Prediksi Motor Baru Honda Di Tahun 2022, Ada Apa Aja ?

Warungasep.net – Berbeda dengan tahun sebelumnya yang berjudul Bocoran Motor Baru, naah sekarang saya lebih memilih memakai judul Prediksi Motor Baru Honda di tahun 2022. Alasannya, sangat sulit dapat bocoran, sekarang Honda memang benar-benar penuh kejutan. Seperti saat GIIAS 2021 kemari, bocorannya kuat banget jika motor yang akan rilis tersebut adalah Vario 160, malahan sempat juga muncul gosip motor retro Honda. Lhaa, gak ada angin dan gak ada hujan malah sport adventure CB150X yang rilis, hehe…

Jadi daripada kita bahas bocoran yang ternyata gak akurat, mending kita ibaratnya bikin tebak-tebakan, motor apa yang akan rilis Honda di tahun 2022 nanti, ehhh ini yang akan hadir di Indonesia saja ya. jadi kira-kira berikut ini prediksinya.

1. Vario 160

Nah, inilah yang justru digadang-gadang hadir di tahun kemarin. Jadinya jika tahun kemarin gak ada, pastinya ditahun inilah motor skutik sporty Honda ini diprediksi hadir.

Alasannya sangat kuat, pertama karena di tahun kemarin, Honda ternyata hanya mengupdate tampilan Honda Vario 125 2021 saja, sedangkan Vario 150 gak ada update apa-apa, bahkan striping dan warna pun tidak. Terus karena Honda punya platform mesin baru bermesin 160cc yang mulai diterapkan di Honda PCX160, maka 2 skutik 150 lainnya yaitu ADV150 juga akan ikutan upgrade mesin.

Beberapa bocoran tentang motor ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya, salah satu yang menarik adalah soal ukuran ban yang akan di-upgrade menjadi lebih gambot. buat yang belum tahu.

Baca : Bocoran Honda Vario 160cc, Bakal Ikut-ikutan Aerox ?

Dan jika PCX saja berubah nama menjadi PCX160, maka sangat mungkin jika Vario pun akan berganti nama menjadi Vario 160. kita tunggu saja.

2. Honda ADV160

Rasanya baru kemarin saya touring di Bali, beberapa hari pasca rilis di pertengahan tahun 2019 lalu (Baca : Touring Honda ADV150 di Bali Etape I : Denpasar – Tabanan – Jatiluwih ), 3 tahun eksis sepertinya motor ini akan mengalami facelift, namun sepertinya perubahannya akan sangat signifikan, terutama di sektor mesin yang akan upgrade menjadi 160cc sama seperti PCX160.

Mengenai modelnya sendiri jelas belum tahu, dan entah itu tahun ini atau mungkin tahun depan, yang jelas ADV160 pasti akan hadir menggantikan ADV150 yang sukses menjadi pelopor skutik adventure di kelas 150cc di dunia yang bahkan karena kesuksesannya yang sudah menjadi salah satu produk global karena sudah dijual di Amerika dll, desain motor buatan AHM ini banyak ditiru beberapa pabrikan luar negeri (Baca : 7 Tiruan Honda ADV150 Yang Lebih Keren Dan Lebih Canggih ).

3. Honda ADV250

Honda punya line up produk baru yang rilis di EICMA Milan tahun kemarin yaitu Honda ADV350. Saat ini motor ini baru tersedia untuk pasar Eropa saja, bahkan Jepang saja yang merupakan negara asal Honda belum melakukan launching. Dan apakah ADV350 juga akan hadir di Indonesia?

Nah, untuk menjawab iya atau tidaknya tentu saya belum tahu. Jika seandainya ada, maka yang akan hadir di sini bukan ADV350 melainkan akan ada versi kecilnya, kita sebut saja Honda ADV250.

Alasannya, karena basic mesin motor ini adalah Honda Forza, dimana untuk pasar Eropa ada Honda Forza 350, maka untuk pasar Asia ada Forza 250. Sehingga khusus untuk pasar Jepang, Malaysia dan Indonesia pasti nantinya akan pakai mesin 250cc. Tapi, di Jepang saja belum ada, apalagi di Indonesia, hehe… Jadi kita tunggu saja informasi dari Jepang dulu. Yang jelas sih banderol harganya pasti akan sangat mengejutkan, bayangkan saja Honda Forza 250 yang dijual di Indonesia saja sudah tembus lebih dari Rp. 80jutaan, ADV250 nantinya pasti akan lebih mahal.

