Warungasep.net – Ternyata belum semua motor yang rilis di EICM Milan saya bahas, salah satunya Kymco Dink X 125 2022 yang merupakan produk baru dari pabrikan Taiwan untuk pasar Eropa. Desainnya menarik dan tentu saja unik, pastinya semua akan bilang, “seandainya ada yang 150cc pasti bisa jadi lawan Honda ADV150“, tapi sebelum itu, kita kenalan dulu lebih lengkap tentang motor ini, jangan dulu tinggi ber-ekspektasi ya…

Nama Kymco Dink sendiri bukan produk baru, varian ini sudah lama menjadi produk global bahkan sudah eksis lebih lama di Eropa, terutama di Italia. seiring waktu dan sudah berumur hampir 2 dekade motor ini berubah sesuai jaman, soal desain kita gak usah meragukan Kymco, makin kesini desainnya makin oke, bahkan mungkin setingkat lebih baik dari pabrikan Jepang, mau itu produk entry sampai produk flag ship mereka selalu punya desain yang sporty dan modern.

Kymco Dink-x ini salah satunya, walaupun masuk ke dalam kelas entry 125cc tapi soal desain sudah terlihat moge look juga dengan fitur-fitur modern dan canggih. Untuk desainnya sendiri, sekilas memang motor ini memiliki moncong depan ala motor adventure, memiliki duck fender atau moncong ala paruh bebek yang menjadi ciri khas motor adventure, juga dengan windscreen tinggi yang bahkan bisa diatur ketinggiannya. Memang jika kita lihat bagian depannya lebih terlihat aura adventure-nya di bandikan dengan ADV-nya Honda, hehe…

Tapi jika kita lihat ke bagian body-nya, motor ini seperti maxi skutik pada umumnya berbody lebar dan gambot dengan dual shock, namun dengan shape yang serba tajam dan sporty. Area kaki-kaki juga memiliki tapak lebar dengan ring 13 inch namun bukan pakai model ban semi dual purpose melainkan ban aspal biasa. Model seperti ini bukan yang pertama dihadirkan Kymco, karena sebelumnya mereka juga merilis Kymco DT-X 360 yang memiliki konsep serupa, dan motor ini bisa dibilang versi kecilnya.

Dan setelah saya telusuri, Kymco Dink ini sepertinya memiliki kemiripan desain seperti produk Kymco yang dijual di China, yaitu Kymco RKS150 aka yang kita kenal dengan nama Kymco Racing-x, coba bandingkan :

Baca : Kenalan Dengan KYMCO Racing X 150, Lebih Adventure Dari ADV150 ?

Ya, ternyata memang kedua motor ini memiliki basic desain yang sama, tapi bedanya jika Kymco Racing-X pakai model dek rata dengan lubang di depan, sedangkan Dink X justru pakai rangka underbone dengan posisi tangki dan lubangnya di dek, sedangkan untuk bagian lainnya dipastikan identik termasuk desain lampu rem, spakbor belakang dan juga inovasi pengain gantungan barang di ujung jok depan.

Tapi sayang, area mesin Kymco Dink-X masih menggunakan mesin lama berpendingin udara, sedangkan Racing-X sudah pakai pendingin radiator. Motor ini mengusung mesin 125cc 1 silinder air cooled dengan power sebesar 11,5 Hp, sepertinya menggunakan mesin yang sama dengan Kymco Racing- 125 tapi sudah Euro-5 karena untuk pasar Eropa. Motor ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya 127 kg dan kapasitas tanki yang muat 6 liter BBM.

Dan walaupun memang masih pakai mesin jadul, motor ini punya keunggulan dari segi fitur, diantaranya lampu yang sudah serba LED, punya dual cakram dengan perangkat Antilock Braking System (ABS) yang sudah menjadi fitur standar, bagasi luas yang muat dua helm, USB charger dan punya fitur yang gak dimiliki ADV150 Honda yaitu fitur connected, yang bisa terhubung dengan smartphone lewat aplikasi Noodoe.

Untuk harganya sendiri sih belum diumumkan, dan sepertinya karena memang motor ini bermesin 125cc yang merupakan spek untuk pengendara pemula disana pastinya hanya dijual di negara Eropa saja. Bahkan jika kalian cek di website resmi Kymco Taiwan motor ini justru tidak ada dalam line up produk mereka. Dan seandainya Kymco mau menjual model skutik ini di Indonesia, sepertinya harus pakai mesin 150cc Kymco Racing-X nih tapi dengan desain body ala Dink-X, gimana? silakan komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!