Kenalan Dengan KYMCO Racing X 150, Lebih Adventure Dari ADV150 ?

Warungasep.net – Bicara soal skutik adventure, tak hanya pabrikan motor Eropa, China dan Jepang saja, tapi pabrikan Taiwan juga ikut terjun ke segmen ini. Salah satu produknya adalah KYMCO Racing X 150 yang tampil dengan gaya adventure crossover serta menyajikan beragam fitur canggih dan modern. Dan bahkan katanya lebih terlihat aura adventurenya dari Honda ADV150 yang menjadi pelopor di segmen ini di kelas 150cc.

Walaupun produk Gwangyang atau yang kita kenal dengan nama Kymco yang berasal dari Taiwan, jika pemirsa cek di situs web resmi Kymco Taiwan, kalian tidak akan menemukan motor ini di jajaran line up produk skutik mereka. Karena sepertinya motor ini khusus di kembangkan dan dipasarkan untuk pasar Tiongkok saja.

Dan yang menarik adalah, jika motor ini sebenarnya awal tahun lalu tapi dengan nama Kymco RKS 150, namun entah kenapa semakin kesini kok label nama justru berubah, dilihat di situs resmi Kymco China, di foto studionya motor ini memiliki emblem “RKS” tapi di nama produknya tertulis Kymco Racing X 150, hehe…

Itu karena Kymco Racing X 150 ini masuk ke dalam jajaran Kymco Racing series, yang dimana memiliki karakter desain sporty dan serba tajam, berbeda dengan Kymco Racing S 150 yang dijual di Taiwan yang mengusung konsep skutik sporty bergaya balap serta headlight yang futuristik, naah Racing X 150 ini desainnya mengacu pada konsep motor adventure.

Itu terlihat dari desain moncong depan berbentuk paruh burung yang menjadi ciri khas motor adventure. Dan tentunya pemirsa harus tahu, Kymco yang sekarang bukan Kymco yang dulu. Jika dulu pabrikan Taiwan ini dikenal dengan skutik jadul dengan desain serba bulat, kini kalian bisa lihat dari area desain headlamp saja jelas Kymco sekarang sudah lebih baik dan bisa kompetitif dengan motor Jepang, bahkan bisa dibilang lebih baik.

Dari segi fitur juga Kymco gak ketinggalan untuk mengikuti trend terbaru, fitur smart key atau keyless pakai remote, rem ABS dan socket USB Charger yang menjadi fitur standar motor kekinian sudah terdapat pada motor ini ditambah lagi dengan bagasi yang muat helm, panel speedometer full digital dengan 3 cluster yang unik menjadi ciri khas motor ini.  Kymco juga memberikan inovasi gantungan barang yang bisa dilipat yang posisinya agak antimainstream yakni diletakan diujung jok.

Itu karena walaupun bergenre skutik bergaya adventure, ternyata Kymco Racing X ini sama seperti Racing series lainnya yaitu memiliki ciri khas area dek yang rata sehingga bisa dipakai komuter atau untuk kendaraan sehari-hari. Dan seperti motor Taiwan pada umumnya, skutik punya lubang tanki didepan, sayang kapasitas tangkinya terbilang kecil yakni dibawah 7 liter.

Bicara soal spesifikasi, awalnya saya menduga jika motor ini menggunakan basic platform mesin dari Kymco Racing S 150, tapi ternyata berbeda. Jika Racing S mesinnya masih berpendingin udara, naah Racing X 150 ini sudah pakai pendingin cairan yang posisi radiatornya berada di depan.

Sepertinya skutik adventure Kymco ini berbagi mesin dengan Kymco G150, karena spek output power berada di angka 15 Ps pada 8000 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6500 rpm dan mampu mencapai topspeed 120 km dengan akselerasi 0 sampai 50 km per jam hanya dalam 4,2 detik, dan soal keiritan bisa dibawa sejauh 245 km dalam satu kali pengisian penuh tangki BBM.

Dan perlu kalian ketahui, jika Kymco Racing X 150 ini punya kemiripan dengan kakaknya yang rilis tahun lalu yaitu Kymco DT X360, namun dengan dimensi yang lebih kecil dan ramping, malah lebih terlihat proporsional yang 150ccnya. Dan terkahir, untuk harga motor ini dibandrol 18.800 Yuan atau jika dikonversikan sekitar Rp. 42,4 jutaan… Lebih mahal dari Honda ADV150 dong ya, hehe… semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!