Penampakan Colove 400RR, Sport Fairing Pakai Mesin Kawasaki 400cc 4 Silinder ?

Warungasep.net – Walaupun pabrikan Jepang saat ini banyak yang melakukan langkah efisiensi dengan merubah konfigurasi mesin moge dari 4 silinder menjadi 2 silinder (sebut saja Yamaha R7 dan juga Honda NT1100 ), Pabrikan China justru melihat peluang dengan memproduksi mesin 4 silinder. Sebut saja diantaranya sudah saya bahas :

Dan baru-baru ini salah satu pabrikan China Kove atau yang lebih dikenal dengan nama global Colove menggemparkan jagat otomotif saat ketahuan sedang mengembangkan mesin 400cc 4 silinder. Beberapa gambar patent bentuk mesinnya sudah tersebar, bahkan dibahas oleh media ternama di Eropa, seperti ini penampakannya :

Pict : Bennets.co.uk

Menurut media Bennets.co.uk, jika Colove sedang mengembangkan mesin 400cc DOHC 16 klep berkonfigurasi inline four atau 4 silinder segaris. Dan kabarnya, mereka mengembangkan mesin ini terinspirasi dari mesin klasik JDM Jepang, salah satunya Kawasaki ZXR400.

Dan ternyata benar, Mesin 400cc Colove ini mirip dengan basic mesinnya 400cc 4 silindernya Kawasaki di era tahun 90an. Bedanya jika dulu mesin Kawasaki memiliki bore x stroke 57 x 39 mm, naah mesin yang di kembangkan pabrikan China ini akan lebih tinggi speknya, dengan merubah bore x stroke 59 x 36,5 mm juga dengan kompresi yang dinaikan menjadi 13,1 ; 1, mereka mengklaim mesin buatan mereka ini bisa mencapai power di angka 75 Hp, lebih tinggi dari mesin Kawasaki dulu yang hanya 60-an Hp. Beirkut perbandingannya :

Mesin Kawasaki ZXR400
Spek mesin Colove 400cc

Nah, pertanyaannya akan dipakai oleh motor apa mesin 400cc 4 silinder buatan China? Jawabannya sudah saya temukan, menurut bocoran dari media i-motor.com.cn. Motor yang akan menggunakan mesin ini adalah motor sport fairing, belum diketahui nama resminya, namun dari bocoran gambar yang nampak merupakan sebuah hasil konferensi pers, terlihat nama 400RR dan modelnya terlihat cukup menjanjikan, seperti ini :

Wuiih sangar juga ya… Modelnya terlihat sporty, racy dan aerodinamis. Beberapa detail yang terlihat dari gambar tersebut calon motor baru Colove tersebut memiliki fitur single swing arm belakang, suspensi depanUpside down dengan double front disc brake, knalpot model underbelly, punya moncong lubang airscoop dan juga detailing winglet, body belakangnya minimanlis dan racy ala-ala Panigale. Dibawahnya terdapat tulisan motor tersebut memiliki bobot kurang dari 160 kg dan top speed lebih dari 220 km per jam. wow juga ya…

Belum diketahui kapan motor ini akan hadir, namun bocoran gambarnya, motor ini akan dihadirkan di tahun ini yakni tahun 2022. Dan yang menarik, bukan cuma satu motor saja. Colove juga akan meluncurkan banyak motor baru, selain motor 400cc 4 silinder, mereka juga akan meluncurkan motor bergaya rally bermesin 250cc, kemudian motor sport fairing dan naked bermesin 800cc, bahkan ada juga yang bergenre adventure. berikut bocorannya :

Wah makin menggila sih ini… Dan Colove juga menjadi pabrikan mocin yang cukup sukses, baik di China maupun di pasar global. Produk mereka juga banyak direbadge menjadi beberapa brand di Eropa dan juga Amerika Latin. Oh ya, tahun kemarin Colove merilis 2 produk yang cukup fenomenal, diantaranya pernah saya ulas :

Yang bikin saya penasaran adalah, karena selain Colove yang mengembangkan mesin 400cc 4 silinder yang secara kasarnya ‘meniru” mesinnya Kawasaki, sebenarnya Kawasaki sendiri juga digosipkan akan merilis motor baru bermesin 400cc 4 silinder yang merupakan pengembangan lanjutan dari Kawasaki ZX25R yang sudah ada sebelumnya. Bahkan gosipnya juga akan dijual di Indonesia, waah asyik nih kalo beneran.  Jadi siapa yang akan duluan, Colove atau Kawasaki dengan ZX4R-nya? Kita tunggu saja…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!