Kawasaki Ninja H2 SX 2022, Motor Jepang Pertama Yang Pakai Teknologi Radar

Warungasep.net – Kawasaki Ninja H2 SX 2022 menjadi satu diantara motor baru pabrikan geng ijo yang dirilis di pameran EICMA Milan. Menghadirkan inovasi dan fitur baru yang menjadikannya pelopor motor Jepang pertama yang mengaplikasikan teknologi radar. Wah mau perang nih, pake radar segala? hehe…

Moge baru Kawasaki ini adalah diversifikasi dari motor Supercharger 4 silinder Ninja H2 series yang dimana jika H2 dan H2R punya model sport fairing, kemudian Kawasaki Z H2 versi naked-nya, sedangkan Ninja H2 SX mengusung konsep motor sport touring.

Mendapat update berupa fitur baru karena kini motor di segmen ini punya banyak pesaing, apalagi pasca hadirnya 2 rival dari Jepang yang rilis tahun yaitu Suzuki GSX-S1000GT dan Honda NT1100 membuat Kawasaki harus punya value lebih untuk produk andalannya ini.

Dipilihlah teknologi Radar, sebenarnya fitur ini sudah ada sebelumnya di motor-motor Eropa salah satunya Ducati Multistrada V4 dan BMW R125RT. Dan Kawasaki menjadi pelopor motor Jepang yang mengaplikasikan fitur ini. Adapun radar yang dipakai ini bukan piranti buat kapal perang, melainkan fitur lebih advance dari cruise control yang memang sudah ada sebelumnya. Yang menarik baik radar yang dipakai oleh Kawasaki maupun motor Eropa sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Jerman, Bosch.

Perbedaannya, radar yang dipakai Kawasaki memiliki 3 keunggulan fitur, diantaranya :

  • FCW (Forward Collision Warning), yang memungkinkan pengendara untuk memilih jarak aman berikut yang ingin  dipertahankan, dari tiga pengaturan fitur ini  memberikan peringatan di atas instrumen jika Anda melanggar batas pengaman itu. Ini secara efektif merupakan mode pasif, karena sepenuhnya bergantung pada pengendara untuk bereaksi.
  • Kedua, ada Adaptive Cruise Control (ACC), yang sekali lagi memiliki tiga pengaturan jarak dan memungkinkan Anda mengatur cruise control untuk menjaga jarak tersebut ke kendaraan di depan. Jika berakselerasi, begitu juga H2 SX (sampai kecepatan apa pun yang Anda atur semula), dan jika kendaraan di depan melambat, H2 SX akan melambat atau bahkan mengerem untuk mempertahankan jarak tersebut.
  • BSD (Blind Spot Detection), yang merupakan radar yang dipasang dibelakang motor lebih tepatnya diatas spakbor belakang yang memberikan memberikan sinyal di kaca spion yang sesuai jika kendaraan lain mengintai di titik buta.

Dan dengan tambahan fitur tersebut, ada perubahan tampilan depan dari H2SX, pemirsa bisa perhatikan bagian mukanya ini terlihat lebih tumpul dibandingkan versi sebelumnya, itu karena sensor radar ditempatkan di bagian tengah sehingga posisi lampu utama yang semula bentuknya vertikal, menjadi lebih kecil dengan satu projie LED, sementara disampingnya merupakan posisi lubang air scoop yang menyalurkan udara langsung ke mesin. Dan untuk tipe SE motor ini diberi tambahan lampu cornering dibagian samping kiri-kanan body.

Perubahan juga terdapat di area knalpot, itu karena H2SX sekarang sudah patuh regulasi Euro-5 sehingga bentuk knalpot berubah menjadi lebih panjang. Mengusung mesin 998cc 4 silinder DOHC dengan teknologi Supercharger yang mampu mencapai power maksimum 200 PS dan torsi 137 Nm.  Untuk lebih lengkapnya pemirsa bia lihat di bawah ini :

Spesifikasi Kawasaki Ninja H2 SX 2022 :

Jenis mesin : Liquid-cooled, DOHC, 16 katup, 4-stroke In-Line Four dengan Supercharger
Kubikasi mesin : 998 cc
Bore x stroke : 76,0 x 55,0 mm
Rasio kompresi : 11.2: 1
Daya maksimum : 147,1 kW {200 PS} / 11.000 rpm
Torsi maksimum : 137.3 N • m {14 kgf • m} / 9,500 rpm
Sistem bahan bakar : Injeksi bahan bakar: Ø 40 mm x 4 dengan injeksi ganda
Starter : Listrik
Pelumasan : Tipe basah dengan oli pendingin
Transmisi : 6-speed, return, dog-ring
Kopling :Basah multi-disc, manual
Rangka : Teralis, baja dengan tensile tinggi dengan Swingarm Mounting Plate
Ban depan : 120 / 70ZR17M / C (58W)
Ban, belakang : 200 / 55ZR17M / C (75W)
P x L x T :2,135 x 775 x 1,205 mm
Jarak roda : 1,480 mm
Ground clearance : 130 mm
Kapasitas bahan bakar : 19 liter
Tinggi Jok : 835 mm
Berat : 256 kg

Sedangkan untuk fiturnya, H2 SX punya tambahan fitur panel speedometer TFT warna yang bisa terhubung dengan aplikasi SPIN, juga dilengkapi fitur unggulan lainnya diantaranya :

Fitur Kawasaki Ninja H2 SX 2022

  • LED Cornering Lights(hanya di varian SE)
  • ERGO-FIT adalah sistem antarmuka yang memungkinkan berbagai pengendara merasakannya dengan mesin mereka.
  • KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System) adalah sistem rem presisi tinggi yang dirancang khusus untuk model supersport, menawarkan pengereman yang sangat efisien sambil menjaga nuansa alami.
  • KCMF (Kawasaki Cornering Management Function)
  • Electronic Throttle Valves
  • IMU – Inertial Measurement Unit
  • Assist & Slipper Clutch
  • 3-Mode KTRC (Kawasaki TRaction Control), sistem kontrol traksi Kawasaki yang paling canggih, menawarkan pilihan mode yang sesuai dengan berbagai situasi berkendara, mulai dari olahraga hingga touring.
  • Power Modes, Pemilihan Power Mode memungkinkan pengiriman tenaga mesin berubah sesuai dengan situasi berkendara

Terakhir, untuk harga Ninja H2 SX MY 2022 ini dibandrol dengan harga termurah £20.949 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 400jutaan dan akan lebih mahal untuk varian tertinggi H2 SX dengan tambahan aksesories touring. semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!