Ducati V21L, Penampakan Perdana Motor Listrik MotoE Ducati

Warungasep.net – Seperti yang kita ketahui sebelumnya jika tahun 2023 nanti balapan motor listri MotoE akan menggunakan motor buatan Ducati untuk menggantikan Energica Ego yang akan berakhir tahun 2022 nanti. Nah, walaupun balapannya masih lama, tapi Ducati gencar melakukan pengetesan dan pengembangan produk yang bahkan belum pernah mereka buat sebelumnya. Dan penampakan perdana motor listrik MotoE Ducati pun sudah mulai terkuak, bukan spyshots tapi diumumkan langsung oleh pabrikan Ducaticorse sendiri. Berikut penampakannya :

Melihat desainnya, motor yang diberi kode Ducati V21L ini terlihat rapih, simple dan gak se-ekstreme motor prototype mesin bensin Ducati Desmosedici yang digunakan di balapan MotoGP. Tanpa winglet, tanpa ram air, hanya terlihat lubang aerodinamis dibagian samping body dan desainnya terlihat basic seperti motor sport fairing pada umumnya.  Tidak beda jauh dengan versi sketsa awal yang mereka umumkan beberapa waktu lalu.

Tidak ada spesifikasi yang diungkap oleh Ducati, hanya beberapa gambar saja saat motor ini ditunggangi oleh tesrider Ducati siapa lagi kalo bukan Michael Pirro yang dilakukan di sirkuit Misano, San Marino. Tapi dari beberapa foto tersebut kita bisa lihat beberapa detail motor ini yang menggunakan part-part yang kita kenal.

Seperti suspensi depan Upside down dari Ohlins, kaliper rem dari Brembo, velg Marchesini, full fairing dari Carbon dan yang menarik adalah swing arm model underbrace dengan posisi suspensi belakang yang berada dibwah swing arm.

Rangkanya sendiri masih belum kita ketahui karena tertutup body, namun model subframe-nya sih mirip punya Ducati Panigale sih ya, yang pasti akan sangat beda dengan rangka yang digunakan Energica Ego yang pakai model teralis.

Tak hanya itu, untuk membuatnya semakin ideal dan sempurna untuk sebuah motor prototype balap, bukan hal sulit buat Ducati didukung dengan induk pabrikan mereka yaitu VW Group, Ducati tentunya melakukan pengembangan dengan pabrikan roda empat yang sudah lebih dulu bergelut di dunia mobil listrik seperti Porche dan Lamborghini.

Pastinya, Ducati V21L ini tentu bukan produk final yang akan mereka gunakan untuk balapan MotoE nanti. masih banyak PR yang akan mereka hadapi seperti pengurangan bobot dan mungkin penggunaan software pendukung untuk meningkatkan performanya. Jadi kita lihat saja nanti. Tahun 2023, kita akan saksiskan balapan OMR motor Listrik Ducati. Dan mungki n 2 atau 3 tahun kemudian, sepertinya motor sport listrik akan menjadi hal lumrah di dunia ini… Bersiaplah menyambut masa depan motor listrik!

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!