Ducati Desert-X 2022, Motor Gurun Bermesin Monster!

Warungasep.net – Tepat sehari setelah launching Triumph Tiger 1200 2022, pabrikan Italia merilis Ducati Desert-X 2022. Motor bergaya Rally untuk blusukan di tengah gurun pasir yang makin mantap karena punya mesin yang sama dengan Ducati Monster. Wah, Monster Gurun dong…!?

Bicara soal desainnya, memang gak terlalu mengejutkan karena modelnya sendiri sudah terkuak sejak pameran EICMA 2 tahun lalu. Motor ini bergaya motor adventure yang siap diajak di berbagai kondisi jalan, Ban garuk tanah, velg jari-jari, windshield tinggi, stang dengan pelindung tangan, jok tandem, half fairing dengan tanki super gambot yang muat banyak bahan bakar memang menjadi ciri khas motor rally.

Sama seperti Honda Africa Twin atau juga yang kemarin rilis MV Agusta Lucky Explorer motor ini punya desain lampu depan yang unik dengan dual headlight, bedanya Desert-X punya perpaduan desain classic terlihat dari lampu depannya yang bulat namun sudah lebih modern karena pakai lampu LED juga beragam macam fitur elektronik yang canggih.

Diantaranya panel speedometer TFT 5 inch yang posisinya vertikal yang bisa terkoneksi dengan smartphone, tersedia juga enam riding mode baru, yang mencakup dua mode yang didedikasikan untuk berkendara off-road: Enduro dan Rally. Punya sistem cornering ABS yang bisa dinonaktifkan dalam dua mode off-road tersebut, dengan tombol khusus. Tersedia juga kontrol traksi yang dibantu IMU, kontrol wheelie, kontrol rem engine, kontrol jelajah, dan quickshifter.

Untuk kaki-kaki motor ini roda depan pakai ban tubeless berukuran 21 inci, sedangkan roda belakang 18 inci. Suspensi dari merk Kayaba dengan model upside down berukuran 46mmdengan travel 230mm, shock belakang travel 220mm dengan ground clearance 250mm, joknya cukup tinggi yakni 850mm, sedangkan untuk pengereman pakai Brembo, dengan kaliper M50 empat piston dengan double front disc brake berukuran 320mm.

Yang menarik adalah di sektor mesin, dimana jika saat dipajang motor ini menggunakan mesin L-Twin jadul, untuk Ducati Desert-X versi produksi masal ternyata menggunakan mesin yang mirip dengan Ducati Monster terbaru, yakni mesin Testastretta 11° berpendingin cair 937cc 2 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 108hp (81 kW) pada 9.250 rpm, dengan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm. Yang menarik karena motor ini harus bisa tahan jarak jauh, tangkinya bisa muat 21 liter bahan bakar dan dengan tambahan tanki reservoir yang muat 8 liter yang posisinya berada di belakang.

Terakhir, untuk harga Ducati Desert-X 2022 ini dibandrol $ 16.795 atau setara Rp. 241jutaan untuk pasar Amerika. Dan akan mulai dijual pada bulan Mei tahun depan. Semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!