Motor Baru Suzuki Yang Diharapkan Hadir Di Tahun 2022

Warungasep.net – Seandainya postingan ini saya pakai judul Prediksi Motor Baru Suzuki Tahun 2022 sepertinya kurang tepat, takutnya jika saya berikan prediksi takutnya nanti malah gak ada, atau telat. Seperti Gixxer 250 yang rilis tahun kemarin, itu prediksinya sudah dari 3 tahun yang lalu, tapi telat kan? Apalagi kalo bahas bocoran, takutnya malah hoax, karena sampai saat ini belum ada bocoran motor baru dari pabrikan berlogo S ini. Jadi mendingan kita pakai saja judul Motor Baru Suzuki Yang Diharapkan Hadir Di Tahun 2022.

Nah, dengan judul seperti ini kita bisa lebih bebas untuk berekspektasi dan menggantungkan harapan kepada Suzuki dalam hal ini Suzuki Indonesia (semoga saja dibaca, hehe…) untuk bisa menghadirkan produk baru yang sesuai kita inginkan. Bukan malah “yang Suzuki Jepang inginkan“, atau motor selera India yang “dipaksakan” harus disukai oleh kita.

Sayangnya, jangankan di tanah air, motor baru Suzuki di luar negeri sangat sedikit sekali, mungkin dalam setahun cuma satu sampai beberapa motor baru saja, bisa dihitung dengan jari. Tahun kemarin misalnya, hanya ada 2 motor yang mungkin saya ketahui adalah produk “all new” terbaru dari Suzuki, diantarnya Suzuki Avenis 125 di India dan 2 moge Suzuki GSX-S1000 dan Suzuki GSX-S1000GT. Apa lagi coba? Gak ada lagi kan?

Jadi mau gimana lagi? Tapi saya akan coba rangkum beberapa motor baru yang sepertinya atau mungkin saja sesuai dengan selera dan harapan bikers di Indonesia, apa saja? Berikut ini diantaranya :

1. Suzuki Burgman 150

Perlu pemirsa ketahui jika Suzuki tidak punya produk bernama “Burgman 150cc”, coba cari di website Suzuki di seluruh dunia, bahkan Suzuki di planet Mars pun saya yakin tidak ada 😀 . Tapi gara-gara ada pabrikan Tiongkok yang merilis maxi skutik 150cc, maka munculah gosip jika “Mocin” inilah yang akan menjadi calon maxi skutik Suzuki 150cc kelak.

Ini motornya, Baca : Haojue UHR150 2022 Resmi Dirilis, Inikah “Suzuki Burgman 150cc” Yang Kita Tunggu???

Kenapa mocin ini digadang-gadang akan menjadi maxi skutik Suzuki? Alasannya karena mocin ini adalah produk Haojue, produsen otomotif Tiongkok yang juga memproduksi motor Suzuki yang dijual secara global. Dan kenapa Haojue UHR150 ini disebut bakan menjadi calon “Burgman 150“, karena sebelumnya Suzuki sudah melakukan langkah merebadge produk Haojue, salah satunya adalah Haojue NK150 yang dirubah labelnya menjadi Suzuki DR150.

Dan jika benar, maka sebenarnya tak menutup kemungkinan Suzuki juga akan melakukan langkah serupa untuk merebadge UCR150 menjadi Burgman 150, sebut saja begitu. Dan calon konsumen di tanah air pun sepertinya gak akan nolak, apalagi sudah lama mereka mengharapkan Suzuki menghadirkan pesaing Nmax dan PCX di Indonesia.

Tapi masalahnya, mau gak Suzuki melakukan langkah tersebut, atau Haojuenya yang gak mau? Entahlah, jika pun benar adanya, harga motor ini pastinya akan mahal, selain karena impor juga karena harga motor-motor Haojue di pasar domestik China juga gak murah, hehe…

2. Suzuki Saluto 125

Suzuki Saluto 2021

“Vespa’nya Suzuki ini memang fenomenal banget sih, ya walaupun mesinnya masih pakai pendingin angin, panel speedometernya belum connected seperti Suzuki Access 2022 di India, tapi yang membuat motor ini diinginkan semua bikers tak hanya di tanah air tapi juga di banyak negara di Asia adalah karena desainnya yang keren yang classic banget. Soalnya jarang-jarang sih Suzuki bikin desain se-artistik ini, buatan orang Italia sih, Alessandro Tartarini, orang yang juga bikin desain motor-motor classic seperti Lambretta, dll.

Jadi mungkinkah motor buatan Suzuki Taiwan ini bisa dihadirkan di Indonesia? Jangankan ke Indonesia, ke negeri asal Suzuki Jepang pun motor ini belum ada. Sempat juga motor ini dihadirkan di Thailand, tapi cuma sebatas pajangan pameran saja untuk tes pasar sekaligus menarik pengunjung, dijual sih tentu saja enggak, hehe… Kasian cuma di-php.

