 2 moge adventure di EICMA Milan, mengusung nama MV Agusta Lucky Explorer, motor ini terinspirasi dari desain motor legendaris Italia, Cagiva. Tapi mesinnya justru menggunakan mesin dari pabrikan China dan beberapa fiturnya malah meniru teknologi motor Jepang. Penasaran? Yuk kita kupas…

1. MV Agusta Lucky Explorer 9.5

Menggunakan nama “Lucky Explorer”  sebagai penghormatan terhadap model replika motor reli legendaris asal Italia yaitu Cagiva Elefant Lucky Explorer, sehingga memiliki stripe grafis dan skema warna yang sama yakni sponsor Lucky Strike. Desain bodyworknya juga disesuaikan menjadi lebih terlihat modern dan sporty, juga lebih terlihat futuristik terutama desain headlamp dan half fairingnya yang menggunakan model dual headlight yang sekilas mirip dengan motor adventure Jepang, Honda Afrika Twin.

2 Moge Adventure ini diberi nama sesuai kubikasi mesinnya, yang pertama kita bahas yang paling gede… Namanya MV Agusta Lucky Explorer 9.5. Mengusung yang sama dengan MV-Agusta F3 atau juga Dragster dan Brutale namun dibore up dari semula cuma 800cc menjadi 930cc 3 silinder. Sayangnya powernya justru lebih rendah jadi cuma 123 Hp/10ribu Rpm, stapi karena motor ini digunakan untuk aktifitas adventure torsinya justru meningkat menjadi 102 Nm/7000 rpm

Tak hanya mesin, MV juga mengembangkan rangka dan kaki-kaki yang siap diajak berpetualang di dua alam. ban-nya pakai model dual purpose lengkap dengan pelek jari-jari. Fitur-fiturnya juga lebih canggih dan modern diantaranya layar TFT 7 inci yang bisa terkoneksi dengan Bluetooth, cruise control, launch control, traction control 8 tingkat, dan GPS. Remnya sudah ABS dan kalipernya dari Brembo.

Dan tak hanya model lampu depannya yang dibuat dengan Africa Twin, Tapi MV-Agusta Lucky Explorer 9.5 ini juga dijual dalam 2 tipe, diantaranya tipe kopling manual yang juga dilengkapi quickshifter dan satu lagi tipe kopling otomatis rekluse yang menggunakan opsi perpindahan gigi secara elektronik, yaa mungkin jika di Africa Twin ini adalah varian DCT-nya MV Agusta, hehe…

Lho, terus jika memang ini pakai mesin-nya MV Agusta kok di judul disebut pakai mesin China? Ya karena dari 2 moge adventure yang kita bahas ini salah satunya menggunakan basic mesin dari Mocin alias motor China, ini dia motornya :

2. MV Agusta Lucky Explorer 5.5

Dari angkanya sendiri, pemirsa bisa menebak motor ini bisa dibilang varian paling kecil. Ya, mesinnya cuma 550cc 2 silinder dengan power sebesar 47 Hp yang tentunya ramah buat pengendara pemula atau yang di Eropa di klasifikasikan sebagai kelas A2.

Dan jangan kaget jika motor adventure MV Agusta ini ternyata menggunakan basic dari motor QJMotor yaitu QJMotor SRT500 yang di bore up dari semula cuma 500cc menjadi 550cc. Oh ya, basic mesin motor ini juga dipakai oleh anak perusahaan QianJiang lainnya yaitu Benelli lewat produk Benelli TRK 502.

Kenapa bisa pakai mesin China, karena sejak tahun lalu ternyata MV-agusta melakukan kerjasama dengan QianJiang dan motor yang kita bahas ini adalah hasilnya. Beberapa detail part yang terpasang di motor ini akan sangat berbeda dengan standar MV, diantaranya suspensi yang menggunakan part dari KYB juga rem ABS dari Bosch.

Oh ya, jika ada yang tanya kenapa kok MV Agusta menggunakan desain dan membangkitkan livery legend motor dari Cagiva? Itu karena pada event balap Paris-Dakar Cagiva di tahun 1980-an dan awal 90-an, Cagiva, Ducati, dan MV Agusta adalah bagian dari kerajaan sepeda motor Castiglioni. Cagiva Elefant menggunakan mesin Ducati V-twin. Namun, ketika Ducati dijual ke grup Texas Pacific di tahun 90-an, Claudio Castiglioni tetap memegang merek Cagiva dan MV, menggunakan uang penjualan untuk meluncurkan kembali MV Agusta dan mengembangkan superbike F4. Sekarang, dengan nama merek Cagiva baik Ducati dan MV Agusta dapat secara sah menikmati sejarah kejayaan mereka di masa lalu. semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

3 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Benelli TRK800 2022, Moge Adventure Italia-China Bermesin 2 Silinder - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !