Suzuki Access 125 2022, “Saluto” Dengan Kearifan Desain India Tapi Lebih Canggih!

Warungasep.net – Di penghujung tahun, Suzuki India merilis 2 model skutik baru salah satunya Suzuki Access 125 2022 yang tak hanya ketambahan varian warna juga punya beberapa fitur baru. Bahkan, skutik yang bisa dibilang sebagai “Suzuki Saluto” dengan kearifan lokal India ini justru lebih canggih dibanding Saluto di Taiwan. Penasaran? Yuk kita bahas…

Pertama kita bahas desainnya terlebih dahulu, jika kita bandingkan dengan Suzuki Saluto di Taiwan, Access di India ini walaupun sama-sama mengusung konsep skutik yang classic tapi lebih kental aura desain khas skutik India-nya, body lebar dan gambot serba membulat yang dipadukan dengan kaki-kaki kecil, single rear suspension, knalpot ngondoy kebawah, jok tebal juga posisi lubang tanki di belakang. Berbeda dengan Saluto di Taiwan yang punya aura motor Italia yang elagan dan mewah dengan garis tegas dan tajam dipadukan dengan ciri khas skutik Taiwan diantaranya lubang tanki di depan dan juga dual shock belakang.

Dan pastinya satu hal yang membuat skutik ini agak kurang proporsional adalah ukuran ban-nya yang kecil ban dengan pakai 12 inch dan ban belakang 10 inch yang mblesek kedalam, India banget pokonya, gak akan sesuai dengan selera bikers di tanah air, hehe… Tapi jangan salah, jika dibandingkan Saluto, Suzuki Access 125 ini justru lebih canggih kita bahas fiturnya.

Suzuki Saluto bisa dibiilang juara di segi desain-nya saja, sedangkan Acces punya keunggulan fitur yang bisa terhubung dengan smartphone lewat fitur Suzuki Ride Connecet menggunakan bluetooth, sehingga di panel speedometer full digital motor ini bisa menampilkan peta navigasi, peringatan telepon/SMS dan bahkan pesan Whatsapp, peringatan kecepatan dan bahkan bisa menampilkan baterai handphone. Nah kan, Saluto mah mana punya fitur ginian, walaupun memang skutik klasik India ini belum pakai keyless, kalah dengan Saluto yang sudah pakai remote.

Tak hanya itu, pesaing Honda Grazia 125 dan juga Yamaha Ray ZR ini juga sudah dilengkapi lampu depan yang sudah full LED, dengan DRL yang terlihat futuristik karena sudah LED, socket chargernya sudah pakai colokan USB, gak perlu beli lagi adaptor tambahan dan untuk model tahun 2022 Suzuki Access 125 sudah punya side switch stand yang merupakan peraturan terbaru pemerintah disana.

Bagaimana dengan mesinnya? Nah, Suzuki Access 125 ini berbagi mesin dengan maxi skutik Suzuki Burgman 125, mesin berpendingin udara 125cc 1 silinder SOHC 2 klep bertenaga 8,7 Ps pada 6750 rpm dan torque 10 Nm pada 5500 rpm, memiliki berat yang sangat ringan cuma 104 kg, tinggi jok 774 mm, kapasitas tangki 5 liter dan ukuran ban 90/90 12 inch dibagian depan dan 90/100-10 inch dibagian belakang.

Terakhir, harga Suzuki Access 125 2022 di India ini dijual dalam 7 tipe dari mulai varian termurah dengan rem teromol dan panel speedo analog seharga 74,381 Rupee atau setara Rp. 14 jutaan dan tipe termahal dengan rem cakram CBS dan juga Ride Connect dibanderol lebih mahal yakni 83,524 Rupee atau setara Rp. 16 jutaan. Varian warnanya banyak banget, kalo saya upload menuhin server, hehe…  jadi segini saja dulu khusus untuk model 2022 ketambahan 3 varian warna yakni warna Metallic Dark Greenish Blue’, ‘ Metallic Matte Black’ dan ‘Glossy Grey’.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!