Belum diketahui kenapa motor ini sulit untuk dijual diluar Taiwan, apakah karena kapasitas produksinya yang terbatas? Atau mungkin karena masalah harga? Soalnya harga motor ini di Taiwan hampir menyentuh 40jutaan, jika seandainya di impor ke Indonesia misalnya? wah bisa tembus kurang lebih 50-an juta, ya mending beli Scoopy, ujar netizen nantinya. Apalagi loyalis Suzuki yang demen beli 2nd, ya Susah sih, kecuali Suzuki memproduksi motor ini secara lokal, itu juga kalau Suzuki Jepangnya memberikan lampu hijau, kalau enggak ya udah inden scoopy makin mengular dan Honda makin mendominasi penjualan.

Oke lanjut lagi, motor baru Suzuki yang diharapkan hadir di Indonesia di tahun 2022 adalah ini :

3. Address dan Nex II Facelift

Suzuki Avenis 125 2022

Skutik Honda begitu mendominasi karena mereka selalu memberikan produk baru setiap tahunnya, atau minimal produk facelift juga recycle produk setiap beberapa tahun sekali. Bagaimana dengan Suzuki? Suzuki Address misalnya, sudah lebih dari 5 tahun model skutik global Suzuki ini tidak ada perubahan, cuma gonta ganti warna saja tiap tahunnya.

Apakag Address tahun ini akan facelift? Entahlah… Malah ada gosip jika skutik ini akan disuntik mati, hiks… walaupun saya yakin jika skutik Suzuki ini masih banyak penggemarnya, walaupun mungkin produk ini tidak selaris dulu, pastinya konsumen ingin model baru dari varian ini, sebenarnya gak usah muluk-muluk ganti model baru yang ekstreme, cukup ditambahkan fitur seperti lampu LED, USB socket charger, panel speedo baru,desain lampu sein yang lebih modern misalnya tapi masih mempertahankan kenyamanan yang menjadi keunggulannya, sepertinya sudah cukup.  tapi mau gimana lagi, ya begitulah Suzuki.

4. Motor Sport Adventure

Baca : Inilah Suzuki V-Strom 150 Yang Akan Rilis 31 Februari Nanti

Honda sudah membuka segmen baru motor sport adventure 150cc di Indonesia. Jika kita berharap Suzuki akan punya pesaing di kelas ini sih sepertinya tidak mungkin. Tapi sebenarnya bukan hal sulit bagi Suzuki untuk mewujudkannya.

Mereka punya varian GSX 150cc series yang bisa menjadi basic, melakukan diversifikasi produk dari GSX-S150 atau GSX150 Bandit dengan modifikasi atau tambahan half fairing depan dan juga aksesories pastinya akan lebih menarik karena Suzuki punya keunggulan dari segi performa mesin terbaik di kelasnya.

Tapi sebenarnya Suzuki punya banyak produk global di segmen sport adventure, salah satunya adalah Suzuki V-strom series. Ada yang 1050cc (baca : Suzuki V-STROM 1050) ada juga yang bermesin V-Strom 650cc, tapi kedua produk tersebut masuk kedalam kategori Big Bike yang sepertinya gak akan dijual disini.

Sedangkan untuk kelas kecilnya ada yang versi 250cc buatan Haojue Tiongkok yang juga dijual di negeri Jepang, apalagi kalo bukan Suzuki V-strom 250.

Bagaimana dengan kelas 150cc-nya? Vstrom 150cc sih belum ada. Adapun untuk kelas 150cc, adanya motor trail yang dulu sempat digosipkan akan masuk ke Indonesia. Ini dia motornya :

Sebenarnya jika Suzuki Indonesia bisa memasukan Gixxer 250SF secara terbatas ke Indonesia secara impor, bukan tidak mungkin Suzuki juga mendatangkan motor-motor diatas. Ya walaupun cuma beberapa ratus atau puluhan unit, sebenarnya sangat tidak mungkin jika motor tersebut gak akan laku, apalagi kalo modelnya menarik secara visual, atau juga model yang sesuai trend, pastinya konsumen disini sudah banyak yang menantikan.

Jadi itu dia mungkin beberapa motor Suzuki yang diharapkan hadir di Indonesia tahun 2022. Mungkin selain motor-motor yang saya sebutkan diatas pemirsa punya beberapa harapan sendiri untuk Suzuki Indonesia? Silakan tambahakan di kolom komentar…

11 Comments

  1. Dimana mana sarua suzuki mah mang, ngeliat yg di thailand juga banyak kritik suzuki monoton mah. Gk jauh berarti management nya sama

  2. Udah ga usah macem2, address dibikin sama dgn luar negri, bikin jadi fullwave/ full dc. Biarlah pangsa pasar suzuki diisi kaum minoritas penyuka kualitas mesin tangguh walau miskin fitur.

1 Trackback / Pingback

  1. Beberapa Motor Suzuki Ini Yang Diharapkan Rilis Tahun 2022

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!