Baca : Honda Forza 250 2021 Rilis di Indonesia, Harganya 5 Kali Lipat Honda Beat

4. Honda Supra GTR150 Facelift.

Awalnya saya kira jika Honda Winner-X yang merupakan kembaran Supra GTR150 hanya dijual secara eksklusif di Vietnam saja, tapi ternyata ketika melihat Winner-X juga dijual di Malaysia dengan nama baru Honda RSX 150, Tak menutup kemungkinan jika pesaing Yamaha Exciter 155 ini juga bisa dihadirkan di Indonesia.

Dan ya, sudah 6 tahun eksis di tanah air, memang sudah saatnya bebek super Honda Supra GTR150 mendapat update sekaligus upgrade, dan tampilan Winner-X ini tentunya menjadi model yang sangat ideal menjadi penggantinya. Walaupun memang, segmen motor bebek saat ini kurang peminatnya, tapi beberapa daerah di Indonesia motor bebek memang masih banyak dibutuhkan ketimbang motor skutik.

Apakah Winner-X akan menjadi model upgrade dari Supra GTR? Kita tunggu saja, dan tentunya itu yang sangat diharapkan…

Lalu apa lagi ya?
Apa lagi kira-kira prediksi motor baru Honda di Indonesia, mungkin pemirsa punya bocoran tambahan bisa ditambahankan di kolom komentar.

Tapi selain prediksi atau tebak-tebakan motor baru Honda, saya juga mau tambahkan beberapa produk baru Honda yang sangat diharapkan hadir di Indonesia. diantaranya :

Sport Retro Honda

Sejak Thailand merilis Honda CB150X Exmotion 4 tahun lalu, banyak yang berharap jika motor ini juga bisa dihadirkan ke tanah air. Sempat ada bocoran jika motor ini akan hadir di tahun kemarin, tapi sayangnya nihil. Dikira motor retro malah adventure yang datang.

Ada isyu jika AHM gagal menghadirkan sport retro karena hasil survei, konsumen di tanah air lebih memilih motor adventure ketimbang motor classic modern (Sumber : https://www.iwanbanaran.com/2021/12/06/survei-ahm-diisukan-gagal-kisah-model-neo-sport-cafe-sudah-usai/ ), dan wajar saja, baik retro maupun adventure sama-sama menjadi produk segmented buat para penghobi, dan AHM punya strategi tersendiri dan mungkin lebih memilih motor adventure yang lebih banyak peminatnya ketimbang motor retro.

Tapi, bukan berarti motor jadul-jadulan klasikan sedikit peminatnya. Setiap saya posting motor retro dari Honda misal Honda CBF190TR atau Honda CB190SS banyak komentar positif dari para pembaca terutama di media social yang mengaharapkan motor ini bisa dihadirkan ke Indonesia. Apalagi jika membahas motor retro yang hadir di India seperti Honda CB350 H-Ness atau Honda GB350 di Jepang.

Baca : Honda GB350 2021 Rilis di Jepang, Basic Roadster Seharga Rp. 72jutaan

Honda GB350 2021

Pastinya motor-motor tersebut banyak yang mengharapkan hadir juga di tanah air. Entah itu nantinya diversifikasi produk dari Honda CB150 series, atau mungkin diversifikasi dari mesin berpendingin udara Honda Verza series, pasti menarik. apa aja boleh asal retro-retroan, hehe…

Nah itu dia mungkin beberapa prodiksi motor baru Honda yang mungkin akan hadir di Indonesia. Sekali lagi, postingan ini bukan bocoran atau info official dari pabrikan, murni hanya tebak-tebakan saja. Jadi jika nanti benar-benar hadir, tebakannya benar, jika salah ya itu biasa, hehe… Monggo jika ada yang mau menambahkan tulsi di kolom komentar…

*) Foto hanya illustrasi

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!