Suzuki DR150 2022 Punya 3 Warna Baru, Harga Rp 32 Jutaan

Warungasep.net – Suzuki DR150 2022 mendapat update penyegaran warna untuk model tahun depan. Sayangnya motor trail Suzuki bermesin 150cc ini tidak dijual di Indonesia, melainkan di negara Amerika Latin, lebih tepatnya di negara Colombia.

Buat pemirsa yang mengikuti perkembangan info sepeda motor pasti tahu jika Suzuki DR150 awalnya direncanakan rilis di Indonesia untuk mengisi line up motor baru terutama di segmen dual purpose beberapa tahun lalu. Namun entah apa alasannya kok dikabarkan batal dan selang 3 tahun kemudian Suzuki Indonesia justru memilih Suzuki Gixxer SF250 sebagai produk baru di tanah air.

Bukan produk India! Yupz, berbera dengan Gixxer SF250 yang merupakan produksi Suzuki India, Suzuki DR150 merupakan produksi Suzuki China. Dan walaupun memang bukan produk pengembangan Suzuki sendiri karena memang merupakan rebadge dari Mocin Haojue NK150, tapi Haojue sendiri menjadi produsen motor Suzuki untuk pasar Global sehingga tentu kualitasnya sudah sesuai standar Suzuki. Ya walaupun desainnya standar banget, seperti motor trail pada umumnya, motor ini hadir dengan posisi spakbor depan tinggi, knalpot yang berada di samping body juga stang kemudi yang ergonomis serta jok tandem yang nyaman untuk boncengan.

Banyak yang bilang jika seandainya DR150 Suzuki hadir di Indonesia, tidak akan bisa kompetitif terutama di segmen dual purpose 150cc yang kini pesaing dari 3 pabrikan Jepang punya produk yang lebih unggul. Bayangkan saja jika Honda CRF150 maupun KLX150 sudah pakai suspensi Upside down, Suzuki DR150 masih pakai suspensi depan teleskopik biasa, rem cakram belakang saja yang menjadi fitur terstandar motor sport kekinian tidak tersedia pada DR150, Jadul banget!

Apalagi bicara mesin, Yamaha WR155R saja punya power tertinggi di kelasnya, ehh DR150 masih mengusung mesin 1 silinder 149cc 2 klep berpendingin udara, ya walaupun sama-sama masih pakai pengabut karburator seperti KLX150, motor trail Suzuki ini punya potensi tenaga maksimum di angka 12,2 Hp pada 8000 rpm dan torsi 12,7 Nm pada 6500 rpm. Punya bobot 139 kg, kapasitas tangki yang muat 12,5 liter dan punya tinggi jok 839 mm dengan ground clearance 244 mm, untuk mendukung aktifitas off road, motor ini pakai ban semi dual purpose dengan ukuran ban 90/90 17 inch di bagian belakang dan 110/90 19 inch di bagian depan, keduanya pakai velg model jari-jari.

Dari segi fitur pun pastinya akan sangat-sangat ketinggalan, lampu depan masih bohlam, suspensi depan yang masih teleskopik juga rem belakang masih drum brake seperti Yamaha Aerox, satu-satunya yang unggul dari motor ini adalah panel speedometer-nya yang sudah full digital.

Suzuki Colombia membandrol DR150 ini dengan harga $9,140,000 Peso atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp 32,7. Terbilang cukup murah karena sudah dalam kondisi on the road. Tapi seandainya motor ini hadir di Indonesia, dengan harga segitu tentunya akan sangat sulit bersaing dengan lawan-lawannya.

Dan terakhir, untuk model tahun 2022 Suzuki DR150 di Colombia dijual dalam 3 varian warna baru diantaranya warna hitam, kemudian warna kuning yang menjadi warna khas Suzuki DR series, dan satu lagi ada yang warna putih biru yang unik, berikut foto studionya :

Oh ya, di Amerika Latin motor ini sebenarnya punya pesaing tersendiri dan dengan spek dan fitur yang mirip-mirip, dari Honda misalnya pesaing DR150 ada Honda XR150L, sedangkan dari Yamaha punya Yamaha XTZ150 . Semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Trackback / Pingback

  1. Gimana Nasib Trail Suzuki D150 Yang Batal Rilis Di Indo? Begini Bentuknya Sekarang

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!