Yamaha D-elight 125, Kembaran Yamaha Latte Untuk Pasar Eropa

Warungasep.net – Lagi demam Yamaha Fazzio nih di Indonesia, tapi buat kalian yang belum tahu jika di bulan Oktober tahun kemarin Yamaha Eropa merilis banyak produk baru untuk model tahun 2022, salah satunya adalah skutik bergaya retro seperti Fazzio yang diberi nama Yamaha D-elight 125. Kira-kira bagus mana dengan Fazzio? Jadi Yuk kita kenalan lebih detail…

Yamaha D-elight sendiri bukan produk all new, karena sudah lama eksis dan mengisi kelas skutik entrylevel untuk pasar Eropa, khususnya di negara Italia. Posisinya berada dibawah Yamaha X-entre yang sepertinya kini sudah discontinue tapi diatas Yamaha Acruzo dan Neo 50 yang mengisi kelas paling bawah.

Untuk model terbaru, Yamaha D-elight desain-nya berubah signifikan dari semula bergaya retro seperti Fino kini lebih terlihat modern tapi masih mengusung konsep retro dan bergaya elegan dan mewah. Dan banyak yang belum tahu jika Yamaha D-elight adalah kembaran Yamaha Latte yang merupakan line up produk Yamaha di Vietnam. Coba bandingkan

Yamaha D-elight 2022 Eropa

Baca : Yamaha Latte 125 2019 Rilis di Vietnam, Cocok Buat Pengganti Yamaha Fino?

Modelnya sendiri sama seperti skutik retro classic pada umumnya yang mengacu pada gaya skuter Italia, skutik ini memiliki headlight di setang kemudi, bentuknya semi bulat dan lampu sein berada di bagian depan dengan membentuk garis vertikal dengan detailing chrome yang mewah. Serta body belakang yang membulat yang memiliki bagasi yang luas dibawah jok karena posisi tangki-nya berada dibawah dengan lubangnya berada di samping depan mirip Yamaha Freego.

Sayangnya, karena skutik ini masuk kelas entry sepertinya Yamaha tidak terlalu focus pada fitur. Motor ini masih pakai lampu bohlam biasa, belum LED, panel speedometernya kombinasi analog dan digital, sudah punya sistem idling stop atau Stop Start System dan ada perbedaan, dimana Yamaha Delight masih pakai kunci kontak biasa, belum pakai keyless seperti Yamaha Latte di Vietnam.

Untuk mesinnya, menggunakan generasi terbaru mesin 125cc yang sudah pateuh regulasi Euro-5. memiliki power maksimum diangka 6.2 kW atau setara 8,3 HP pada 7000 Rpm dan torsi 9.8 N.m(1.0kgf・m) pada 5000 Rpm. Memiliki bobot yang sangat ringan yakni 100 kg saja sehingga bisa dipakai semua orang alias unisex, tangkinya terbilang kecil yakni hanya 5,5 liter dan yang membedakan dengan skutik Yamaha lainnya terutama Yamaha Janus atau Yamaha Grand Filano adalah ukuran ban-nya dimana Yamaha Dlight punya ukuran ring velg 12 inch dibagian depan dengan ukuran 90/90 dan ban belakang 100/90 dengan velg lebih kecil 10 inch.

Terakhir, untuk harga Yamaha D-Light 2022 ini dibanderol € 2,649.00 Eyro atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 42,9 jutaan dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna merah, hitam dan silver.

Jadi, bagus mana desain Yamaha Delight sama Fazzio? Silakan share komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Trackback / Pingback

  1. Lebih Suka Yamaha Fazzio Apa Yamaha D-Elight 125 Gan?

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!