Ovaobike CT-X 2022, Skuter Listrik Berwajah Menyeramkan

Warungasep.net – Aggressive and Brutally, itulah komentar media luar tentang motor listrik bernama Ovaobike CT-X 2022 yang melakukan debutnya di pameran EICMA Milan 2021 kemarin, sayang karena mungkin motor ini bukan dari pabrikan terkenal maka kurang heboh dan sedikit sekali media yang mengulas motor ini. Untuk itu yuk kita ungkap, sebenarnya motor buatan mana ini, dan apa keunikan dan keunggulannya.

Awalnya saya kira jika motor ini buatan Eropa, karena EICMA sendiri menjadi ajang unjuk gigi perkembangan teknologi terbaru terutama motor listrik. Tapi ternyata setelah saya telusuri Ovaobike merupakan anak perusahaan Ottobike Group yang bermarkas di Taiwan. Wah pantesan, motor ini punya desain yang khas ala-ala skutik Taiwan.

Emang gak diragukan lagi, Taiwan memang selangkah lebih maju soal pengembangan motor listrik. Sebut saja Kymco dengan Ionex-nya, belum lagi Gogoro dan bahkan Yamaha pun melakukan pengembangan motor listrik dengan merilis Yamaha EC-05 beberapa tahun lalu. Dan sepertinya Ovaobike menyasar konsumen Eropa, karena di Taiwan sendiri brand ini sepertinya kurang dikenal, melihat sedikit sekali media lokal disana yang mengulas pabrikan ini.

Soal teknologi, Ovaobike ini memiliki spesifikasi mesin listrik bertenaga baterai dengan kapasitas 45 Ah / 3.2 kWh yang mampu mencapai tenaga 11 Kw (15 Hp), wuiih setara Nmax 155 nih powernya, bahkan katanya motor ini memiliki potensi tenaga puncak hingga 15 Kw dan torsi 35/. Dalam sekali ngecas yang dilakukan selama 3,5 jam, dalam kondisi penuh motor ini bisa dibawa sejauh 115 km jika dalam kecepatan rata-rata 50 km per jam. Berikut keterangannya :

Ovaobike CTX Specification

Untuk fiturnya sih gak ada yang special terbilang standar banget, motor ini dilengkapi lampu serba LED dengan sensor, panel speedometer TFT berwarna, side stand safety sensor dan juga keyless. Tanpa ada mode riding atau pun connected dengan smartphone.

Dan yang menjadi selling poin dari motor ini adalah dari segi desain, Ovaobike ini sekaligus mematahkan paradigma jika motor listrik itu kebanyakan modelnya simple dan cenderung sederhana, karena motor ini hadir dengan desain sporty, agresif dan brutal. Seperti layaknya motor konsep atau motor modifikasi, tapi ini menjadi model yang diproduksi masal.

Pertama kita bahas dari tampilan depan, motor ini hadir dengan dual headlight super besar yang terlihat sangar, jika DRL-nya menyala tampak seperti gigi-gigi hewan buas yang mengintimidasi, belum lagi desain body yang super aerodinamis dengan banyak lubang, juga body belakang yang sporty dan tajam, serta kaki-kaki gambot berukuran velg 14 inch yang super lebar sehingga tampak moge look.

Untuk menambah kesan sporty motor ini pakai single sided arm model teralis yang menyatu dengan suspensi belakang mono, pakai mud guard, stang model clip on dengan spion bar end dan penggerak roda belakang menggunakan drive belt.

Terakhir, belum diketahui berapa bandrol harga motor ini tapi sepertinya motor ini sangat cocok jika dijadikan rival sesama pabrikan kompatriatnya Kymco apalagi kalo bukan Kymco F9 2021 , keduanya memiliki konsep desain yang sama yang bergaya sporty dan unik juga sama-sama motor bertenaga listrik.

Oh ya, selain Ovaobike CT-X, ternyata Ottobike juga punya banyak line up produk motor listrik dengan beragam genre, ada yang model motor dual purpose, model cafe racer dan juga street fighter, berikut diantaranya :

Ovaobike MCR
Ovaobike MX-R
Ovaobike CR-21

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!