Suzuki U-Enjoy 125 2022 Resmi Dirilis, Harganya Cuma Rp 18 Jutaan

Warungasep.net – Akhirnya Suzuki punya produk baru di awal tahun, Inilah Suzuki U-Enjoy 125 2022 skutik terbaru Suzuki yang kemarin saya bahas spyshotsnya (Baca : Suzuki UE125 2022 ). Punya desain sporty dan juga fitur yang modern, sayangnya motor ini dijual untuk pasar domestik Tiongkok. Dan yang menarik adalah soal harganya yang terbilang cukup terjangkau. Untuk detail lengkapnya yuk kita kupas.

Motor skutik yang punya kode Suzuki UE125T ini merupakan produk baru baru dari Jinan Qingqi Suzuki, produsen motor Suzuki untuk pasar Tiongkok selain Haojue. Skutik ini masuk kedalam jajaran produk U series dan masuk kedalam segmen skutik entrylevel dibawah Suzuki Lets dan juga Suzuki UY125 aka Suzuki Swing 125.

Pertama kita bahas desainnya, dari depan tampak motor ini terlihat lebih sporty, dengan single headlamp di bagian tebeng depan yang menyatu dengan lampu sein, untuk membuatnya semakin tampil modern, skutik ini punya semacam lubang air scoop dibagian bawah headlamp. Oh ya, ternyata jika diperhatikan motor ini memiliki kemiripan dengan skutik Suzuki Taiwan yaitu Suzuki Swish 125.

Jadi bisa dibilang Suzuki UE125 aka U-enjoy ini merupakan versi kearifan lokal China dari Swish Taiwan. Shape-nya sih hampir sama termasuk lekukan body, model headlamp, batok stang dan juga kaki-kaki gambot dengan velg kecil. Perbedaanya jika Swish pakai dual shock, lubang tangki didepan dan bagasi luas dibawah jok, Suzuki UE125 lubang tangkinya masih dibawah jok dengan bagasi kecil dan juga single shock belakang.

Panel speedometernya juga masih analog, kalah dengan Suzuki Avenis 2022 di India yang sudah full digital bahkan bisa connect smartphone. Yang membuat netizen disana geleng-geleng adalah kenapa motor tahun 2022 masih ada yang pakai lampu depan bohlam, tapi justru lampu rem dan DRL-nya sudah LED.

Walaupun begitu, skutik ini punya beberapa keunggulan fitur yang gak dimiliki pesaingnya, diantaranya lubang socket charger yang sudah pakai model colokan USB, sehingga gak usah beli adaptor tambahan, kemudian gantungan barang yang bisa dilipat dan juga emblem 3D yang membuatnya tampil mewah dan elegan.

Untuk sektor dapur pacu, Suzuki U Enjoy ini mengusung mesin 125cc 1 silinder SOHC yang masih berpendingin udara, mesin yang sama digunakan sejak lama oleh Suzuki Address 125. Power motor ini  6.9kW/7000rpm dan torsi maksimum 10N·M/6000rpm. Dan dengan bobot 112 kg, motor ini diklaim bisa diajak irit sejauh 100 km hanya cukup mengkonsumsi 1,6 liter BBM, wow gak tuh? hehe…

Terakhir, yang menarik adalah soal harga Suzuki UE125T aka U-Enjoy 125 ini dijual dalam 2 tipe, untuk tipe termurah yang masih menggunakan rem depan teromol dibanderol 8380 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 18,8jutaan, sedangkan untuk tipe rem cakram dengan kaliper merah dibanderol sedikit lebih mahal yakni 8980 Yuan.

Untuk pasar Tiongkok, motor ini punya beberapa pesaing baik dari pabrikan brand Jepang maupun lokal, diantaranya sbb :

Nah, India sudah ada Avenis, China sudah rilis U-Enjoy walaupun aneh banget namanya, hehe kira-kira kapan nih Suzuki Indonesia rilis motor baru? Apa mungkin tahun 2030 gitu ya? semoga sabar…

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!