[Braking News] Suzuki GSX-125R 2022 Rem Belakangnya Masih Teromol ?

Warungasep.net – Di Berita Pengereman hari ini saya akan bahas salah satu motor yang mungkin belum kalian kenal, Inilah Suzuki GSX-125R 2022 yang ternyata walaupun di jual di era modern saat ini tapi motor bergenre sport naked kelas entrylevel ini masih menggunakan teknologi rem belakang jaman dulu, yaitu rem teromol. Lho, apa gak sesuai dengan label yang diusungnya GSX series ya? Yuk kita kupas…

Perlu kalian ketahui jika Suzuki GSX-125R jelas berbeda dengan Suzuki GSX-R125. Dari namanya sendiri juga berbeda, jika GSX 125cc yang R-nya didepan hanya dijual di Eropa dan merupakan kembaran dari Suzuki GSX-R150, Motor buatan Indonesia tersebut memiliki performa terbaik di kelasnya juga punya fitur canggih dan modern salah satunya adalah keyless ignition atau smartkey.

Sedangkan GSX 125cc yang R-nya dibelakang sama seperti GSX-250R merupakan produk asal Tiongkok. Bedanya jika GSX-250R yang merupakan diverisfikasi produk dari Suzuki Inazuma adalah produksi Haojue Suzuki, naah GSX-125R ini adalah produk Qingqi Suzuki, produsen lain selain Haojue yang juga memasarkan produknya secara global termasuk ke Amerika Latin.

Yupz, yang kita bahas kali ini walaupun produk China tapi motor ini rilis juga di negara Kolombia. Bicara soal desain GSX-125R ini bisa dibilang varian lain dari motor naked Suzuki GN series yang lebih kita kenal sebagai Suzuki Thunder yang sempat eksis di Indonesia beberapa tahun lalu.

Bisa juga dibilang sebagai Suzuki Thunder versi modern, dilihat dari desainnya yang lebih sporty, ya walaupun memang garis desain Thunder series memang masih terlihat sangat khas, seperti desain lampu depan semi klasik namun lebih terlihat belo seperti model reflektor Suzuki Inazuma, velg palang lima, suspensi belakang stereo, jok tandem yang tebal, swing arm pipa besi, rem belakang masih pakai jenis drum bake alias rem teromol dan juga rem cakram depan disebelah kiri dengan ring velg berukuran 18 inch.

Tapi perbedaan dengan Thunder, motor ini sudah lebih terlihat modern jika dilihat secara detail, diantaranya stang kemudi yang menggunakan model clip on, tapi lebih ergonomis dengan posisinya yang lebih tinggi, rear grip yang sudah pakai diecast, suspensi belakang warna merah, tutup tangki rata dan juga panel speedometer dengan tampilan yang lebih futuristik walaupun masih full analog.

Bagaimana dengan mesinnya? Jika dilihat dari crankcase mesinnya sedikit berbeda dengan Suzuki GN series, terlihat lebih modern namun masih pakai teknologi berpengabut bahan bakar dan masih Euro-3. Mengusung mesin 125cc 1 silinder SOHC berpendingin udara,  tenaganya sekitar 10 Hp, jauh dibandingkan GSX-R125 versi Eropa yang memiliki potensi 15 Hp. Motor ini memiliki tinggi jok yang rendah hanya 755 mm, kapasitas tangki 14 liter dan bobot yang cukup ringan cuma 126 kg saja.

Suzuki Colombia membandrol motor ini dengan harga $6,210,000 Peso, jika dirupiahkan mungkin sekitar Rp. 22jutaan… Cukup murah mungkin setara dengan Honda Verza. Dan untuk model 2022 Suzuki GSX125R disana dijual dalam 3 pilihan warna baru diantaranya warna hitam ,kemudian warna merah dan yang unik adalah kombinasi warna biru, hitam dan stripe kuning yang terlihat lebih spoty dibanding varian warna lainnya, berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki GSX125R Pilihan Alternatif Pengganti Thunder 125 | andikadiego

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!